Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Teks Pidato Persuasi Untuk Kelas 9, Pengertian, Jenis, Struktur, Tahap, Kaidah, Dan Contoh

Pidato


Apakah yang dimaksud dengan pidato?
Apakah kamu pernah berpidato di depan umum?

Pada hakikatnya pidato merupakan kegiatan berbicara didepan umum untuk menyampaikan suatu hal. Hal yang disampaikan bisa berupa pendapat, gagasan atau informasi tertentu. Pidato sering kali kita jumpai pada saat acara-acara tertentu berlangsung.

Baik melalui media elektronik maupun non elektronik. Pidato merupakan salah satu bagian dari keterampilan berbicara dan berimpromisasi mengenai isi tema yang akan disampaikan. Sebagai bagian komunikasi langsung pada seseorang yang berbicara atau yang disebut juga dengan orator dengan audiens atau peserta pidato. Jalinan komunikasi ini sangat ditentukan oleh vokal, intonasi dan ekspresi orator yang menarik.

Jenis-Jenis Pidato Meliputi

  • Pidato impromtu
  • Pidato manuskrip
  • Pidato memoriter
  • Pidato ekstemporer
Lalu apa yang dimaksud dengan pidato persuasif? Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu kita harus tahu betul tentang pengertian dari pidato persuasif. Jadi yang dimaksud dengan pidato persuasif adalah jenis pidato yang isinya mengajak, membujuk, atau bahkan mempengaruhi orang lain untuk berbuat sesuatu. Hal ini dilakukan agar orang lain tersebut dapat berubah dan mengikuti pesan  yang di inginkan oleh orator.

Struktur Pidato


Dalam struktur pidato terdiri dari tiga bagian yaitu bagian pembukaan, bagian isi dan bagian penutup. Bagian-bagian ini, menjadi satu kesatuan yang perlu di perhatikan oleh orator. Masing-masing meliputi:

Bagian Pembukaan

Pembukaan pidato persuasif meliputi salam pembuka, ucapan penghormatan, ucapan rasa syukur.

Salam pembuka disesuaikan dengan situasi (waktu) dan latar belakang pendengar (audiens) yang hadir. Misalnya dengan menggunakan salam pembuka, selamat pagi, selamat siang atau selamat malam tergantung dengan situasi saat itu.

Ucapan sapaan atau salam penghormatan

Bagian ini dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan orator kepada pendengar atau audiens yang hadir. Ucapan penghormatan biasanya dimulai dari penghormatan terhadap orang yang lebih dianggap penting.

Ucapan rasa syukur

Ucapan syukur merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada tuhan ataus semua anugrahnya yang telah melimpahkan rahmat dan karunia yang diberikan kepada kita.

Isi pidato

Isi pidato merupakan bagian yang inti. Bagian ini berisi pendapat, gagasan, alasan, berbagai data pendukung dan pesan berupa himbauan atau ajakan yang disampaikan kepada para hadirin.

Bagian penutup pidato

Bagian penutup merupakan bagian yang teletak diakhir. Dapal persuasif bagian penutup berisi tentang:
Harapan agar pendapat atau gagasan yang disampaikan dapat bermanfaat
Permohonan maaf kepada para pendengar atau audiens yang hadir.
Ucapakan terimakasih
Salam penutup

Tahap-Tahap Dalam Menyusun Isi Pidato


Bagaimana cara menyimpulkan sebuah pidato? Apakah perlu memahami langkah-langkahnya? Adakah tahapan dalam menyimpulkan isi pidato? Untuk mengetahui jawabannya mari perhatikan dibawah ini mengenai tahapan Dalam menyimpulkan sebuah pidato. Seperti:

Mendengarkan (menyimak) isi pidato dengan seksama

Langkah yang pertama adalah menyimak atau mendengarkan isi pidato dengan seksama. Agar dapat menyimak isi pidato dengan baik, maka perlu membiasakan diri untuk memusatkan perhatian pada isi yang sedang di simak. Jangan sampai kehilangan konsentrasi dan kehilangan fokus (pusat perhatian).

Menentukan topik pidato persuasif


Pidato biasanya berkaitan dengan hal-hal yang menarik dan  menyangkut kepentingan orang banyak, sehingga mampu memberikan inspirasi dan pengetahuan baru bagi pendengar. Dengan mengetahui topik pidato, kita akan lebih mudah untuk menangkap hal-hal yang dibahas oleh orator.

Mencatat bagian yang penting

Seperti yang sudah diketahui bahwa pada saat menyimak pidato kita tidak boleh kehilangan fokus atau konsentrasi. Hal ini bertujuan agar kita mudah dalam mencatat bagian-bagian yang memang dianggap penting. Catatan tersebut akan sangat bermanfaat ketika hendak menyimpulkan isi pidato.

Menyimpulkan gagasan, pandangan, atau pesan

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpulkan gagasan, pandangan, atau pesan pidato adalah:
  • Memuat seluruh bagian penting (pokok) dalam pidato
  • Tidak menyimpang dari isi pidato
  • Menyimpulkan sesuai dengan  isi pidato.

Kaidah Kebahasaan Dalam Pidato


Bahasa yang digunakan dalam berpidato persuasif adalah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa yang mudah dipahami oleh pendengar atau audiens yang hadir. Ragam kaidah bahasa pidato bersifat runtut dan teratur. Sehingga pendengar akan mengetahui maksud pesan-pesan yang disampaikan oleh orator.

Contoh Pidato


Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh
Salam sejahtera untuk kita semua,

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan berkah kenikmatan dan keselamatan sehingga kita dapat berkumpul di ruang ini dalam keadaan sehat walafiat.

Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan beberapa gagasan dan pendapat mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup, sebagaimana telah kita ketahui bersama. Kelestarian lingkungan hidup menjadi sangat penting di jaga demi kelangsungan anak cucu kita kelak.

Lingkungan hidup yang rusak akan mudah mendatangkan berbagai bencana, seperti tanah longsor, kekeringan, dan sebagainya. Dalam situasi demikian sebenarnya ada bagian banyak hal yang bisa kita lakukan dalam menjalankan fitrah sebagai manusia yaitu mengemban amanah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Hadirin yang saya hormati,

Kegiatan apa yang dilakukan kita lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup? Pertama menanam kembali pohon-pohon yang sudah mati atau ditebang sebelumnya. Dengan demikian kelangsungan hidup pohon akan diganti dengan pohon-pohon yang baru.

Apabila ini dilakukan oleh kita, maka banyak manfaat yang dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari sampai anak cucu kelak. Yang kedua adalah membuang sampah pada tempatnya. Setidaknya kita memiliki kesadaran untuk terpanggil hatinya dalam membuang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan. Jangan membuang sampah di sembarang tempat.

Karena itu tidak baik untuk kesehatan dam kelestarian lingkungan. Kemudian sampah tersebut di daur ulang sesuai dengan jenis-jenis sampah baik yang organik maupun yang non organik. Yang ketiga adalah memanfaatkan kebutuhan pohon sesuai dengan kebutuhan mematuhi larangan-larangan penebangan pohon secara liar.

Hadirin yang saya hormati,

Mari, kita selamatkan dan rawat lingkungan hidup bersama-sama dengan kelangsungan hidup anak cucu kelak. Sebuah kekeliruan dan kesalahan besar apabila kita membiarkan kerusakan lingkungan hidup terus terjadi. Padahal kita sesungguhnya bisa melakukan upaya penyelamatan dan pencegahan sebelum hal tersebut terjadi.

Hadirin yang saya hormati,

Demikian beberapa gagasan dan pendapat yang bisa saya sampaikan terkait dengan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Semoga ada bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih, saya mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan. Saya akhiri..

Wassalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh.



Demikian ulasan mengenai pidato persuasif. Mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih.