-->

Berbagi Tips, Jadwal dan Kisi-Kisi Soal UNBK

Gambar berbagi tips jadwal dan kisi-kisi unbk

Tahun ini, Ujian Nasional Berstandar Komputer atau UNBK akan segera tiba. Baik untuk tingkat SMA/SMK/MA maupun tingkat SMP/MTS akan segera melaksanakan ujian tersebut secara bersamaan. Pelaksanaan ujian UNBK sekarang ini telah berbasis online dengan sistem CAT. Meskipun belum semua jenjang sekolah melaksanakan ujian UNBK secara online. Tetapi dari tahun ke tahun dari yang melaksanakan UNBK di berbagai daerah mengalami peningkatan.

Nah buat teman-teman yang tahun ini akan menghadapi ujian UNBK, bagaimana persiapannya. Sudah tahu belum tentang jadwal pelaksanaan UNBK? Kalau belum tahu silahkan teman-teman lihat pada link jadwal UNBK di bawah ini.


Kalau sudah tahu tentang jadwal pelaksanaan ujian tersebut, tentu perasaan teman-teman akan merasa was-was atau khawatir kira-kira besok ujiannya seperti apa ya? Hehehee!! Sudah pasti seperti itu bukan? Intinya sih, teman-teman tidak usah khawatir apalagi harus takut dengan ujian UNBK, karena bagaimanapun juga pasti teman-teman akan melewatinya. Kalau saran saya sih lebih baik teman-teman persiapkan segala sesuatu yang semestinya akan diperlukan pada saat ujian besok. Termasuk belajar dengan maksimal, jaga kesehatan dan jangan lupa selalu berdoa. Mudah-mudahan pelaksanaan ujian besok akan lancar dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Amin..!!

Bagi teman-teman yang tingkat kelas akhir baik dari jenjang SMA/SMK/MA dan SMP/MTS yang belum belum tahu kisi-kisi soal ujian bisa teman-teman lihat pada link di bawah ini.


Selain itu sebagai penambah motivasi buat teman-teman, kali ini admin akan memberikan beberapa tips jitu jitu dalam mengerjakan soal UNBK yaitu sebagai berikut:

Mencari informasi tentang jadwal UNBK

Mencari informasi berkaitan dengan pelaksanaan UNBK sangat perlu di lakukan oleh calon peserta ujian termasuk siswa kelas akhir. Informasi yang dimaksud berkaitan dengan jadwal pelaksanaan ujian bisa teman-teman tanyakan langsung ke pihak sekolah atau ke bapak/ibu guru atau bahkan teman-teman bisa mencarinya dari sumber lain pada internet. Dengan begitu, teman-teman akan mudah mengetahui tentang kejelasan waktu pelaksanaan ujian. Jangan sampai terjadi pada saat menjelang ujian tiba, lantas teman-teman belum mengetahui jadwalnya. Kan payah..! hehee.

Melakukan persiapan dengan bimbingan belajar

Bimbingan belajar yang dimaksudkan di sini adalah dengan cara mengikuti bimbingan les privat di luar jam sekolah. Atau bisa juga dengan membentuk kelompok belajar bersama dengan teman-teman yang lain. Satu dua bulan, jika teman-teman aktif mengikuti bimbingan belajar tersebut pasti akan menambah pengetahuan baru mengenai gambaran soal-soal yang nantinya akan di ujikan. Kalau bimbingan belajar di sekolah pasti ada, dan di laksanakan setelah jam belajar. Tetapi itu tidak setiap hari, melainkan pada hari-hari tertentu saja. Tapi kalau mengikuti bimbingan belajar diluar jam sekolah akan berpengaruh besar tentang kemajuan cara berfikir dalam mengerjakan soal ujian.

Berlatih mengerjakan soal-soal ujian

Selain daripada mengikuti bimbingan belajar juga harus sering-sering berlatih mengerjakan soal-soal ujian. Baik dengan melalui aplikasi pada handphone atau pun pada soal-soal ujian tahun lalu. Dengan cara berlatih mengerjakan soal, teman-teman akan terbiasa dengan bentuk dan model soal yang di ujikan. Karena biasanya soal ujian dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda. Hanya saja, petunjuk soal atau angka pada soal yang dirubah. Tetapi paling tidak teman-teman sudah berusaha semaksimal mungkin agar supaya mendapat nilai yang bagus. Disamping itu juga, usahakan pada saat latihan mengerjakan soal teman-teman menghitung durasi waktu yang di tempuh dalam menyelesaikan soal-soal. Karena dengan begitu teman-teman dapat menarget dan mengukur kemampuan sampai berapa menit teman-teman sudah bisa menyelesaikan beberapa soal.

Menjaga kesehatan dan menghindari pergaulan luar

Kenapa ini penting? Tentu! Karena pada dasarnya kesehatan adalah segalanya. Jangan sampai pada saat ujian justru kondisi badan sedang tidak fit atau bahkan sakit parah. Yang sering terjadi sekarang ini, ketika mendekati ujian nasional justru banyak sekali godaan dari luar seperti pergaulan teman yang lain yang kurang bermanfaat. Sering nongkrong di tempat-tempat umum di perempatan jalan, sering ikut konvoi anak jalanan dan masih banyak lagi pergaulan yang lain. Apabila pada saat itu, tiba-tiba teman-teman kecelaan dari kendaraan. Lantas apa yang terjadi? Pasti kesehatan akan terganggu bukan? Dan akhirnya tidak bisa mengikuti ujian di waktu itu juga. Maka penting sekali buat teman-teman untuk jaga kesehatan dan menghindari pergaulan yang tidak penting.

Selalu datang tepat waktu

Ini penting teman-teman lakukan yaitu datang tepat waktu pada saat ujian. Jangan sampai kalian terlambat datang di hari itu juga. Apabila terjadi, tentu akan mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan soal. Tujuan dari datang tepat waktu adalah supaya teman-teman lebih tenang dan rileks untuk menjawab soal ujian. Usahakan selama pelaksanaan ujian berlangsung kurang lebih 15 menit teman-teman sudah tidak di sekolah. 

Berdoa sebelum dan sesudah mengerjakan soal

Sebelum dan sesudah mengerjakan soal usahakan teman-teman lakukan dengan berdoa terlebih dahulu. Meskipun dalam berdoa dalam hati tetapi penuh dengan harapan kalau teman-teman dalam melaksanakan ujian akan mendapatkan nilai yang maksimal. Semoga soal-soal yang nantinya akan di kerjakan dapat dengan mudah dijawab. Berdoalah berdasarkan keyakinan masing-masing dan jangan lupa sebelum berangkat  ke sekolah juga meminta doa dari keluarga termasuk orang tua.

Mengerjakan soal yang dianggap paling mudah

Maksudnya adalah dengan cara mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu. Kemudian soal yang menurut teman-teman sulit silahkan untuk dilewati saja dulu, jangan langsung dijawab. Apalagi waktu masih tersisa sangat lama. Ini menjadi kesempatan buat teman-teman untuk mengulangi soal-soal yang sulit. Kerjakan dengan cara benar tanpa keraguan memilih jawaban. Pastikan soal yang terjawab adalah berdasarkan pemikiran dan pertimbangan yang baik. Biasanya untuk melanjutkan soal pada nomor berikutnya di tandai dengan petunjuk skip atau lanjutkan. Silahkan teman-teman klik tombol tersebut.


Demikian penjelasan mengenai Tips dan kisi-kisi pelaksanaan UNBK tingkat SMA/SMK/MA dan tingkat SMP/MTS. Semoga bermanfaat, terimakasih!



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel