Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Negara-Negara ASEAN

Daftar Negara-Negara ASEAN, Mengenal negara asia tenggara

Materi Singkat Kelas 8 Semester 1 Mengenal Negara ASEAN 

Interaksi keruangan dalam kehidupan di negara asean

  1. Negara asean
  2. Letak geografis negara asean
  3. Letak koordinat negara asean

Ruangbelajarlc- Halo, teman-teman. Masihkah semangat untuk belajar IPS? Dalam artikel kali ini kami akan memberikan cakupan materi singkat mata pelajaran IPS Kelas 8 semester 1 tentang Negara ASEAN, letak geografis negara ASEAN dan letak koordinat negara ASEAN. Tapi sebelum itu, apakah kalian tahu kepanjangan dari ASEAN?

Association of South East Asian Nations atau yang di singkat ASEAN yang merupakan salah satu organisasi dunia, dimana anggota yang ada terdiri dari negara di Asia Tenggara. Negara tersebut antara lain :

  1. Malaysia 
  2. Filipina
  3. Thailand 
  4. Brunei Darussalam 
  5. Indonesia
  6. Singapura
  7. Vietnam
  8. Laos
  9. Kamboja
  10. Nyanmar


Lalu kapan berdirinya ASEAN?

Waktu berdirinya ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967 di Negara Thailand,tepatnya di Bangkok. Adapun negara ASEAN yang mengawali berdirinya ASEAN adalah negara - negara yaitu :

  1. Malaysia
  2. Indonesia
  3. Thailand
  4. Singapura
  5. Filipina


Lalu apa tujuan berdirinya ASEAN?

Jika dilihat dari kerjasama yang dilakukan antar negara-negara asia tenggara sampai sekarang ini, banyak sekali hasil yang dicapai dari awal berdirinya negara ASEAN. Bahkan dari yang awalnya hanya terdiri dari Lima negara, sekarang menjadi 10 Negara. Adanya organisasi ASEAN telah membawa dampak yang baik untuk negara di asia tenggara. untuk lebih jelasnya, dapat dilihat melalui tujuan dibentuknya ASEAN.


Tujuan dibentuknya ASEAN

Dalam kebersamaan di negara-negara asia tenggara untuk mengupayakan negara ASEAN yang lebih maju, aman, adil dan sejahtera. Tujuan lain dari ASEAN yaitu :

  1. Tujuan yang pertama adalah untuk meningkatkan kerjasama dalam memajukan keamanan, kedamaian dan kesejahteraan setiap negara asia tenggara
  2. Tujuan yang kedua adalah untuk mempertahankan kekuatan penggerak dalam hubungan kerja sama pertahanan.
  3. Tujuan yang ketiga adalah untuk saling membantu menyelesaikan masalah-masalah atau problem di negara-negara asia tenggara.
  4. Tujuan yang ke empat adalah untuk menjalin hubungan yang baik dan aktif dalam memajukan ekonomi, budaya, dan teknologi.
  5. Tujuan yang ke lima adalah untuk saling menjaga dan mempertahankan kelestarian budaya, sosial dan berorentasi pada perdamaian di kawasan.
  6. Tujuan yang ke enam adalah dapat saling membantu dan melakukan hubungan baik dalam penelitian, latihan militer, bidang pendidikan, kesehatan, dan administrasi lain.
  7. Tujuan yang ke tujuh adalah untuk meningkatkan kerjasama bidang pertanian, industri, pendidikan, pariwisata dan kebudayaan.
  8. Tujuan ke delapan yaitu memprioritaskan rakyat yang ada negara ASEAN agar jauh dari kemiskinan. 
  9. Tujuan yang ke sembilan yaitu untuk menciptakan suasana pasar tunggal yang ekonomis melalui jalur investasi.
  10. Tujuan yang ke sepuluh adalah untuk memajukan hubungan dalam mencegah perdagangan obat-obat terlarang dan narkotika.


Dari sepuluh tujuan berdirinya ASEAN masih ada lagi tujuan yang lain yang sudah pasti akan membawa kemajuan di negara ASEAN menjadi lebih baik lagi.


Letak geografis negara ASEAN

Geografis adalah letak posisi suatu wilayah yang dapat dilihat dari sebuah kenyataan yang ada di bumi. Geografis berkaitan dengan geografi yang merupakan ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh di bumi.

Letak geografis di negara asia tenggara menunjukkan suatu wilayah yang posisinya sama dibagian asia. 

Negara yang tergabung dalam ASEAN (asia tenggara) memiliki wilayah bagian laut dengan luas sekitar 5.060.100 km, dan bagian luas daratan sekitar 4.817.000 km. 

Jika dilihat dari luas wilayah tersebut, pada wilayah negara - negara ASEAN tentu memiliki pendapatan dan hasil sumber daya alam yang cukup besar. Namun, dari negara tersebut terdapat salah satu negara yang hanya mempunyai bagian daratan saja yaitu negara Laos. 

Secara geografis terdapat istilah ciri - ciri yang dimiliki oleh negara-negara ASEAN yaitu sebagai berikut :

  • Protruded
  • Compact
  • Elongated
  • Fragmented


Letak Koordinat Negara ASEAN

Taukah kamu, apa yang dimaksud dengan letak koordinat? Jadi letak koordinat adalah merupakan suatu wilayah yang terletak pada titik garis lintang dan garis bujur. Letak koordinat dapat mudah dilihat pada peta dengan melihat antara garis  lintang (latitude) dan garis bujur (longitude).

Istilah letak koordinat disebut juga dengan letak astronomis.Setiap wilayah ASEAN memiliki perbedaan letak koordinat yang berpengaruh pada perbedaan dari iklim, cuaca, waktu, kelembapan udara, dan lain sebagainya. 

letak koodinat ASEAN dapat dilihat pada tabel berikut

Letak koordinat negara asean

Dari letak astronomis negara ASEAN diatas menunjukkan bahwa masih-masing wilayah disetiap negara asia tenggara memiliki perbedaan.