Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Puisi Rakyat

Contoh dwonload RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Puisi Rakyat

Ruangbelajarlc - RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Puisi Rakyat Kelas 7 Semester 2. Dalam pembelajaran bahasa indonesia di dalam kelas materi semester genap Teks Puisi Rakyat adalah salah satu materi pelajaran.

Downlaod Contoh RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Puisi Rakyat Kelas 7 Semester 2 SMP/MTS

Teks Puisi Rakyat adalah salah satu teks yang  menjelaskan tentang cerita binatang. Dalam cerita fabel pemeran tokoh adalah binatang. Sehingga teks fabel dapat dijadikan cerita yang memiliki pesan moral yang patut untuk diteladani. 


Teks Puisi Rakyat adalah merupakan salah satu jenis puisi lama yang sangat terikat dengan sebuah aturan. Misalnya tentang aturan dalam pembuatan puisi mengenai baris puisi, jumlah kata dan suku kata bahkan aturan dalam bunyi irama saat puisi dibacakan. 

Puisi rakyat lahir sejak zaman dahulu karena adanya ikatan akan budaya atau tradisi pada zaman dahulu. Sebagai contoh dari puisi rakyat seperti Gurindam, Pantun, Syair, Mantra dan masih ada yang lainnya. Sedangkan untuk fungsi dari puisi lama yaitu sebagai penyampaian pesan tentang agama atau yang lainnya.

Pada RPP satu lembar bahasa indonesia tentang teks puisi lama memiliki tujuan pembelajaran yang mengarah kepada siswa untuk bisa memahami tentang puisi lama. Secara umum ciri dari puisi lama yaitu penggunaan kata yang indah serta dibuat dengan kata yang kiasan, bait yang terikat dengan jumlah baris dan lain sebagainya.

Nah untuk kali ini kami akan memberikan contoh RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Puisi Rakyat kelas 7 semester 2 yang sering kali digunakan oleh guru pada saat akan mengajar materi didalam kelas.

Namun, apabila dari Bapak/Ibu belum memiliki contoh RPP satu lembar tentang Teks Puisi Rakyat dapat menggunakan RPP ini sebagai acuan untuk mengajar di dalam kelas. 

RPP Bahasa Indonesia tentang Teks Puisi Rakyat dapat bapak/ibu download dengan sangat muda di bagian akhir artikel dengan mengklik bagian unduh. Bapak/Ibu guru sudah dapat RPP satu lembar bahasa indonesia. Namun, untuk RPP tersebut harus di perbaiki dengan menyesuaikan keadaan di sekolah bapak/ibu semua.

RPP satu lembar menjadi salah satu penunjang yang paling penting dalam pembelajaran. Seorang guru tentu akan merancang dan membuat RPP terlebih dahulu sebelum mengajarkan materi di dalam kelas. RPP Satu lembar adalah salah satu rencana pembelajaran yang biasa digunakan oleh setiap guru. RPP disesuaikan pada kurikulum yang telah mengacu standar pendidikan. 

Bagian RPP Satu Lembar

Adapun bagian dari RPP satu lembar yaitu 

  • Identitas sekolah
  • Tujuan pembelajaran
  • Kegiatan pembelajaran
  • Penilaian pembelajaran

Bagian-bagian tersebut dari RPP satu lembar lebih sedikit jika dibanding dengan bentuk RPP yang sebelumnya. Dan RPP satu lembar lebih mengedepankan keaktifan siswa untuk belajar saat didalam kelas. Dalam pengembangan RPP satu lembar, dapat di modifikasi dengan berbagai format RPP yang sudah dibuat sebelumnya. 

Tidak hanya itu RPP pula jadi perihal utama yang wajib di siapkan dalam menghadapi kegiatan supervisi oleh kepala sekolah atau pun oleh pengawas sekolah serta pula ketika akan melaksanakan aktivitas akreditasi sekolah RPP juga jadi dokumen yang sangat berarti buat di persiapkan.

Penyusunan/Pembuatan Lengkap RPP 1 Halaman Berdasarkan Pertemuan dan Penilaian Tingkat SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Genap yang terdiri atas kurikulum 2013 Revisi. Untuk RPP 1 Lembar ini bisa ibu/bapak guru semua bisa anda download secara gratis dan lengkap pada Link dibawah ini.

RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Puisi Rakyat Kelas 7 Semester 2 : Unduh


Demikian contoh RPP satu lembar yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. Terimakasih!