-->

Pengertian, Tujuan, Manfaat, Sejarah, Program Kerja dan Contoh Struktur UKS Lengkap

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Pengertian dan program kerja UKS
Setiap sekolah tentu memiliki banyak program yang di canangkan sebagai salah satu bentuk pencapaian tujuan yang di inginkan. Program-program yang dimaksud ada program kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan akademik, kegiatan kesehatan sekolah, dan masih banyak lagi kegiatan yang lain. Namun, untuk kali ini, kami akan mencoba memberikan informasi tentang program yang ada di sekolah yang berkaitan dengan kesehatan. Lebih jelasnya kita mengenal dengan sebutan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Apa itu UKS?

UKS atau yang lebih di kenal dengan sebutan Usaha Kesehatan Sekolah adalah merupakan sebuah program yang di buat oleh sekolah dalam mengembangkan dan membina siswa untuk terbiasa menjaga kebersihan sekolah dan selalu menjaga kesehatan. Berdasarkan pengertian UKS dari Departemen Kesehatan yang menyebutkan bahwa  Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah adalah merupakan bagian dari salah satu usaha kesehatan masyarakat yang senantiasa di jalankan di setiap sekolah dengan anak didik atau siswa dan lingkungan hidup sekolah.

Sejarah Singkat Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Pada tahun 1956 UKS di bentuk dengan Pilot Project di daerah Jakarta dan daerah Bekasi. Pembetulan UKS ini merupakan Kerjasama antara Departemen Kesehatan (Kemenkes) dengan  Departemen Pendidikan  dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta dari Departemen Dalam Negeri. Pada Tanggal 3 September 1980 menetapkan surat keputusan bersama antara Mendikbud, Menkes, Mendagri  yang berisi tentang Pokok Kebijaksanaan dan Pengembangan UKS Nomor : 408a/U/1984, No 3191/Menkes/SKBVI/1984, No 74/th/1984, No 61/1984.

Tujuan UKS

Tujuan UKS adalah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat di sekitar sekolah. 
  1. Menjadikan siswa untuk belar mengenai pentingnya kebersihan.
  2. Untuk mengantisipasi pencegahan penyakit.
  3. Sebagai sarana kesehatan bagi sekolah apabila ada siswa yang sakit dapat di tangani langsung di bagian UKS.
  4. Memudahkan sekolah untuk memantau perkembangan siswa dalam hal kesehatan.
  5. Memberikan pelayanan kepada siswa yang selalu siap dan siaga terhadap bahaya penyakit.
Baca juga


Manfaat UKS

Manfaat  adanya UKS di lingkungan sekolah telah memberikan dampak yang  positif terhadap siswa khususnya siswa yang sakit pada saat jam belajar. Siswa dapat beristirahat di ruang UKS dengan di berikan pelayanan kesehatan oleh pengurus UKS dan pembina sekolah. Selain itu, standar UKS juga harus memiliki kelayakan dan kelengkapan yang memadai. Sekolah harus menyediakan segala kebutuhan yang  di perlukan. Seperti obat-obatan, timbangan, tempat istirahat, tempat cuci tangan dan lain sebagainya. Jadi apabila ada siswa yang sakit dapat langsung di tanganinya.

Program Kerja UKS

UKS tentu memiliki program kerja yang di buat berdasarkan kesepakatan bersama antara guru, sekolah, dan siswa. Melalui guru pembina UKS sekolah menerapkan kebijakan tentang program-program yang di lakukan secara terpadu. Program tersebut menjadi acuan bagi siswa untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai mana mestinya. Adapun contoh program kerja UKS dapat di lihat pada link di bawah ini.







Demikian ulasan mengenai Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Semoga bermanfaat. Terimakasih!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel