-->

Tujuan, Manfaat, Komponen, Dasar Rencana Kerja Sekolah Terbaru dan Lengkap

Rencana Kerja Kepala Sekolah


Program penyusunan rencana kerja sekolah

Pada kali ini, admin akan memberikan contoh tentang program rencana kerja kepala sekolah atau kepala madrasah di tingkat SMP/MTs. Rencana kerja kepala sekolah/madrasah merupakan sebuah kebutuhan yang di perlukan untuk administrasi sekolah. Kebutuhan yang di maksud adalah mengenai segala ketentuan yang di perlukan, baik dari akademik maupun non akademik yang di buat untuk jangka menengah dan jangka panjang. Rencana kerja kepala sekolah sangat bermanfaat sekali untuk kemajuan sekolah itu sendiri. Apabila program rencana kepala sekolah di laksanakan dengan baik, tentu sekolah akan menjadi jauh lebih maju.

Program rencana kerja kepala sekolah dibuat sebagai acuan dasar untuk menjalankan proses kegiatan operasional sekolah. Hal ini dibuat sesuai dengan tujuan dan  visi misi sekolah itu sendiri. Seorang kepala sekolah adalah pemimpin yang miliki tugas untuk mengatur dan merencanakan tentang ketentuan kepada bawahannya. Peran penting kepala sekolah menjadi ujung tombak dalam  mengupayakan keberhasilan. Tentu hal ini, seorang kepala sekolah juga harus memiliki kompetensi yang unggul dan bertanggung jawab dalam merencanakan program-program sekolah.

Gambaran tentang program rencana kepala sekolah, dapat di lihat pada contoh di bawah ini yang telah admin sediakan pada link berikut;


Secara administrasi, setiap sekolah juga memiliki organisasi struktural yang di bentuk oleh kepengurusan sekolah termasuk di dalamnya terdapat komite sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru, pegawai, karyawan dan unsur lain seperti tokoh masyarakat. Struktur kepengurusan yang ada di sekolah juga berperan sangat penting demi kemajuan sekolah.

Tujuan penyusunan program rencana kerja sekolah

  1. Adapun tujuannya adalah sebagai berikut:
  2. Untuk mendukung tercapainya visi misi sekolah.
  3. Untuk menerapkan program sekolah secara nyata.
  4. Menjamin organisasi sekolah agar selalu bersinergi dan integritas.
  5. Memaksimalkan peran masyarakat dalam program sekolah.
  6. Memberi arahan yang sangat jelas bagi sekolah.


Manfaat rencana kerja sekolah

  1. Untuk bahan pencapaian standar sekolah.
  2. Dapat di jadikan sebagai pedoman dasar sekolah.
  3. Sebagai bentuk dari pengembangan sekolah.
  4. Memberikan dampak baik bagi kemajuan sekolah.
  5. Memperkuat jaringan komunitas organisasi sekolah.


Komponen rencana kerja sekolah

  1. Standar kurikulum
  2. Daftar kegiatan sekolah
  3. Pengelolaan keuangan
  4. Kebutuhan sarana dan prasarana yang di sediakan.
  5. Siswa, guru, pihak sekolah dan peran masyarakat.


Beberapa contoh program rencana kerja sekolah dapat berupa RKS yang isinya adalah tentang proses-proses kegiatan yang di buat secara jelas dan untuk mencapai tujuan yang di harapkan sekolah. Rencana Kerja Sekolah (RKS) dapat di buat dengan ketentuan dan kesepakatan pihak organisasi sekolah dan pelaksanaannya di tentukan oleh masing masing sekolah. 

Pembentukan penyusunan program sekolah juga harus di sesuaikan dengan peserta didik, pegawai, dan organisasi lain. Selain dari itu, terdapat pula penyusunan program kerja tahunan (RKT) sekolah. Pelaksanaan dalam RKT di buat dengan cara yang sangat mendetail terkait dengan pembangunan-pembangunan struktur manajemen sekolah.


Baca juga 




Demikian gambaran mengenai rencana kerja sekolah. Semoga bermanfaat. Terimakasih!


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel