-->

Tips Belajar Di Rumah Saat Pandemi

tips belajar dirumah saat pandemi


Belajar Di Rumah

ruangbelajar lc – Apa jadinya kalau hasil nilai di rapor anda menurun? Setiap kali mengikuti ulangan nilainya selalu kecil. Padahal di tahun-tahun sebelumnya, anda adalah yang juara kelas sekaligus juara umum di sekolah anda. Dari semua mata pelajaran, nama anda yang mendapat nilai tertinggi dan terbaik diantara teman-teman yang lain. 

Tetapi tahun ini tidak demikian! Justru nilai anda yang menurun drastis. Dari setiap mata pelajaran, banyak nilai kecil yang kalian dapatkan.  Hal ini pasti membuat anda jengkel dan berujung sedih. Iya kan?

“Ah…! Kenapa bisa terjadi?”

Menurunnya nilai di rapor tentu ada penyebabnya. Meskipun anda dibuat tidak percaya, “Kenapa nilai saya menurun!” padahal anda sudah berusaha  dan belajar secara maksimal. Tapi apa yang terjadi? Nilai tetap saja menurun terus hingga anda tidak tahu harus berbuat apa lagi.

Apa bila ini terjadi pada diri anda, coba anda fikirkan dan ingat-ingat kembali. Tentang penyebab nilai mata pelajaran yang menurun drastis pada rapor anda. Ketika sudah terlihat gambaran penyebabnya, cola lakukan analisa bagaimana cara mengatasinya?

Di saat masa pandemi sekarang ini, banyak orang-orang yang mengeluh. Termasuk para pelajar dari tingkat dasar sampai ke perguruan tinggi.

Selain mengeluh akan pembatasan waktu belajar secara formal, juga berkaitan dengan sulitnya mempelajari materi pelajaran dari guru. Akibat masa pandemi covid – 19 banyak nilai belajar yang menurun secara drastis. 

Untuk itu, bagaimana cara mengatasi dampak dari belajar di rumah saat masa covid terus berjalan dengan partisipasi belajar aktif.

Tujuan dari analisa ini adalah untuk mencari tahu penyebab sebenarnya nilai di rapor anda menurun.

Apakah dari cara belajar anda yang kurang optimal?

Atau ada penyebab lain yang membuat nilai anda menurun. Misalnya dari pengaruh  pergaulan teman lain. 

Nah..! di sini admin akan memberikan contoh gambaran yang memungkinkan penyebab nilai rapor anda menurun. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menggampangkan materi dan tugas-tugas dari guru
  • Tidak fokus belajar karena lagi banyak masalah
  • Pengaruh penggunaan handphone yang berlebihan
  • Materi pelajaran yang sulit untuk di pelajari
  • Tempat yang kurang nyaman untuk belajar


Dari beberapa contoh diatas, bagian mana yang menurut anda sesuai dengan diri anda sendiri?

Kalau semuanya memang benar sesuai dengan diri anda, berarti sudah pasti contoh tersebut akan berdampak pada nilai di rapor anda menurun.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Coba kita simak, dan mencari tahu apa solusinya.

Tips Belajar

Belajar adalah sebuah proses untuk memperoleh kepandaian atau ilmu. Belajar juga diartikan sebagai upaya untuk memperoleh  informasi penting terkait hal-hal yang belum diketahui sebelumnya. 

Saat berada di rumah terkadang kita merasa bosan dan malas untuk belajar. Apa lagi disaat pandemi sekarang ini yang belum juga usai.  Banyak sekolah-sekolah yang di liburkan. Belajar di sekolah, kini di ubah dengan belajar di rumah.

Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona covid – 19. Ketika belajarnya dirumah, seharusnya membuat anda harus belajar belajar lebih giat dan rajin, karena mengingat waktu yang ada dirumah sungguh lama jika di banding saat belajar di sekolah.

Belajar dirumah membuat anda bosan dan malas mengikuti materi dari guru. Alhasil nilai semester akhir anda akan menurun jauh.

Sebagai kunci utama anda harus benar-benar tahu tips-tips belajar agar nilai anda tidak turun lagi dan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang diharapkan dari awal. Dengan cara mengetahui tips belajar dengan benar tentu akan membuat anda berubah dan menemukan jurus jitu belajar dengan baik.

Belajar dirumah memang membosankan

Bagaimana perasaan anda, jika sampai sekarang proses belajar masih dilakukan dirumah masing-masing. Hampir satu tahun akibat dampak  penyebaran covid 19 setiap sekolah di tutup dikurangi jam belajar. Aktivitas belajar di sekolah ganti dengan belajar jarak jauh dari rumah masing-masing siswa. (PJJ)

Apakah kalian merasa bosan dengan sistem belajar jarak jauh! 

Tentu yang anda rasakan sekarang ini, jika sistem belajar dari rumah pasti banyak tugas-tugas sekolah yang harus dikerjakan. Saat mengerjakan tugas, semakin lama semakin bosan. Tugas-tugas belajar, mulai di alihkan dengan dengan aktivitas bermain atau nongkrong dengan teman lain di tempat yang kurang bermanfaat.

Apabila keluar rumah, sebagai alasannya adalah untuk sekedar mencari hiburan atau merefres pikiran yang suntuk akibat terlalu banyak tugas. Tetapi jika ini dibiarkan terus menerus justru akan membuat kalian malas dan tidak peduli dengan tugas belajar.

Meskipun sebenarnya, ingin tugas PR cepat dari sekolah cepat selesai. “Niatnya sih begitu, lebih cepat lebih baik!” Tapi apalah daya, ketika pulang bermain pasti mengabaikan tugas sekolah. 

“Iya kan..! Hanyo ngaku!”

Alasan lain malas belajar dirumah

  • Kurangnya perhatian dari guru dan keluarga
  • Terlalu banyak tugas di rumah 
  • Kurangnya komunikasi dengan teman belajar
  • Tidak ada media yang penunjang untuk belajar
  • Sering begadang samapai tengah malam
  • Tidak dapat menyelesaikan tugas PR sendiri

Penyebab orang yang malas belajar dirumah itu sangat beragam alasannya. Dari sepuluh alasan tersebut apakah ada salah satu yang sama dirasakan oleh kalian? Kalau ada lalu bagaimana cara mengatasinya?

Merubah rasa malas  menjadi semangat tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Semua butuh proses dan waktu yang tidak singkat. 

Jika kita bandingkan. semenjak ada pandemi corona sekarang ini pemberian tugas  belajar justru lebih banyak diberikan saat dirumah. Berbeda dengan waktu masih sekolah normal seperti dulu. Kita lebih mudah belajar berdiskusi dengan teman, lebih mudah menerima materi pelajaran dari guru dan lebih bisa aktif dalam dalam proses mengikuti pembelajaran di kelas.

Sedangkan saat belajar dirumah, makin banyak tugas yang numpuk belum dikerjakan. Jenis tugasnya pun bermacam-macam. Suruh ini itu, mencari materi, membuat laporan, belum lagi mengikuti ulangan. 

Untuk mengatasi rasa malas belajar maka perlu tips agar belajar dirumah tidak lagi membuat malas atau membosankan. Nah! Untuk menambah semangat belajar ada tips jitu agar proses belajar dirumah menjadi tambah semangat lagi. Apa saja tipsnya, mari kita baca bersama

Tips belajar dirumah

Tips belajar di rumah atau dalam bahasa inggris “home study tips” adalah cara untuk membantu kita agar lebih semangat dalam belajar, khususnya saat berada didalam rumah. 

Membuat jadwal belajar

Tips yang pertama adalah membuat jadwal belajar. Apa sih maksudnya? Maksudnya adalah saat selama pembelajaran dirumah masih terus dilakukan karena masih pandemi corona 19. Tentu kita harus membuat jadwal sendiri yang sudah kita sesuaikan dengan aktivitas dirumah.

Jadwal belajar tersebut kita buat di lembar kertas kemudian di tempelkan di tempat biasa belajar. Isi dari jadwal belajar adalah mencakup tulisan-tulisan penting yang mesti di kerjakan. Dengan cara tersebut maka akan membantu kita dalam mengingat tugas-tugas yang diberikan dari guru.

Membuat jadwal belajar adalah sebagai salah satu alternatif bagaimana kamu bisa mengatur waktu saat menyelesaikan tugas sekolah dan waktu saat melakukan aktivitas pekerjaan rumah. 

Selalu berkomunikasi dengan guru dan keluarga

Nyatakan pada diri anda bahwa dalam pembelajaran selama dirumah harus dalam perhatian keluarga dan guru. Bagaimana caranya? Jadi anda cukup melaporkan apa saja yang sudah kalian kerjakan. Misalnya dengan menghubungi lewat telefon atau membuat daftar centang pada tugas-tugas yang sudah dikerjakan. 

Dalam perhatian ini, peran orang tua juga harus ikut memantau perkembangan belajar anak di rumah. Orang tua selalu mengawasi dan menegur apabila anak lalai untuk belajar dirumah.

Jangan menunda pekerjaan

Tips yang ketiga adalah jangan menunda pekerjaan. Ini penting! Karena kebanyakan kita malas mengerjakan tugas dari guru adalah selalu menunda pekerjaan. Berbagai alasan dalam menunda pekerjaan memang tidak semua sama. Tetapi apabila menunda pekerjaan terus dilakukan maka lama ke lamaan tugas-tugas yang semestinya di kerjakan justru menumpuk hingga membuat kita malas untuk belajar.

Mengatur waktu belajar dengan baik

Tips yang ke empat adalah mengatur waktu belajar sebaik mungkin. Artinya adalah saat kalian berada dirumah, cobalah untuk merancang dan menentukan waktu yang tepat untuk belajar. Setelah kalian membuat jadwal, kemudian kalian mengatur waktu, membagi mana yang pantas kalian kerjakan lebih awal.  Mengatur waktu setidaknya disesuaikan dengan aktivitas kalian dirumah.

Mengerjakan tugas dengan senang

Tips berikut ini adalah mengerjakan pemberian tugas dengan senang. Maksudnya adalah ketika kita mendapatkan tugas yang diberikan oleh guru, kita merasa senang dan segera mengerjakan tugas tersebut. Apabila ada bagian yang belum bisa dimengerti, segera tanyakan langsung ke guru mata pelajaran. 

Jalin komunikasi dengan teman belajar

Tips yang ke enam adalah menjalin komunikasi yang baik dengan teman belajar. Ini penting dilakukan oleh anda yang ingin fokus belajar. Berkomunikasi untuk sharing tentang materi-materi pelajaran yang belum dimengerti, atau sekedar berdiskusi tentang ilmu pengetahuan lain.

Apabila tips ini serius anda jalankan, tanpa mengenal putus asa. Maka keberhasilan mendapatkan nilai terbaik akan berhasil. Ketika mencari teman belajar, setidaknya carilah yang memiliki wawasan banyak terkait pengetahuan yang belum anda ketahui sebelumnya.

Karena dengan demikian secara tidak langsung, anda akan saling mentransfer ilmu dengan sesama teman. Selain itu, hubungan anda dengan sesama teman akan semakin akrab dan terjalin sebuah persahabatan yang baik.

Mencari tempat belajar yang di sukai

Tips tujuh adalah mencari tempat-tempat yang anda sukai disaat belajar. Setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang nyaman belajar di tempat khusus seperti di ruang tamu keluarga, ruang kamar sendiri atau bahkan di luar rumah. 

Carilah kesukaan anda lokasi mana yang paling cocok untuk fokus belajar. Dengan begitu anda akan lebih fokus untuk memahami materi-materi yang sedang dipelajari.

Mengatur waktu belajar

Tips yang delapan adalah mengatur waktu belajar. Tidak bisa dipungkiri, selama masa pandemi sekarang ini waktu belajar tentu sangat luang. Dengan sistem pembelajaran jarak jauh memberikan kesempatan untuk belajar dirumah dengan waktu yang tidak sebentar. 

Anda akan belajar di waktu, pagi, siang, sore, malam, bahkan di waktu subuh sebelum atau sesudah sholat. Silahkan pilih dan tentukan waktu belajar anda sebaik mungkin. Ketika kalian nyaman di waktu belajar pagi, maka anda harus benar-benar serius memahami apa yang anda sedang pelajari. 

Aktivitas ini anda lakukan secara rutin dan terus menerus. Maka dengan begitu kegiatan belajar anda akan tersusun dengan jadwal yang rapi.

Menyiapkan media atau alat penunjang

Tips yang ke sembilan ini penting kalian lakukan, mengingat sekarang ini masih Suasana pandemi covid 19 dimana pembelajarannya dilakukan dengan sistem online. 

Alat penunjang untuk media pembelajaran online, seperti handphone, internet, buku, pensil, pena, kabel data, dan lain sebagainya. Apabila alat penunjang ini tidak ada, maka anda akan susah mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Belajar santai tetapi pasti

Tips ke sepuluh belajar santai tetapi pasti. Tips ini menggambarkan tentang kondisi aktivitas belajar anda dengan santai, tetapi serius. Belajar santai dilakukan dengan tujuan untuk membuat pikiran anda lebih nyaman.

Meskipun nyaman, tetapi harus serius. Dengan demikian belajar anda dirumah akan mudah menyerap materi-materi pelajaran. Lakukan aktivitas ini dengan perasaan senang hati. Belajar adalah proses penyerapan ilmu dengan cara santai.

Jangan mudah putus asa

Tips yang ke sebelas adalah jangan mudah putus asa. Putus asa adalah hal yang tidak perlu kalian lakukan. Putus asa akan membuat anda semakin terpuruk dengan keadaan anda sendiri. Apabila ada merasa tidak bisa untuk mengerjakan tugas-tugas maka bertanyalah kepada guru atau teman anda yang menurut anda dia bisa mengetahui permasalahan.

Putus asa dalam belajar tentu berdampak buruk, karena semangat belajar pada diri anda akan berubah menjadi sebuah ke putusasaan. Teruslah berusaha dan berjuang untuk belajar dan mempelajari materi-materi pelajaran yang belum anda ketahui. Jangan menyerah dan jangan putus asa.

Yakin pada diri anda, jika anda bisa mengerjakan tugas sendiri. Ini dilakukan dengan harapan agar nilai-nilai pada rapor anda yang kecil dapat berubah dengan nilai-nilai yang diharapkan. Tentunya adalah nilai-nilai besar dan terbaik.

Jangan lupa untuk berdoa

Tips yang ke dua belas adalah jangan lupa berdoa. Setiap kali anda belajar alangkah baiknya anda lakukan dengan cara berdoa terlebih dahulu. Berdoa itu penting. Berdoa meminta harapan bahwa niat anda belajar adalah untuk menambah ilmu pengetahuan terkait materi pelajaran di sekolah. Kebiasaan berdoa akan membuat anda merasa yakin dengan usaha anda sendiri.

Demikian informasi tentang penyebab nilai anda menurun dan informasi tentang tips-tips belajar di rumah saat masa pandemi covid -19. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan anda. Terimakasih!


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel