-->

Bantuan Beasiswa Akademik Sekolah Madrasah

informasi bantuan beasiswa akademik sekolah


Informasi Bantuan Beasiswa Akademik Siswa Berprestasi

ruangbelajarlc - Ada kabar baik untuk sekolah madrasah yang ingin mengajukan bantuan beasiswa harap segera mengirim data prestasi akademik ke alamat Dirjen Pendis Kemenag sekarang.

Bulan kemarin Kementerian Agama meminta sekolah madrasah untuk melakukan penginputan atau pendataan  siswa melalui portal e-ponsel madrasah ( https://pipmadrasah.kemenag.go.id/e-ponsel/login ) yang akan di ajukan untuk mendapatkan Bantuan Kuota Internet Gratis sebagai sarana penunjang belajar di saat pandemi covid 19. 

Data kuota gratis dari pemerintah sekarang ini sudah menunjukkan titik terang. Karena sebagian besar nomor handphone siswa sukses di tinjau untuk dilakukan proses selanjutnya. Semenjak adanya wabah corona, bantuan dari pemerintah bukan hanya tertuju pada siswa, melainkan juga di berikan kepada guru - guru honorer berupa Bantuan Subsidi Upah (BSU). 

Hingga proses Cara Pencairan Bantuan BSU dari pemerintah untuk guru non PNS. Sekarang ini di awal bulan Desember tahun 2020, pemerintah kembali memberikan bantuan kepada siswa-siswi yang berprestasi. Bantuan tersebut berupa beasiswa untuk sekolah madrasah madrasah (RA/MI/MTS/MA)

Berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2013, Tentang Pedoman Penyusunan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020/2021. Melalui Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) akan memberikan Bantuan Beasiswa kepada siswa/siswi yang berprestasi dalam bidang akademik dari tingkat Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). 

Sesuai dengan surat edaran Kementerian Agama R.I Nomor 022.C/I/KS/02/@3/2020 tentang Permintaan Data Prestasi Akademik, tertanggal 1 Desember 2020.

Apa itu Beasiswa?


Beasiswa merupakan sebuah pemberian bantuan berupa keuangan yang akan diberikan kepada perorangan dengan tujuan untuk di gunakan sebagai kebutuhan dan kelangsungan pendidikan yang sedang ditempuh. 

Beasiswa prestasi akademik yang diberikan kementerian agama sebagai bentuk dukungan untuk para siswa dalam memperoleh  kesempatan mewujudkan impian yang di cita-citakan.

Tunjangan  beasiswa prestasi akademik akan diberikan kepada setiap pelajar dari jenjang sekolah madrasah yang ada dibawah naungan kementerian agama (kemenag). Pemberian bantuan beasiswa tahun ini akan diberikan sebagai bantuan untuk biaya belajar bagi siswa yang berprestasi secara akademik. 

Hal ini sebagai upaya untuk mendukung Visi dan Misi Pemerintah Republik Indonesia dalam bidang akademik sehingga mampu menciptakan Sumber Daya Manusia yang handal, berdaya saing, cerdas, inovatif dan kreatif seta mewujudkan tujuan pendidikan di Indonesia agar lebih maju.

Maka untuk mencapai tujuan tersebut, tentu perlunya membuat persyaratan dalam pemberian bantuan beasiswa kepada siswa/siswi berprestasi yang berada di sekolah - sekolah madrasah.

Peningkatan Prestasi Akademik


Peningkatan prestasi akademik (PPA) pada siswa yang akan mendapatkan bantuan beasiswa berprestasi berada pada jenjang kelas yang berbeda. Masing-setiap kelas dapat mendata urutan siswa yang memang benar-benar berprestasi sesuai dengan data yang ada. Karena ini menjadi pertimbangan yang paling  utama mendapatkan bantuan tersebut. 

Selain itu, bantuan dana yang nantinya akan diberikan oleh Kementerian Agama bersifat transparan, akuntabel, serta dapat dapat dipertanggungjawabkan baik secara penyaluran maupun penggunaan.

Upaya ini dilakukan sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kementerian Agama dalam mewujudkan dan mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Madrasah yang akan mendapatkan beasiswa berprestasi adalah dari madrasah tingkat RA/MI/MTS/MA tahun pelajaran 2020/2021.


Permintaan Data Prestasi Akademik


Setiap madrasah diminta untuk memberikan data prestasi akademik siswa sesuai dengan dokumen lengkap yang dibutuhkan dalam bentuk isian tabel yang memuat data siswa berprestasi. Adapun format isian tabel yang dimaksud yaitu memuat :
  • Nama sekolah 
  • Nomor standar pokok nasional (NPSN)
  • Kecamatan
  • Kabupaten/kota 
  • Provinsi
  • Nomor telepon

Selain format tersebut, yang harus dilengkapi terkait data yang yang diminta oleh Kementerian Agama adalah sebagai berikut : 
  • Identitas diri seperti nama peserta didik, nomor induk siswa, tempat tanggal lahir, kelas, jumlah nilai rata-rata, peringkat atau rangking.
  • Data orang tua/wali masing-masing siswa terdiri dari siapa nama ayah/ibu, pekerjaan, alamat dan nomor telepon orang tua. 
  • Kemudian sebagai kelengkapan lain terdiri dari jabatan sekolah yang memuat tentang pejabat sekolah dalam bidang kesiswaan, bendahara sekolah, tata usaha, dan wali kelas. 


Persyaratan Pengajuan Beasiswa Akademik


Persyaratan lain untuk pengajuan beasiswa prestasi akademik adalah :
  1. Data siswa yang akan diajukan sesuai urutan peringkat prestasi belajar siswa
  2. Prestasi siswa harus sesuai dengan jumlah nilai pada rapot yang paling tinggi di kelas
  3. Jumlah data siswa yang diajukan maksimal 7 (tujuh) dalam satu kelas atau ruang belajar persemester. 
  4. Artinya data tersebut harus sesuai dengan tingkat kelas siswa dalam satu semester
  5. Kelengkapan  pengajuan beasiswa prestasi siswa secara akademik akan dijadikan  bahan untuk evaluasi Kementerian Agama Republik Indonesia.
  6. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Permintaan Data Prestasi Akademik dapat dilihat pada masing-masing email sekolah/operator madrasah yang sudah terdaftar aktif. 


Contoh Format Tabel Data Siswa Prestasi


Cara mengetahui siswa yang berprestasi


Setiap siswa tentu memiliki prestasi yang berbeda-beda, baik secara akademik maupun non akademik tentu menjadi salah satu perbedaan yang paling utama. Lalu bagaimana cara mengetahui kemampuan siswa yang memiliki prestasi? 

Untuk mengetahuinya dapat kita lihat pada ciri-ciri karakter yang dimilikinya selama ini. Sebagai contoh sikap yang dimiliki siswa adalah sebagai berikut :

Siswa memiliki sikap disiplin

Sikap disiplin yang dimaksud adalah kebiasaan siswa dalam belajar selalu mengutamakan hal-hal penting mengenai pembelajaran di kelas. Disiplin waktu dalam mengerjakan tugas, disiplin ketika diberi tanggung jawab, mematuhi aturan sekolah, serta di  disiplin melakukan kebiasaan-kebiasaan belajar, baik pada saat dirumah maupun di sekolah.

Meski sebenarnya banyak dari siswa yang berprestasi memiliki kecerdasan yang berbeda dengan teman lainnya, tetapi percuma jika tidak mempunyai sikap disiplin. Seperti halnya, suka keluar kelas saat belajar, tidak pernah berangkat sekolah, dan juga tidak pernah mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Tentu yang diinginkan bagi mengenai hal ini adalah siswa memiliki sikap disiplin yang baik, sesuai dengan ketentuan dan tanggungjawab yang miliki. 

Selalu berusaha dan mencoba hal baru

Maksudnya adalah, bagi siswa yang berprestasi tentu sudah biasa dengan sifat ini yaitu selalu berusaha mencari hal-hal baru yang belum dia ketahui sebelumnya. Baik itu dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah atau mencari materi-materi yang belum ia ketahui. Apa bila melakukan kesalahan, tentu siswa tersebut akan berusaha memperbaiki dan mengevaluasi tanpa menunda-nunda waktu.

Belajar dengan tekun

Belajar dengan tekun atau rajin belajar adalah ciri dari kebiasaan siswa yang berprestasi. Justru siswa yang malas belajar, biasanya kurang memiliki rasa semangat untuk belajar. Namun, apabila semua kebiasaan ini terus diasah dengan baik, tentu akan merubah diri menjadi siswa yang lebih berprestasi. Pada saat diberikan tugas dari guru, siswa tersebut dengan gerak cepat mengerjakan tugas dengan baik. 

Tidak memiliki rasa takut atau pun ragu

Terkadang siswa yang berprestasi memiliki rasa takut, ragu, minder dengan dirinya sendiri. Mereka lebih cenderung diam meski sebenarnya dia bisa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Tetapi berbeda dengan siswa lain yang memiliki rasa berani, tanpa ragu apa lagi merasa takut kalau dirinya benar. Sebagai contoh apa bila ada pemberian tugas selalu berusaha memberanikan diri untuk menunjukkan sikap yang benar dengan mengerjakan soal yang diberikan. Apa bila di tunjuk untuk maju dalam mengerjakan tugas di depan teman-temannya selalu berani. 

Rajin belajar dan membaca buku

Sikap lain dari siswa yang berprestasi adalah memiliki sifat kebiasaan yaitu rajin belajar dan membaca buku. Bukan hanya buku tentang materi pelajaran yang diajarkan di sekolah, tetapi buku – buku lain yang bisa membuatnya menambah ilmu pengetahuannya. Kebiasaan siswa membaca buku sering di temui pada pada saat jam istirahat siswa tersebut selalu berada di perpustakaan sekolah.

Selalu bertanya tentang materi yang belum diketahuinya

Sikap bertanya mengenai materi pelajaran adalah bagian dari siswa yang berprestasi. Mengapa demikian? Karena kebiasaan bertanya tentang materi yang belum di ketahui adalah perwujudan kalau siswa merasa haus akan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Mengenai materi pelajaran yang belum diketahuinya sebagai alasan untuk bertanya kepada guru di kelas. 

Bersikap terbuka menerima saran dan kritis pada saat belajar

Ciri lain bagi siswa yang berprestasi adalah memiliki sifat terbuka apabila mendapat saran atau masukan dari teman, guru, maupun orang lain. Sikap menerima saran sudah selayaknya di lakukan oleh setiap siswa yang ingin berkembang. Meski ada juga siswa merasa tidak mau diberi masukan apa bila berbuat kesalahan, padahal dari segi akademik siswa tersebut termasuk siswa yang cerdas. 

Namun, bersikap terbuka dan menerima saran adalah yang paling baik dan paling utama. Karena di situlah kita bisa mengetahui letak kesalahan dan kekurangan yang dimiliki. Berbeda dengan bersikap kritis kepada orang  lain dengan memberikan alasan bukti kebenaran. Berani menunjukkan hal-hal yang perlu diperbaiki. Orang yang kritis adalah salah satu ciri orang yang cerdas.

Bersikap sopan

Berbeda dengan ciri yang lain, bahwa siswa yang berprestasi terkadang diimbangi dengan sikap yang baik dan sopan. Ia merasa tahu tentang baik atau tidaknya sikap kepada teman, guru, dan orang lain. Bersikap baik, dengan ucapan yang baik tentu menjadi dasar bagi siswa yang berprestasi. 

Ia merasa bahwa bersikap sopan memiliki keutamaan dalam mengembangkan karakter pribadinya. Salah satu menjadi contoh dalam hal ini adalah selalu menghargai pendapat orang lain yang berbeda argumen. Memberi kesempatan berbicara kepada orang lain pada saat belajar atau presentasi kelas.

Mempunyai prinsip dan kemandirian

Belajar tanpa prinsip akan percuma, jika dilakukan terus menerus tanpa ada perubahan yang dimilikinya. Mempunyai prinsip dan sikap mandiri adalah cerminan bagi siswa yang ingin berkembang secara ilmu pengetahuannya. Prinsip belajar yang baik dan memiliki tujuan utama saat belajar nantinya akan menunjukkan sikap yang cerdas dan berprestasi.

Selalu aktif dalam pembelajaran dan mengikuti kegiatan sekolah

Setiap sekolah tentu memiliki banyak kegiatan, baik dari kegiatan belajar di kelas maupun kegiatan yang biasa dilakukan di luar kelas. Kebiasaan belajar di dalam kelas, bagi siswa yang berprestasi tentu sudah ia rasakan sebelumnya. Bukan aktif pada saat belajar di kelas saja, melainkan aktif dalam kegiatan luar kelas. Seperti contoh kegiatan ekstrakurikuler. Siswa yang berprestasi akan merasa kurang cukup, apabila hanya mengikuti belajar dalam kelas. Tetapi kegiatan ekstrakurikuler juga ia ikuti. 


Demikian informasi tentang beasiswa prestasi akademik cara mengetahui siswa yang memiliki prestasi baik secara akademik maupun non akademik. Semoga informasi ini bermanfaat dan siswa akan layak mendapatkan beasiswa dari Kementerian Agama Republik Indonesia. 

Daftar bacaan :
















Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel