Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game online

Cara mudah mengatasi anak kecanduan game online

Cara paling mudah mengatasi anak yang kecanduan hp dan game online

Ruangbelajarlc - sekarang ini, kemajuan teknologi semakin pesat berkembang. Bukan hanya di wilayah perkotaan saja, melainkan di wilayah desa juga merasakan perkembangan teknologi. Berkaitan dengan hal ini, tentu memberi dampak positif bagi masyarakat luas. 

Sebagai contoh perkembangan teknologi dibidang informasi yang ditandai dengan adanya media sosial yaitu Handphone (HP). Dari tahun ke tahun, adanya media soal terus berkembang. Dari fitur-fitur yang tersedia sekarang ini semakin lengkap. Bahkan segala informasi yang ingin kita cari dapatkan dapat kita temukan secara langsung di media sosial. 

Hanya dengan koneksi internet saja, handphone memberi kemudahan bagi bagi pengguna mencari informasi sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna.

Namun,di sisi lain yang menjadi kendala banyak orang adalah ketergantungan penggunaan handphone termasuk anak - anak pada usia tingkat balita. 

Banyak dilingkungan tempat tinggal kita, seorang anak yang ketagihan penggunaan handphone. Bahkan dari mereka lebih cenderung menggunakan handphone dari pada harus bermain bersama dengan teman yang lain. Anak-anak di usia lima tahun kebawah akan merasa tenang sendiri, jika di sampingnya ia memegang handphone. 

Bermacam - macam apa yang mereka lihat, ada yang menonton video di youtube, mendengarkan musik dan ada juga bermain game online

Dari contoh tersebut yang perlu menjadi perhatian untuk orang tua adalah berkaitan dengan penggunaan handphone secara berlebihan. Apalagi jika bermain game online. Sangat disayangkan jika hal ini, dibiarkan begitu saja oleh orang tua. Karena penggunaan game online, tentu memberi dampak dan pengaruh yang buruk bagi anak. 


Sebagai contoh misalnya anak yang cenderung ketagihan game online antara lain.

  1. Gampang marah, apabila permintaannya dicegah oleh orang tua jika dia ingin bermain Hp.
  2. Tidak suka bermain dengan teman se usianya. 
  3. Apa yang ingin menjadi kamauannya harus dipenuhi. 
  4. Lebih suka menyendiri dan merasa tenang apa bila sedang bermain game online.
  5. Susah makan, karena terlalu asyik bermain game online.
  6. Seorang anak akan memilih game online, jika dibanding dengan permainan tradisional.


Jika kita melihat dari contoh tersebut, masih banyak lagi dampak  atau ciri yang dialami oleh seorang anak yang bermain game online.

Sebagai perhatian bagi orang tua saat ini karena kemajuan zaman yang semakin canggih, semakin berkembang di bidang teknologi khususnya handphone. Peran orang tua harus pandai-pandai dalam mengatur  anak untuk menggunakan handphone secara bijak.Jadikan handphone sebagai sarana belajar bagi anak untuk mengenalkan cara mudah belajar. Misalnya permainan berbasis menghafal huruf, angka, menghitung, dan membaca tulisan.


Informasi terkait pengetahuan belajar secara luas akan mendorong pikiran anak ke arah yang lebih baik dan positif. 

Dibawah ini adalah cara yang tepat dilakukan oleh orang tua, agar anak tidak kecanduan dengan game online. 

  1. Menunjukkan sikap yang tegas terhadap anak. Apabila anak terlalu lama menggunakan handphone maka diberi teguran.
  2. Membatasi waktu kepada anak, apabila anak bermain handphone. 
  3. Selalu berkonsultasi pada psikolog, atau yang ahli membidangi karakter seorang anak.
  4. Mengajak anak untuk bermain bersama dengan teman yang lain, atau bahkan orang tua ikut bermain bersama dengan mereka
  5. Pada saat anak bermain, usahakan dibuat yang menyenangkan.
  6. Selalu memantau atau mengawasi setiap anak bermain. Baik saat bermain bersama dengan teman, atau saat bermain hp


Dari beberapa upaya tersebut, tentu masih banyak lagi cara yang digunakan untuk membatasi anak dalam menggunakan handphone. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih!