Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Besaran Pokok dan Besaran Turunan Kelas 7

Besaran Pokok dan Besaran Turunan Kelas 7


Materi Besaran Pokok dan Besaran Turunan IPA

Ruangbelajarlc - Pada pembelajaran kali ini, kami akan memberikan cakupan materi tentang besaran. Apakah kalian tahu apa itu besaran? Antara besaran dan satuan menjadi bagian yang sering kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. 

Sesuatu yang berkaitan dengan gejala alam yang dapat diukur di sebut dengan besaran. Sebagai contoh besaran berkaitan dengan volume, massa, panjang dan satuan. Adapun bagian dari besaran tersebut memiliki alat ukur yang berbeda. 

Misalnya 

  • Masa benda diukur dengan neraca
  • Volume benda yang bentuknya teratur diukur dengan penggaris, jangka sorong atau mikrometer
  • Panjang diukur dengan penggaris atau mistar 
  • Waktu diukur dengan arloji atau stopwatch


Besaran memiliki nilai yang dinyatakan dengan angka dan diikuti dengan satuan. 

Contoh :

Wisnu pergi ke pasar, ia berjalan kaki dengan menempuh jarak 300 meter. Wisnu menunjukkan besaran panjang, 300 menunjukan nilai besaran, dan meter menunjukkan satuan  besaran panjang

Ibnu membeli bensin 20 liter. Bensin 20 liter menunjukkan besaran volume, 20 menunjukkan nilai besaran, dan liter menunjukkan satuan. 

Dari kedua contoh tentang besaran diatas, tentu kita dapat mendefinisikan pengertian besaran. Jadi Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dengan menggunakan alat ukur dan hasil nilainya dapat ditentukan dengan sebuah angka. Dalam besaran terbagi menjadi dua jenis yaitu besaran pokok dan besaran turunan. 


Besaran pokok

Besaran pokok adalah jenis besaran yang satuannya sudah ditentukan atau ditetapkan terlebih dahulu dan besaran pokok tidak diturunkan dari besaran lain. Terdapat tujuh macam besaran pokok dimana masing-masing memiliki nama da satuan yang berbeda. Penetapan ke tujuh besaran pokok antara lain :

Nama besaran

  1. Panjang
  2. Masa
  3. Waktu
  4. Suhu
  5. Kuat arus listrik
  6. Jumlah zat
  7. Itensitas cahaya


Satuan

  1. Meter
  2. Kilogram
  3. Sekon
  4. Kelvin
  5. Ampere
  6. Mol
  7. Kandela


Singkatan

  1. M
  2. Kg
  3. S
  4. A
  5. Mol
  6. Col

Satuan besaran pokok


1. Panjang

Dalam satuan sistem internasional (SI) satuan  panjang adalah meter m. standar satuan meter ditetapkan sebagai seperti sepuluh juta jarak dari garis khatulistiwa ke kutup utara bumi yang melewati kota paris, perancis.

Meter standar yang digunakan sebagai alat ukur panjang setiap saat ditimbang dan diteliti. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi  membuat satuan panjang telah ditetapkan. Namun dalam pengertian lain satuan panjang juga terdapat kilo meter km, mil, kaki, inci, sentimeter cm, dan milimeter mm. Hubungan dari masing-masing satuan tersebut adalah sebagai berikut.

Konversi satuan panjang

  • 1 Km = 1.000 m
  • 1 m = 100 cm
  • 1 cm = 10 mm
  • 1 inci = 2,54 cm
  • 1 mil = 1,6093 km
  • 1 kaki = 12 inci


2. Massa

Tahukah kalian apa itu massa? Dalam standar SI satuan berat dinyatakan dalam newton. Massa dan berat merupakan dua besaran yang berbeda. Oleh karena itu, mulai saaat ini kamu harus dapat membedakan antara pengertian berat dan massa sebuah benda. 

Massa dan berat benda merupakan dua besaran yang berbeda. Massa sebuah benda menyatakan jumlah zat atau materi yang terkandung dalam benda, sedangkan berat benda merupakan gaya tarik bumi yang dialami beda tersebut. 

Sebuah benda ditempat mana pun massanya selalu tetap, sedangkan nilai berat benda tergantung pada gaya gravitasi bumi. Semakin dekat dengan kutup bumi, berat benda semakin besar karena gaya terik bumi terhadap benda itu semakin besar. 

Konversi satuan massa

Satuan massa yang lain dalam kehidupan sehari-hari adalah ton, kuintal, ons, gram, dan milligram. Hubungan antarsatuan massa tersebut adalah sebagai berikut

  • 1 ton = 10 kwintal
  • 1 kwintal = 100 gram
  • 1 kg = 1000 gram
  • 1 ons = 100 g
  • 1 g = 1000 mg


3. Waktu

Dalam satuan waktu telah ditetapkan sebagai sekon. Mula-mula didefinisikan sebagai seperti delapan puluh enam ribu empat ratus hari. Waktu satu hari dua puluh empat jam, satu jam enam puluh menit, satu menit enam puluh detik. Selanjutnya satu sekon standar diganti karena secara ilmiah dianggap kurang akurat. 


4. Suhu

Suhu sangat erat hubungannya dengan panas. Di dalam masyarakat kita, kadang-kadang pengertian suhu dan panas tidak dibedakan. Jika seorang menanyakan panasnya beberapa derajat, maka orang yang ditanya terkandung menjawab 37 derajat. Jawaban ini tidak benar karena suhu dan panas adalah dua hal yang berbeda.

Suhu adalah merupakan bagian dari gerajat panas suatu benda. Sedangkan panas merupakan salah satu bentuk energy. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah thermometer.


Besaran Turunan

Apa itu besaran turunan? Besaran turunan adalah adalah salah satu besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok. sebagai contoh dari besaran turunan meliputi luas, volume, berat, gaya, massa jenis, kecepatan, kelajuan, energi, daya dan tekanan.