Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KD 3.5 dan 4.5 RPP Teks Eksposisi

  KD 3.5 dan 4.5 RPP Bahasa Indonesia Teks Eksposisi



RPP Bahasa Indonesia KD 3.5 dan 4.5 Teks Eksposisi 


Ruangbelajarlc - Teks eksposisi adalah salaah satu jenis teks yang dibuat untuk memberikan informasi atau pengetahuan kepada orang lain berdasarkan fakta yang sebenarnya. Teks eksposisi dibuat dengan tujuan menyampaikan kebenaran tentang apa yang terjadi. Teks eksposisi harus bersifat objektif. 


Nah! Untuk kali ini, di saat pandemi masih juga dirasakan oleh semua pihak. Baik yang tinggal di lingkungan kota maupun desa masih menerima dampak pandemi. Sebagai contoh adalah pembelajaran di sekolah. 

Atas permasalahan ini, tentu setiap sekolah melakukan pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi alternatif paling utama yang dilakukan oleh setiap sekolah. 


Selama pembelajaran daring atau PJJ dilakukan, tentu Bapak/Ibu guru harus mempersiapkan perangkat pembelajaran yang diperlukan. Misalnya adalah Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP). Meskipun setiap sekolah belum dapat melakukan pembelajaran tatap muka seperti tahun - tahun sebelumnya.


Namun, apabila setiap sekolah akan melakukan pembelajarana tatap muka, tentu harus mematuhi aturan yang telah di tentukan oleh pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan yang terapkan secara ketat dan teratur. Hal ini dilakukan agar mengurahi penyebaran virus yang telah merabak saat ini. Jika hal ini, dilakukan maka sistem pembelajaran akan semakin maksimal dan kondusif. 


Guna untuk membantu persiapan pembelajaran daring atau PJJ oleh setiap guru kelas dan guru mata pelajaran. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh RPP Bahasa indonesia tentang materi teks puisi dan unsur - unsur yang ada dalam teks puisi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP pada kompetensi dasar (KD) 3.5 dan 4.5 yang dapat Bapak/Ibu download sekarang juga. 


RPP adalah salah satu bagian dari rencana kerja guru yang perlu dibuat oleh Bapak/Ibu semua pada saat mengajar dikelas. RPP menjadi bagian terpenting untuk pelaksanaan pembelajaran.


Baca Juga 

RPP Bahasa Indonesia : KD 3.9 dan 4.9 Teks Eksplanasi

RPP Bahasa Indonesia : KD 3.10 dan 4.10 Teks Eksplanasi

RPP Bahasa Indonesia : KD 3.8 dan 4.8 Teks Unsur Pembentuk uisi

RPP Bahasa Indonesia : KD 3.7 dan 4.7 Teks Puisi 

RPP Bahasa Indonesia : KD 3.6 dan 4. 6 Teks Eksposisi Ilmiah


Bagian - bagian dari RPP yaitu antara lain :

  • Satuan pendidikan
  • Tema
  • Kelas
  • Semester
  • Alokasi waktu
  • Kompetensi inti
  • Kompetensi dasar
  • Materi pembelajaran
  • Metode pembelajaran
  • Media, bahan dan sumber belajar
  • Kegiatan pembelajaran
  • Penilaian pembelajaran, remidiaal dan pengayaan


Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) saat ini terus dikembangkan untuk di revisi sesuai dengan kebutuhan pada setiap sekolah. 

RPP Bahasa Indonesia tentang teks eksplanasi kelas 8 SMP/MTs pada kompetensi dasar (KD) KD 3.5 dan 4.5 lebih mengacu aktivitas siswa didalam kelas. Teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang dibuat berkaitan dengan kejadian alam atau fenomena alam. Contohnya seperti gempa bumi, gunung meletus, tsunami, banjir dan lain sebagainya. 

Adapun untuk contoh RPP Teks Pembangun Teks Puisi KD 3.5 dan 4.5 silahkan Bapak/Ibu download pada link dibawah ini.


RPP Bahasa Indonesia KD 3.5 dan 4. 5 Teks Eksposisi =  Unduh


Demikian contoh RPP Bahasa Indonesia tentang unsur pembangun puisi 8 semester 1 untuk tingkat SMP/MTs. Semoga bermanfaat. Terimakasih!