Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah

 Pembinaan dan Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Pendidik dan tenaga pendidik di sekolah


Pembinaan dan Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru


Ruangbelajarlc - Pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022 di MTs Negeri 2 Pringsewu Lampung  mengadakan rapat Sosialisasi dan Pembinaan Implementasi kurikulum merdeka bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Kurikulum merdeka menjadi prioritas utama untuk menunjang kemajuan siswa dalam belajar mengembangkat bakat, minat dan kreativitas yang di miliki.

Peserta Pembinaan dan Sosialisasi Implementasi Kurikulum merdeka belajar di hadiri oleh seluruh bapak/ibu guru kepala madrasah dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum Se-KKM MTS Negeri 2 Pringsewu, nara sumber pokjawas serta dari pelatih ahli program sekolah penggerak kemdikbudristek.

Peserta pembinaan sangat mengapresiasi akan pelaksanaan penerapatn kurikulum merdeka belajar di setiap sekolah. Mengingat kurikulum merdeka belajar memiliki peran penting dalam kemajuan siswa yang di miliki. 

Merdeka belajar memberi kebebasan bagi siswa untuk mengasah kemampuan yang di miliki sesuai bakat.

Menurut Tina Marlina, S.Ag., M.Pd.I selaku Kepala Madrasah MTS N 2 Pringsewu menyampaikan adanya Pembinaan dan Sosialisasi implementasi kurikulum merdeka tentu sangat bermanfaat sekali bagi kita sebagai pendidik di madrasah. 

Kurikulum merdeka belajar akan membawa kemajuan bagi siswa atau peserta didik dalam mengasah minat dan bakat yang di milikinya.

Selian itu, penjelasan dari Bapak Aceng Royani, M.Pd.I. selaku pokjawas menyampaikan mengenai kurikulum merdeka belajar harus kita implentasikan pada setiap sekolah atau madrasah yang sudah benar-benar memiliki kesiapan.

Menjelang tahun ajaran baru pada setiap sekolah akan menyusun kurikulum. Kurikulum adalah bagian dari perangkat pembelajaran yang digunakan oleh pendidik guru. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang di kaji sesuai kebijakan pemerintah. 

Penerapan kurikulum ini bukan hanya sebagai pengganti dari kurikulum K-13, melainkan sebagai penyempurna pada kurikulum sebelumnya.

Kurikulum merdeka muncul sebagai kebebasan untuk berkreasi dalam mengembangkan kreativitas siswa atau peserta didik. 

Apa yang menjadi keinginan siswa dalam bakat yang dimiliki menjadi keutamaan yang harus di asah dan di kembangkan.

Penjelasan lain mengenai kurikulum merdeka adalah kurikulum yang dibuat dengan pembelajaran intrakulikuler yang didalamnya mencakup kompetensi siswa.


Pembinaan dan Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Pendidik

Seperti yang disampaikan oleh Bapak Dr. H. Darmadi, S.Ag., M.M., MM.Pd., M.Si.,CT., CM., C.BG., C.SH., C.PS. Selaku Pelatih Ahli Sekolah Penggerak Kemdibudristek menjelaskan mengenai Kurikulum merdeka  adalah kurikulum pilihan bagi setiap sekolah. 

Sekolah di beri kebebasan untuk menentukan kurikulum yang akan digunakan. pilihan 1 kurikulum 2013 penuh, pilihan 2 kurikulum 2013 yang di sederhanakan dan kurikulum merdeka. 

Keunggulan dari kurikulum merdeka sebagai pilihan bagi siswa yang paling sederhana dan mendalam. Pembelajaran yang di implementasikan pada kurikulum ini mencakup mata pelajaran yang di minati oleh siswa.  

Fokus pada materi yang esensial di ajarkan sesuai dengan pengembangangan fase belajar. Pembelajaran di laksanakan secara mendalam, bermakna dan menyenangkan. 

Pada kurikulum merdeka setiap sekolah atau madrasah memiliki wewenang untuk mengelola kurikulum sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan. 

Kemudian untuk guru dapat mengajar sesuai dengan tahap capaian siswa. Sedangkan untuk siswa atau peserta didik sendiri pada jenjang SMA sederajat sudah tidak ada lagi program peminatan. 

Melainkan siswa memilih mata pelajaran sesuai dengan keinginan, minat dan bakat yang di milikinya.

Diharapakan untuk kurikulum merdeka dapat diterapakan di setiap sekolah ataupun madrasah sesuai dengan prinsip yang di gunakan.