-->

Cara Paling Mudah Agar Lulus Ujian UNBK dan USBN

UJIAN UNBK

Ujian Nasional berbasis komputer atau yang lebih di kenal dengan sebutan UNBK adalah salah satu bentuk ujian nasional yang akan di laksanakan disetiap sekolah jenjang pendidikan SMA/SMK/MA dan SMP/MTS di Indonesia. Pelaksanaan UNBK (ujian nasional berbasis komputer) tahun ini akan dilaksanakan secara menyeluruh di setiap sekolah tingkat SMA/SMK/MA dan SMP/MTS. Lalu bagaimana perasaanmu yang tahun ini akan mengikuti ujian berbasis computer? Sudah siapkah kalian? 

Dalam menghadapi ujian UNBK tahun ini teman-teman jangan khawatir apalagi takut karena belum pernah sama sekali! Pokoknya asalkan kita mau belajar dengan persiapkan yang matang pasti akan baik-baik saja. Usahakan mau Belajar Lagi dengan sungguh-sungguh dan terus berdoa mudah-mudahan ujian UNBK tahun ini dapat lulus dengan predikat yang sangat baik.

Nah! Sebagai persiapannya yuk, buat teman-teman semua coba kita pelajari dulu tentang tips atau cara paling mudah untuk mengikuti ujian UNBK tahun ini.

Berdoa Dan Meminta Doa Restu Dari Orang Tua

Buat teman-teman semua, jangan berhenti untuk selalu berdoa. Berdoa adalah hal yang paling penting dan utama di lakukan. Pastikan doa tersebut meminta untuk di beri kemudahan dalam mengerjakan soal-soal ujian. Meskipun segala sesuatunya bukan kita yang menentukan, tetapi paling tidak kita mencoba untuk tawakal berserah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan berbagai macam ibadah yang patut kita jalankan. 


Selain itu, mendekati ujian tahun ini jangan mengabaikan nasihat dari orang tua.  Mintalah restu dari orang tua dan keluarga agar di beri kelancaran selama mengikuti ujian yang berlangsung tahun ini. Kenapa kita harus meminta restu kepada orang tua? ya! Karena orang tua adalah sosok yang sangat berarti dalam hidup kita. Tanpa jasa dan kebaikan orang tua, merekalah yang telah melahirkan dan membesarkan kita. Jadi sudah sepatutnya kita terus berdoa dan meminta dukungan dari kedua orang tua agar di beri kemudahan dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Kuatkan Niat dan selalu optimis

Pada bagian ini adalah tentang kuatkan niat. Apa itu niat? Niat adalah keinginan dalam hati untuk melakukan suatu tindakan dalam mencapai tujuan akhir. Niat menjadi bagian yang harus di tanamkan oleh teman-teman semua yang akan mengikuti ujian nasional tahun ini. Tanamkan niat dalam diri masing-masing sebagai bekal awal untuk mengikuti ujian nasional di tahun ini agar hasilnya lebih baik. Jangan sampai dalam mengikuti ujian nasional besok kalian ikuti tanpa ada niat dari sekarang. Apa lagi ada istilah “ah..! yang pentingkan bisa ujian” ya! Kalau niatnya Cuma bisa ujian, tanpa ada bekal yang kuat untuk mempersiapkan dari sekarang juga akan percuma. Jadi niat sangatlah penting buat teman-teman semua.

Menjaga kesehatan dan membentuk kelompok belajar

Menjaga kesehatan dan membentuk kelompok belajar adalah kegiatan yang baik untuk dilakukan. Teman-teman semua jangan abaikan tentang hal pentingnya menjaga kesehatan. Tentu yang di harapkan pada saat ujian tubuh kita dalam keadaan sehat. Kalau tubuh kita sehat tentu kita akan lebih fokus dalam mengerjakan soal. Disamping itu, sebagai penambah kesiapan dalam menghadapi Ujian Nasional coba bentuk kelompok belajar bersama dengan teman yang lain  atau lakukan bimbingan belajar (les) privat. Nah! Dengan demikian kalian akan mendapatkan materi-materi tambahan dari berbagai sumber selain di sekolah. 

Belajar Dengan Serius Untuk Mengetahui Konsep Materi Soal-Soal Ujian

Perlu teman-teman ketahui bahwa konsep materi yang akan di jadikan sebagai soal ujian nasional berupa soal yang berbasis Higher Order Thinking Skills atau yang lebih di kenal dengan sebutan model HOTS dimana kita harus membutuhkan kemampuan dalam berfikir kritis untuk menganalisa soal, memecahkan masalah, serta sikap kreatif. Maka dari itu, teman-teman semua kita harus paham betul dengan konsep materi model HOTS tersebut. Biasanya soal-soal yang di buat oleh tim Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tergolong jenis soal yang kategorinya adalah sulit, sedang dan mudah. Perlunya kita belajar dengan serius dan bersungguh-sungguh dalam memahami konsep materi pada soal-soal ujian yang akan datang. Beberapa bentuk soal latihan untuk menghadapi ujian UNBK.

Mempelajari Tentang Standar Kelulusan (SKL) Dan Kisi-Kisi Soal Ujian

Pada bagian ini adalah mempelajari Tentang Standar Kelulusan dan soal-soal ujian. Hal ini penting sekali dilakukan oleh teman-teman semua karena dengan mempelajari SKL dan soal ujian akan menjadikan kita lebih mudah dalam memahami bentuk soal ujian besok. Sebagai gambarannya adalah memastikan materi-materi pokok yang akan di ujikan tahun ini. Coba deh teman-teman mencari sumber dari guru atau internet untuk melihat SKL dan kisi-kisi soal ujian. Dengan begitu, maka kita akan lebih tahu soal-soal yang di susun oleh tim pembuat soal dari badan standar nasional pendidikan (BSNP). Bagi yang belum tahu tentang SKL dan kisi-kisi soal coba kllik di sini.

Mengetahui Tentang Tata cara Mengerjakan Soal UNBK 

Ujian UNBK berbeda dengan ujian tahun dulu yang masih berbasis kertas. Kalau sekarang seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi di bidang computer menjadikan kemudahan dalam mengerjakan soal. Kenapa? Karena ujian yang berbasis komputer  sangat efektif dan praktis dalam penggunaannya. Sehingga, kita bisa lebih konsentrasi dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Adanya UNBK kita juga harus mengetahui tentang bagaimana cara menggunakan computer yang baik dan benar sesuai dengan prosedur dalam mengerjakan soal-soal yang ada.  Jangan ada istilah dalam kiri kita sebagai orang yang  gaptek atau ragu setiap kai menggunakan komputer. 

Apabila ini terjadi, justru teman-teman semua akan kebingungan dan khawatir takut salah. Oleh sebab itu, tentunya kita harus lakukan latihan-latihan dalam mengerjakan soal dengan komputer pada jadwal simulasi. Biasanya setiap sekolah sebelum ujian nasional berlangsung. Pasti melakukan simulasi ujian dan gladi sebagai bentuk latihan awal bagi siswa.

Teliti Dan Gunakan Waktu Sebaik Mungkin Dalam Mengerjakan Soal 

Pada saat mengerjakan soal ujian sebaiknya lakukan dengan dengan hati-hati dan teliti terhadap soal yang sedang di kerjakan. Usahakan jangan terburu-buru dalam mengerjakan soal, pahamilah petunjuk soal pada setiap nomor yang ada. Serta manfaatkan waktu sebaik mungkin saat ujian berlangsung. Jangan sampai terjadi, waktu selama ujian kalian sia-siakan begitu saja untuk ngobrol atau melakukan hal lain yang kurang bermanfaat. Coba koreksi kembali hasil yang sudah di kerjakan, apabila waktu yang di tentukan masih lama gunakan untuk meneliti kembali jawaban yang sudah di kerjakan. Karena siapa tahu ada yang salah dalam pengisian jawaban atau salah dalam pengisian identitas peserta ujian. 

Selalu Percaya Diri Dalam Mengerjakan Soal Ujian

Pentingnya sikap percaya diri dalam mengerjakan soal perlu dimiliki oleh teman-teman semua. Mengapa bisa demikian? Percaya diri adalah bagian dari rasa yakin terhadap sikap yang akan diambil. Sikap yakin disini maksudnya adalah sikap dalam menjawab soal-soal ujian sesuai dengan pilihan hati masing-masing. Bukan dari jawaban atas contekan dari orang lain atau pun dari cara lain yang di masuk akal untuk menjawab soal yang ada.

Teman-teman jangan khawatir atas jawaban yang kalian pilih. Asalkan sebelum ujian UNBK berlangsung kalian sudah belajar dengan rajin, tentu rasa percaya diri akan timbul dengan sendirinya. Namun, apabila teman-teman merasa khawatir dengan jawaban kalian sendiri maka siap-siap waktu yang di gunakan untuk mengerjakan soal akan terbuang begitu saja. Nah! Sebagai penambah motivasi pada saat akan menghadapi ujian UNBK.

Selama Ujian Ikuti Prosedur Dan Mengerjakan Soal Yang Di Anggap Mudah Dulu

Buat teman-teman semua selama mengikuti ujian, cobalah baca dan pahami tentang bagaimana cara sebelum dan akan mengerjakan soal. Jangan gegabah atau terburu-buru mengerjakan soal tanpa memperhatikan prosedur. Lihatlah petunjuk yang diberikan oleh pengawas dan proktor di dalam ruang ujian. Seperti pada saat mengisi identitas pribadi dan memasukkan kata kunci sebagai token untuk login ke soal-soal ujian. Usahakan waspada dan selalu perhatian dengan langkah-langkah yang diberikan oleh seorang proktor dari awal mulai ujian sampai selesai.

Selain itu, pada saat mengerjakan soal coba kerjakan soal yang menurut kalian anggap sebagai soal yang mudah. Kerjakan soal-soal tersebut dengan teliti dan pahami tentang apa yang di tanyakan dalam petunjuk soal. Apabila  soal yang kalian anggap mudah sudah selesai di kerjakan, coba beralih ke soal yang kalian yang kalian anggap sulit. Kerjakan dengan teliti, yakin dan sungguh-sungguh.

Membuat tanda pada kategori soal-soal ujian

Berdasarkan soal UNBK yang akan di laksanakan dalam waktu dekat ini, dimana soal tersebut adalah jenis soal yang menggunakan model soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Model soal HOTS adalah model pembelajaran dari soal yang berorientasi pada keterampilan berfikir tingkat tinggi. Sebagai bentuk gambarannya, soal dibuat dengan rentan kriteria soal yang di buat dalam kategori soal yang sulit, sedang dan mudah. Nah! Oleh karena itu, coba teman-teman semua untuk membuat tanda dalam soal tersebut seperti soal yang menurut kalian sulit di beri tanda silang (x), soal yang menurut kalian sedang di beri tanda min (-) dan soal yang menurut kalimat di anggap mudah di berita tanda plus (+). Dengan cara seperti ini, kalian diharapkan dapat mengetahui jenis soal sesuai dengan tingkatannya antara  soal yang sulit, sedang dan mudah. Selain itu, dengan cara ini juga kalian dapat mengetahui seberapa besar hasil nilai akhir yang kalian peroleh dari soal-soal tersebut.



Demikian ulasan mengenai Cara Paling Mudah Agar Lulus Ujian UNBK tahun ini. Mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel