-->

Pengertian Tujuan Dan Fungsi Pelaksanaan UNBK

UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK)

TUJUAN UNBK

Hai teman-teman semua, terimakasih sudah mampir di blog kami mau BELAJAR LAGI. Pokoknya jangan putus asa untuk belajar ya? Nah, buat teman-teman semua yang tahun ini akan mengikuti ujian bagaimana persiapannya. Siapkah kalian mengikuti ujian tahun ini! Jangan takut ya? Pokoknya persiapkan segala sesuatunya dari sekarang!

Ujian nasional sekarang itu berbeda dengan tahun-tahun lalu loh! Dimana ujian nasional tersebut sudah berbasis UNBK alias online. Coba buat teman-teman BELAJAR LAGI dari apa itu UNBK? Sudah tahu belum? Jadi UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah merupakan salah satu bagian dari ujian yang Berstandar Nasional, baik dari jenjang sekolah SMA/SMK/MA maupun SMP/MTS dimana ujian tersebut dilaksanakan dengan menggunakan sistem aplikasi media komputer. 

Ujian UNBK berbeda dengan ujian tahun-tahun lalu yang pelaksanaannya masih menggunakan kertas atau yang lebih di kenal dengan sebutan PBT (Paper Based Test). Sedangkan untuk UNBK di kenal dengan sebutan CBT (Computer Based Test). 


Nah..! sekarang apa itu fungsi dan tujuan UNBK? Dalam hal ini, untuk pemerintah Indonesia melalui KEMENDIKBUD mencoba untuk menerapkan sistem ujian nasional berbasis komputer secara menyeluruh di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Adapun fungsi dan tujuan pelaksanaan UNBK adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan. Selain itu, dalam pelaksanaan UNBK juga sebagai program utama yang bertaraf nasional pemerintah pusat.


UNBK dengan sistem internet telah terintegrasi secara langsung dengan aplikasi jenjang sekolah masing-masing. Aplikasi tersebut seperti tentang data DAPODIK, SIMPATIKA, E-RAPOR, EMIS, ARD dan aplikasi lain.Hal ini memudahkan kita dalam melaksanakan ujian nasional. Karena data dalam aplikasi tersebut saling terkoneksi secara langsung tanpa batas waktu dan ruang. Asalkan terdapat jaringan internet yang memedai dan di dukung oleh sarana yang menunjang tentu pelaksanaan ujian nasional dapat di laksanakan dengan baik.

Selain itu, fungsi dalam melaksanakan UNBK di setiap sekolah adalah memudahkan bagi siswa dalam mengerjakan soal ujian dan hasilnya pun langsung terhubung ke pemerintah pusat secara online. UNBK dapat di jadikan sebagai patokan oleh setiap sekolah untuk selalu berbenah dalam mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Di sisi lain pelaksanaan UNBK bagi siswa diharapkan dapat menghasilkan generasi penerus yang berintelektual dan bersaing di kalangan siswa yang lain. Lulusan sekolah yang berkualitas berdaya saing dan mampu menumbuhkan minat belajar untuk tahun-tahun berikutnya.



Demikian ulasan mengenai Pengertian UNBK Tujuan dan Fungsi UNBK. Semoga bermanfaat! Terimaksih!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel