Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Teks Puisi Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Ganjil Lengkap Untuk Tingkat SMP/MTs

Contoh Teks Puisi

contoh teks puisi

Hai.. apa kabar teman-teman semua, terimakasih sudah mampir di blog admin belajar lagi. Semoga kita selalu diberi kemudahan dalam belajar. Nah..! pada kesempatan kali ini, admin akan mencoba memberikan contoh tentang teks puisi. Tapi sebelumnya, apakah teman-teman pernah membaca puisi? Kalau pernah puisi tentang apa? 

Pada bagian ini, di harapkan buat teman-teman untuk bisa mengenal dan memahami puisi dari segala tema. Karena ini sangat penting sekali untuk pendalaman teman-teman dalam menjiwai puisi.Apakah teman-teman pernah membacakan puisi di depan orang banyak pada saat acara-acara tertentu. Apakah teman-teman pernah membuat puisi sendiri! 

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang di tulis dengan mengunakan pilihan kata yang indah. Bahasa dalam puisi di pengaruhi oleh kesesuaian kata dalam dalam kalimat yang bebas dan berkesan mengandung nilai-nilai moral. Penting sekali buat teman-teman untuk memahami setiap kalimat pada puisi. Karena dengan begitu kalian akan mudah untuk menjiwainya dan mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam puisi tersebut.

Tema adalah bagian yang paling mendasar dalam puisi. Tema menjadi titik persoalan dari ungkapan seorang penyair. Setidaknya ketika teman-teman akan membacakan puisi harus tahu dulu secara utuh makna yang ada dalam puisi tersebut. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah teknik dalam membaca puisi seperti teknik pelafalan, teknik intonasi, teknik ekspresi dan teknik gesture berkaitan dengan gerak atau perpindahan pada tubuh. 



Apabila teman-teman ingin mencari puisi untuk keperluan pribadi, baik tugas sekolah atau sebatas menyalurkan hobi. Silahkan nanti di download aja filenya. Karena pada dasarnya orang yang dapat membacakan puisi dengan baik adalah mereka yang dapat menghayati dengan rasa yang mendalam penuh dengan penjiwaan. 

Sebagai bahan referensi, apabila teman-teman membutuhkan. Buat teman-teman yang lagi butuh referensi untuk membaca puisi silahkan kalian download link yang admin berikan pada bagian di bawah ini. Kumpulan puisi karya Chairil Anwar dan Ws Rendra. 


Demikian ulasan mengenai teks puisi. Mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih!!