-->

Kumpulan Soal Uraian Teks Iklan Slogan dan Poster

Kumpulan Soal Uraian Bahasa indonesia

Tugas Mandiri Bentuk Uraian 


Hai teman – teman! Apa kabar hari ini. Tetap semangat belajar ya? Nah! kali ini, kita akan belajar mengerjakan soal bahasa indonesia kelas VIII tentang iklan, logan, poster. Soal yang akan kita bahas adalah soal dalam bentuk uraian. Jadi buat teman-teman yang belum tahu contoh soal tentang materi iklan, slogan, dan poster, mari kita pelajari bersama. Hehe…! 

Tuliskan struktur pada teks iklan!


Jawab : Perlu di ketahui bersama bahwa struktur teks iklan ada tiga, yaitu bagian judul, bagian nama produk dan bagian deskripsi. Bagian judul adalah bagian yang sangat penting dalam iklan. Setiap iklan harus memiliki judul, karena dapat mewakili suatu produk yang akan ditawarkan. 

Bagian judul harus sesuai dengan jenis pruduk, baik itu jenis barang maupun jasa. Setiap orang mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan tentu setelah membaca judul. Jadi judul sangat menentukan produk. Kemudian yang kedua adalah bagian nama produk. 

Pada bagian ini, nama produk bermanfaat sebagai istilah nama dari produk atau jasa yang ditawarkan. Setidaknya nama produk harus sesuai dengan jenis produk. Bagian yang ketiga adalah bagian deskripsi. Pada bagian ini, tidak kalah pentingnya dengna bagian judul dan nama produk. Bagian deskripsi sekiranya menjelaskan tentang deskripsi atau gambaran mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. 

Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis iklan!


Jawab : Tentu ini adalah pertanyaan yang sering kali keluar dalam soal. Baik itu soal latihan atau soal ulangan. Mengenai jenis-jenis iklan ada dua, yaitu iklan media cetak dan jenis iklan media elektonik. Untuk iklan dalam media cetak seperti koran, majalah, buku, brosur dan lain-lain. Sedangkan iklan dalam media elektonik adalah televise, radio, film dan internet.

Buatlah kalimat dengan bahasa persuasif!


Jawab: Sebelum kita jawab pertanyaan ini, tentang contoh kalimat persuasif dalam iklan adalah sebagai berikut:
  • Mari kita gunakan produk dalam negeri.
  • Ayo jangan menunggu lama lagi. 
  • Demi keselamatan di perjalanan gunakanlah helm yang berstandar SNI.

Mengapa bahasa iklan harus komunikatif?


Jawab: Bahasa iklan harus dibuat komunikatif agar banyak orang mudah memahami tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Maksud lain dari komunikatif bahwa iklan di buat baik dan menarik. Bahasa yang komunikatif sama hal dengan bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Apa kreativitas mempengaruhi dalam penulisan iklan?


Jawab: Iklan yang menarik, karena kreatifitas yang bagus dalam mendesain bentuk iklan dengan penyajian yang padu antara tulisan dan gambar. Misalnya dalam penulisan teks iklan tidak dibuat bertele-tele. Namun dibuat yang singkat, sederhana dan sesuai dengan jenis iklan maupun jasa. Antara teks iklan dan gambar disesuaikan dengan perpaduan warna yang menarik.

Bagaimana agar iklan menjadi menarik?


Jawab: Agar iklan terlihat lebih menarik, ada bebeapa hal yang harus di perhatikan. Untuk yang pertama membuat iklan harus di sesuiakan dengan tulisan atau gambar. Kemudian yang dua teks iklan dibuat dengan singkat dan jelas. Sedangkan yang ketiga perduan antara warna dan bentuk iklan. 

Apa saja langkah-langkah dalam penulisan teks iklan!


Jawab: Untuk langkah-langkah dalam penulisan teks iklan adalah yang pertama membuat dan menentukan tema . Setelah itu membuat kerangka iklan dan menuliskan tentang pernyataan yang manarik perhatian orang lain. Kemudian yang ke tiga menyusun teks iklan dan menentukan jenis iklan. Menarkan solusi, menunjukkan bukti dan menawarkan harga. 

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis teks iklan?


Jawab: Beberapa hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis teks iklan adalah menghindari teks iklan yang bertele tidak sesuai dengan jenis iklan yang akan dipasarkan. Menentukan jenis sasaran pada media yang akan di gunakan. Membuat skema daftar harga penjualan.

Bagaimana penggunaan bahasa dalam iklan.


Jawab: Penggunaan dalam bahasa iklan dibuat dengan teks yang menarik, singkat dan jelas sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini di lakukan agar orang lain dapat memahami iklan dengan jelas.

Apa saja kegunaan dari poster?


Jawab: poster berguna untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang. Selain itu, poster juga dibuat dengan tujuan untuk mengajak, membujuk masyarakat agar mengikuti maksud yang ada poster tersebut. Misalnya poster tentang kesehatan yang isinya adalah mengenai pentingnya kesehatan pada tubuh manusia. Poster ini secara tidak langsung akan mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan pada tubuh. 

Sebutkan ciri kebahasan dalam teks iklan!


Jawab : Adapun kaidah penggunaan bahasa dalam poster yaitu menggukanan kalimat yang mendandung sloga. Terdapat kalimat persuasif yang bersifat ajakan atau mengajak. Menggunakan subjek orang sebagai bentuk kata ganti, baik orang pertama pertama, kedua ataupun ke tiga.

Sebutkan ciri-ciri bahasa dalam iklan?


Jawab: Untuk ciri-ciri bahasa dalam iklan adalah yang pertama bahwa bahasa yang digunakan bersifat objektif, tetapi dapat mempengaruhi pembaca atau orang lain. Kemudian menjelaskan produk atau jasa kepada masyarakat. Serta dalam bahasa iklan harus menuat fakta dan opini. 

Apa unsur – unsur dari poster?


Jawab: Pada poster lebih mengutamakan antara gambar, angka dan kata-kata. Menggunakan bahasa singkat, lugas, menarik dan komunikatif. Terdapat kesimpulan teks pada poster.

Bagaimana menuliskan iklan, slogan dan poster?


Jawab : Menuliskan iklan, slogan dan poster perlu membutuhkan pemahaman yang luar biasa. Pemahaman dan kreativitas untuk merangkai dan menyusun iklan slogan dan poster menjadi lebih baik. Penggunaan bahasa yang komunikatif dan memakai gaya bahasa akan menambah daya tarik bagi khalayak umum.

Sebutkan unsur-unsur dalam teks iklan?


Jawab: Unsur-unsur dalam teks iklan meliputi bagian sumber, pesan, media, penerima, efek dan bagian umpan balik.

Buatlah contoh teks slogan!


Jawab: Malu datang terlambat, malu pulang lebih awal, kejarlah cita-citamu setinggi langit, hidup adalah perjuangan, jangan sampai penyesalan menyertaimu, jangan sia-siakan waktu masa mudamu.

Jelaskan yang dimaksud dengan slogan!


Jawab : Slogan merupakan bentuk kalimat pendek yang singkat atau pendek, menarik dan mudah di ingat. Kalimat slogan memiliki tujuan tertentu untuk membuat orang lain mengetahui maksud yang terdapat pada slogan.

Sebutkan jenis-jenis iklan!


Jawab: Jenis-jenis iklan terdiri iklan media cetak dan iklan medio eletronik.

Apa saja jenis iklan pada media cetak dan media elektronik!


Jawab: jenis iklan pada media cetak seperti koran yaitu iklan baris, iklan kolom, iklan display dan iklan advertoriral. Sedangkan jenis ikan pda media elektronik yaitu iklan dari televisi, radio, internet dan media sosial lainya.

Sebutkan ciri-ciri bahasa dalam iklan!


Jawab: ciri-ciri dalam bahasa iklan meliputi penggunanan bahasa yang singkat, menarik dan mudah di inggat. Memiliki daya tarik atau bersifat mengajak dan membujuk. Bahasanya tentang menawarkan produk atau saja. Bahasa yang digunakan tidak harus baku.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel