Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknologi yang Terinspirasi dari Struktur Jaringan Tumbuhan

Teknologi yang Terinspirasi dari Struktur Jaringan Tumbuhan


Inspirasi Teknologi Mengenai Struktur Jaringan Tumbuhan

Ruangbelajarlc - Ada beberapa teknologi yang terinspirasi dari struktur dan jaringan tumbuhan yang dapat diaplikasikan untuk pemenuhan kebutuhan hidup yaitu :

1. Sensor Cahaya

Lampu yang sensitif pada perubahan cahaya seperti layaknya tumbuhan disebut sebagai fotoreseptor. Misalnya saja lampu yang digunakan untuk penerangan di jalanan bisa menyala ataupun mati secara otomatis dikarenakan adanya sensor cahaya fotoresistor. 

Fotoresitor sendiri merupakan teknologi yang dapat diubah nilai hambatan listrik melalui penyinaran cahaya tersebut. Mekanisme pada lampu penerangan jalan inilah yang terinspirasi dari tumbuhan kaktus pada bagian stomatanya.


2. Panel Surya

Pada saat matahari menabrak permukaan panel surya sehingga menyebabkan elektron (partikel penyusun atom yang bermuatan negatif) bergerak melalui suatu konduktor dan mengubahnya menjadi arus listrik. 

Panel surya dilengkapi oleh sel-sel surya yang mampu menangkap sinar matahari serta mengubahnya menjadi sebuah energi listrik. Mekanisme pembuatan panel surya ini terinspirasi dari pemfotosintesisan pada tumbuhan. Sama seperti kroloplas yang bisa menangkap sinar matahari serta mengubahnya menjadi energi kimia.


3. Lapisan Pelindung dan Pengilap

Pada permukaan daun talas apabila kita mengamatinya menggunakan mikroskop maka akan terlihat lapisan tebal yang menyelimuti daunnya yang disebut kutikula. Kutikula tersusun dari senyawa lipid berupa lilin dan polimer hidrokarbon berupa kutan. 

Kedua senyawa tersebut sifatnya hidrofobik yaitu tidak suka air, menyebabkan air yang mengenai lapisan ini tidak akan membasahi daun tersebut. Lapisan lilin njuga mampu mencegah menempelnya kotoran dan debu sehingga daunnya tetap menjadi bersih. Mekanisme ini yang kemudian diterapkan pada lapisan pengilap, pembersih, cat yang tahan air dan tidak mudah kotor, dan lain sebagainya.


4. Alat Pemurnian Air

Akar tanaman yang terdapat pada tumbuhan eceng gondok berbentuk serabut-serabut yang banyak dan rapat, sehingga akar-akar tersebut dapat menyerap partikel-partikel terlarut dalam air dan membuat air menjadi bersih. Bahkan zat-zat berbahaya seperti racun pun dapat diserap oleh eceng gondok.


Demikianlah pembahasan kali ini mengenai beberapa teknologi yang terinspirasi dari struktur jaringan pada tumbuhan, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.