Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Teks Inspiratif, Ciri dan Tujuan

jenis teks inspiratif, fungsi, tujuan utama, model dan alur yang digunakan dalam teks inspiratif materi kelas 9

Ruangbelajarlc - Terdapat dua jenis teks inspiratif, yaitu fiksi dan non fiksi. Nah, untuk kali ini kami akan memberikan ulasan singkat mengenai jenis teks inspiratif, fungsi, tujuan utama, model dan alur yang digunakan dalam teks inspiratif. 

Namun, apabila yang dicari adalah materi lengkap tentang materi teks cerita inspiratif  dan juga struktur teks cerita inspiratif yang ada dalam cerita inspiratif dapat melihat postingan kami yang sebelumnya.

Pengertian teks inspiratif sendiri adalah sebuah karangan atau cerita yang berisi kejadian yang mengandung inspirasi memotivasi pembaca. Teks cerita inspiratif dapat dikatakan sebagai teks inspirasi. 

Materi lengkap tentang teks cerita inspiratif kelas 9

Setiap teks inspiratif tentu memiliki unsur cerita yang mengandung bagian penting. Seperti tokoh, alur, latar, tema, amanat sudut pandang dan lain sebagainya. Terdapat tokoh yang nyata atau yang bersifat khayalan atau rekaan. 


Jenis teks cerita inspiratif

Dalam cerita inspiratif terdapat dua jenis, yaitu fiksi dan non fiksi. 

Nonfiksi

Karangan yang diceritakan berdasarkan kisah cerita sebenarnya, tanpa ada penambahan rekayasa yang dibuat-buat. Cerita nonfiksi membuat peristiwa yang dialami oleh tokoh  sesuai dengan kebenarannya. Cerita ini seperti sebuah perjalanan hidup yang dilalui dengan menghadapi berbagai masalah yang bernar-benar terjadi. 


Fiksi

Kalau cerita fiksi, tentu dalam kisah yang dialami tokoh bukanlah kisah yang sesungguhnya. Cerita ini hanya menjelaskan tentang gambaran perjalanan hidup seseorang berupa khayalan. Seseorang yang berusaha berjuang melewati permasalahan hidupnya hanya berdasarkan konsep rekayasa semata. Tidak ada unsur kenyataan yang ada didalam cerita. 

Tetapi, sebenarnya dalam cerita fiksi dapat memberi nilai teladan bagi pembaca sebagai motivasi untuk mengambil hikmah dari cerita tersebut. Jika kita simpulkan dalam cerita inspiratif, baik yang fiksi maupun nonfiksi yaitu

Cerita inspiratif fiksi adalah salah satu jenis teks inspiratif yang menceritakan peristiwa nyata seorang tokoh beserta dengan latar sebenarnya, sedangkan cerita inspiratif nonfiksi merupakan jenis cerita inspirasi yang menceritakan kisah fiksi atau khayalan.


Tujuan utama teks cerita inspiratif

Sedangkan untuk tujuan utama dalam teks cerita inspiratif adalah untuk memberi nilai kebaikan kepada pembaca agar pembaca dapat tergugah dan memotivasi kepada dirinya sendiri. Selain itu tujuan yang lain adalah sebagai berikut : 

  1. Menambah rasa percaya diri
  2. Memberi petunjuk dalam menyelesaikan masalah
  3. Menambah semangat dalam berusaha
  4. Menjadikan cerita inspiratif sebagai ilham
  5. Untuk mengetahui cara menyelesaikan masalah
  6. Untuk memberi dorongan batin maupun fisik agar selalu kuat dalam menghadapi masalah
  7. Menjadikan masalah sebagai ujian dan tantangan hidup yang akan dihadapi

Dari sekian banyak kisah dalam cerita sesesorang yang dapat menginspiratif, tentu secara tidak langsung akan membuat kita semakin tau bagaimana cara menyelesaikan masalah. Demi terwujudnya kesuksesan, kebahagiaan yang diinginkan oleh seseorang.


Fungsi dari teks cerita inspiratif

Karena dalam cerita inspiratif mengisahkan tentang perjalanan hidup yang alami oleh tokoh, maka teks cerita inspiratif berfungsi sebagai berikut :

  1. Dapat menginspirasi banyak orang
  2. Dapat melakukan hal-hal yang positif
  3. Dapat mengetahui nilai-nilai kebaikan
  4. Sebagai pandangan hidup dalam menyelesaikan masalah
  5. Untuk mendorong dan memotivasi seseorang yang mengalami hal yang sama
  6. Sebagai sarana untuk mengetahui isi cerita inspiratif


Model teks cerita inspiratif 

Terdapat tiga model dalam teks cerita inspiratif yaitu 

1. Narasi informatif/ekspositoris

Merupakan sebuah karangan yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai kejadian yang sebenarnya. Sebagai contoh seperti teks inspiratif yang berjudul Perang Surabaya, Perang Pangeran Diponogoro, Perjuangan Kemerdekaan Indonesia dan lain-lain.

2. Narasi artistik

Merupakan sebuah karangan yang mengisahkan kejadian yang dialami oleh tokoh dengan mengedepankan nilai estetis kepada pembaca. Dalam narasi artistik dapat berupa cerita yang bersifat fiksi maupun nonfiksi. Contoh judul dalam cerita narasi artistik yaitu Pertarungan di pagi buta.

3. Narasi Sugestif

Merupakan karangan yang dibuat dengan tujuan untuk memberi kesan kepada pembaca secara sembunyi. Kisah dalam cerita sugestif membuat pesan secara tersirat. Contoh dalam cerita inspiratif seperti yang berjudul Apa yang ditaman, pasti akan dituai.


Alur dalam teks cerita inspiratif

Dalam alur cerita pada teks inspiratif, tentu menggunakan alur yang bersifat maju, mundur dan juga campuran. Alur tersebut menjelaskan kejadian yang dialami oleh tokoh ketika mengalami masalah, sampai menyelsaikan masalah, hingga berada pada titik puncak keberhasilan yang dicapainya. 


Demikian penjelasan singkat mengenai jenis teks inspiratif, fungsi tujuan utama, model dan alur yang digunakan dalam teks inspiratif. Semoga bermanfaat. Terimakasih!