Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Struktur Teks Cerita Inspiratif

Struktur Teks Cerita Inspiratif

Ruangbelajarlc - Struktur Teks Cerita Inspiratif. Materi bahasa indonesia tentang teks cerita inspiratif akan kami beri ulasan mengenai struktur teks cerita inspiratif.

Teks cerita inspiratif merupakan salah satu teks yang mengambarkan tentang peristiwa atau kejadian yang dialami oleh tokoh. Dimana dalam peristiwa tersebut, terdapat berbagai masalah yang dihadapi oleh tokoh sehingga membuat tokoh harus berjuang menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Teks cerita inspiratif disebut juga dengan teks narasi yang mengisahkan kejadian tokoh. Didalam cerita narasi terdapat nilai-nilai positif, menginspirasi serta memotivasi bagi pembaca atau pendengar.


Struktur Teks Cerita Inspiratif

Untuk mengetahui struktur cerita inspiratif, maka kita harus memahami betul peristiwa atau kejadian yang dialami oleh tokoh dalam cerita. Terdapat lima bagian dalam struktur teks cerita inspiratif, yaitu bagian orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda.


Karakteristik teks cerita inspiratif

Membuat teks cerita inspiratif, tentu harus mengetahui karakteristiknya. Karena karakterisktik dari cerita inspiratif akan memudahkan kita untuk mengetahui setiap bagian yang nantinya akan dibuat.Karakteristiknya yaitu sebagai berikut ;

  1. Memiliki permasalahan yang dialami oleh tokoh
  2. Memiliki alur cerita yang jelas
  3. Dapat berupa cerita fiksi maupun non fiksi
  4. Memiliki konflik, baik secara batin maupun fisik
  5. Terdapat penyelesaian masalah yang dialami oleh tokoh dengan jelas.
  6. Terdapat jalan keluar yang dapat dilakukan oleh tokoh.
  7. Terdapat penjelasan perubahan yang dialami oleh tokoh dengan akhir kebahagiaan.


Struktur teks cerita inspiratif

Adapun penjelasan mengenai struktur teks cerita inspiratif yaitu :

  1. Orientasi
  2. Komplikasi
  3. Evaluasi
  4. Resolusi
  5. Koda


Orientasi

Bagian ini menjelaskan tentang pengenalan tokoh, alur, penokohan serta dalam cerita. Orientasi memberikan gambaran umum kepada pembaca atau pendengar mengenai tokoh-tokoh dalam cerita. 

Komplikasi

Bagian yang berisi tentang puncak permasalahan (klimaks) yang dialami oleh tokoh. Kemudian tokoh dapat mengatasi permasalahan tersebut untuk menuju kebangkitan.

Evaluasi

Bagian yang yang berisi mulai munculnya suatu permasalahan. Dalam bagian ini pula seorang tokoh akan mencari jalan keluar untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

Resolusi 

Bagian ini berisi tentang cara untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi oleh tokoh.Sehingga tokoh dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan baik.

Koda

Bagian yang berisi tentang amanat atau pesan kepada pembaca mengenai perjuangan tokoh dalam mengatasi masalah yang dihadapi. 


Berdasarkan struktur teks cerita inspiratif diatas, maka didalam membaca cerita inspiratif tentu kita harus benar-benar mengetahui bagian setiap strukturnya. Dengan begitu, maka kita akan mudah memahami dan mendapatkan nilai positif dalam cerita. Teks cerita inspiratif dapat memberi motivasi, dorongan dan dukungan kepada pembaca agar pembaca dapat mengambil hikmah dalam cerita.