Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Teks Cerita Inspiratif

Materi teks  cerita inspiratif lengkap kelas 9

Ruangbelajarlc - Materi Teks Cerita Inspiratif Kelas 9. Hai teman-teman, yang kali ini sedang mencari bahan materi teks cerita inspiratif, maka kami akan memberikan ulasan singkat tentang materi tersebut. 

Mungkin teman-teman ada juga yang mencari bahan materi lain mengenai teks cerita inspiratif untuk mengerjakan soal seperti :

  1. Jelaskan apa itu teks cerita inspiratif?
  2. Apa saja isi dari teks cerita inspiratif?
  3. APa saja unsur unsur teks cerita inspiratif?
  4. Sebutkan 5 langkah dalam menyusun cerita inspiratif?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut tentu kami akan membantu teman-teman mencari jawabannya dalam bentuk uraian.

Baca juga : Struktur teks cerita inspiratif


1. Pengertian teks cerita inspiratif

Teks cerita inspiratif merupakan sebuah teks yang dibuat berdasarkan kejadian atau peristiwa, dimana dalam kejadian tersebut kita dapat mengambil hikmah atau nilai yang dapat diteladani. 

Teks cerita inspiratif merupakan ragam teks narasi yang mengisahkan suatu peristiwa atau kejadian yang berisi suatu permasalahan dan cara tokoh menyelesaikan permasalahan tersebut yang menginspirasi dan memotivasi pembaca atau pendengar untuk melakukan hal yang sama.

Teks cerita inspiratif bisa berupa sebuah ilham atau petunjuk yang diberikan melalui karangan. Kejadian yang mengandung inspirasi bagi pembaca atau pendengar. 


2. Struktur Teks Cerita Inspiratif

Teks cerita inspiratif tentu memiliki struktur yang ada didalamnya. Adapun strukturnya adalah sebagai berikut :

Orientasi

Bagian awal dalam cerita berisi pengenalan tokoh, alur, tema dan lain-lain.

Komplikasi

Bagian mulai munculnya permasalahan yang akan dihadapi oleh tokoh, dimana tokoh dapat melewati dan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Evaluasi

Bagian yang berisi tentang penanganan masalah yang dalamai oleh tokoh. Tokoh dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi harus berjuang dan berusaha. 

Resolusi

Bagian yang berisi tentang penyelesaian masalah atau permsalahan yang dialami oleh tokoh. Rosolusi menjadi penentu bagi tokoh, karena dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Koda

Bagian paling akhir, atau yang disebut dengan bagian amanat/pesan dalam cerita yang dapat diambil hikmah atau inspirasinya oleh pembaca.

Teks cerita inspiratif sangat mudah sekali untuk didapatkan. Biasanya hanya dengan melihat film dan membaca cerita kita dapat membuat cerita inspiratif. Meski terkadang banyak orang yang mengalami kesulitan dalam memahami cerita inspiratif, karena rentetan alurnya. Maka perlu dilakukan ulasan lagi untuk benar-benar membahami cerita inspiratif tersebut.


3. Ciri - ciri teks cerita inspiratif

Dalam cerita inspiratif memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Berupa kisah yang nyata atau fiktif
  • Didalam cerita memiliki kisah yang menarik 
  • Tokoh dalam cerita dapat diteladani
  • Terdapat permasalahan pada kejadian
  • Terdapat jalan keluar atau solusi untuk menyelesaikan masalah
  • Mengandung penyelesaian
  • Memiliki struktur cerita 

Apabila kita sudah mengetahui ciri - ciri teks cerita inspiratif, maka kita akan mudah memahami isi yang terkandung dalam cerita. 


4. Isi dari teks cerita inspiratif

Untuk mengetahui isi dari teks cerita inspiratif, biasanya kita harus benar-benar memahami dengan seksama dari setiap kejadian. Isi teks cerita inspiratif terbagi menjadi tiga bagian yaitu bagian awal, bagian tengah dan bagian akhir.

Bagian Awal cerita

Pada bagian ini, cerita yang dituangkan berupa gambaran singkat mengenai unsur cerita, seperti tokoh, alur, latar, penokohan. Misalnya dari saat tokoh mengalami tantangan atau hambatan dalam menyelesaikan masalah.

Bagian Tengah

Pada bagian ini, berisi tindakan yang dilakukan oleh tokoh saat mengatasi masalah-masalah yang sedang dihadapi. Meskipun dengan berbagai usaha untuk mencari keberhasilan agar keluar dari permasalahan tersebut.

Bagian Akhir

Bagian ini adalah bagian terakhir yang berisi tentang keberhasilan yang diperoleh oleh tokoh saat melakukan upaya dalam menyelesaikan permasalahannya. Dengan upaya yang dilakukan oleh tokoh tidak sia-sia, maka kesuksesan akan terwujud. Bagian dari isi cerita inspiratif memiliki tiga bagian. 


5. Unsur - unsur teks cerita inspiratif

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa unsur -unsur teks cerita inspiratif yaitu :

  • Tema
  • Tokoh
  • Penokohan
  • Alur
  • Sudur pandang
  • Amanat


6. Langkah - langkah dalam menyusun teks cerita inspiratif

Terdapat lima langkah dalam menyusun cerita inspiratif yaitu :

Memilih dan menentukan tema

Maksudnya adalah saat memilih dan menentukan tema sebaiknya mencari tema cerita yang miliki nilai-nilai inspirasi dari tokoh. Sehingga kita dengan mudah, membuat cerita inspiratif dengan benar.

Membuat kerangka dalam cerita

Membuat kerangka cerita menjadi bagian yang perlu dilakukan untuk menyusun cerita inspiratif. Misalnya dengan menentukan urutan alur kejadian yang nantinya dialami oleh tokoh. Kerangka cerita dibuat sebaik mungkin dengan memasukkan unsur masalah dalam cerita. 

Menuliskan pokok-pokok yang terkandung dalam cerita

Bagian ini, menjelaskan tentang pokok-pokok dalam cerita. Seperti nama tokoh, karakter tokoh, permasalahan yang dihadapi oleh tokoh, alur, latar dan sebagainya.

Membuat dan menentukan kejadian yang dialami oleh tokoh

Setiap kejadian setidaknya harus mengandung nilai yang dapat diambil oleh pembaca. Baik itu nilai positif maupun nilai yang dapat diteladani.

Mengembangkan cerita dengan berbagai cerita yang menginsipirasi bagi pembaca

Langkah ini adalah menyusun dan mengembangkan cerita dengan baik, yaitu dengan memanafaatkan unsur dalam cerita. Cerita dikembangkan sesuai dengan kejadian yang runtut.