Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyimpulkan Unsur-Unsur Teks Laporan Percobaan

Cara Menyimpulkan Unsur-Unsur Teks Laporan Percobaan. Pengertian teks laporan percobaan, struktur kaidah kebahasaan dan contoh teks laporan percobaan


Menyimpulkan unsur-unsur teks laporan percobaan

Ruangbelajarlc - Teks laporan percobaan sebenarnya sering kali kita lakukan dalam aktivitas sehari-hari. Contoh-contoh teks laporan percobaan ada banyak seperti percobaan dalam membuat makanan, kerajinan, percobaan penelitian atau pengamatan dan juga masih banyak lagi contoh yang lain. 

Lalu bagaimana cara menyimpulkan teks laporan percobaan dan apa saja unsur-unsurnya?

Jika ingin mengetahui apa saja unsurnya tentu harus mengetahui dan memahami apa pengertian dari teks percobaan itu sendiri. Teks laporan percobaan merupakan teks yang dibuat oleh seseorang/penulis setelah melakukan pengamatan atau penelitian mengenai suatu karya. 

Percobaan yang dimaksudkan adalah untuk mendapatkan data yang lengkap dan objektif berdasarkan objek yang diamati. Sedangkan menyimpulkan adalah salah satu kegiatan untuk mengambil inti atau menyampaikan pendapat dengan menggunakan bahasa sendiri berdasarkan pemahaman yang dimiliki. 

Tentu dalam menyimpulkan suatu teks harus sesuai dengan isi laporan percobaan. Karena jika tidak, maka hasil yang disimpulkan tidak akan sesuai dengan apa yang diamati.

Baca juga : Cara mengidentifikasi teks laporan percobaan

Teks laporan percobaan berisi suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan, atau pun eksperimen tertentu yang dibuat sesuai langkah-langkah dan prosedur. Hasil dari eksperimen nantinya akan disampaikan dalam bentuk keterangan berita dengan penjelasan yang lebih rinci. 

Memberitahukan kepada orang lain mengenai hasil yang didapatkan. Sesuai dengan strukturnya, bahwa teks laporan percobaan memiliki struktur yaitu sebagai berikut :

  1. judul
  2. tujuan
  3. alat dan bahan
  4. prosedur
  5. hasil pengamatan
  6. analisis 
  7. kesimpulan

Menyimpulkan teks laporan percobaan berarti menentukan hasil akhir saat melakukan percobaan dimana hasil tersebut dilaporkan kepada orang lain dengan data yang sesuai dengan pengamatan. 

Percobaan tersebut, apakah berhasil atau tidak. Apakah mudah atau tidak dalam melakukan percobaan dan bagaimana langkah-langkahnya. 

Sebagai contoh saat melakukan percobaan dengan membuat laporan tentang tenaga pembangkit listrik dengan menggunakan kincir air. Langkah yang harus dilakukan dalam membuat kesimpulan tersebut harus sesuai dengan uji coba yang dilakukan.

Selain menyimpulkan laporan percobaan, terdapat juga unsur-unsur teks laporan. Apa saja unsurnya?


Unsur Teks Laporan Percobaan

Setelah menyimpulkan laporan percobaan, maka yang perlu diketahui selanjutnya adalah tentang unsur-unsur yang mendukung laporan percobaan tersebut. Unsur-unsur penyusun teks tersebut berupa tujuan dari percobaan. 

Dengan kata kain bahwa unsur teks laporan percobaan mencakup struktur yang dimiliki. Terdapat tujuh struktur yaitu judul, alat dan bahan, prosedur, hasil pengamatan, analisis, dan kesimpulan atau saran.


Mengenai unsur dalam teks laporan percobaan, sebenarnya sama dengan struktur yang digunakan. Artinya ketika melakukan percobaan, maka secara tidak langsung penyusunan hasil dari kesimpulan bisa dibuat secara langsung.


Model Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh penulis dengan sistematik sesuai dengan susunan laporan. Model-model percobaan dapat berbentuk karya ilmiah, laporan praktikum atau sesudah melakukan percobaan.

1. Karya ilmiah

Karya ilmiah merupakan sebuah karangan yang bersifat ilmiah, dimana karangan tersebut dihasilkan berdasarkan pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu. 

2. Laporan Praktikum

Laporan praktikum adalah penjelasan lengkap mengenai percobaan yang dilakukan oleh seseorang. laporan ini digunakan untuk menganalisis prosedur percobaan yang dilakukan berdasarkan data yang diperoleh. Contohnya adalah melakukan uji praktik dalam pembuatan alat.