Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengidentifikasi Teks Laporan Percobaan Kelas 9 dan Contohnya

Mengidentifikasi Teks Laporan Percobaan Kelas 9 dan Contohnya, pengertian teks laporan percobaan dan contoh teks laporan percobaan.

Cara Mengidentifikasi Teks Laporan percobaan Kelas 9 Serta Contoh Membuat Teks Laporan Percobaan


Ruangbelajarlc - Tahukah kalian apa itu teks laporan percobaan? Apa tujuan dari pembuatan teks laporan percobaan dan bagaimana cara mengidentifikasi teks laporan percobaan? Nah! Untuk penjelasan kali ini kami akan menguraikan satu persatu mengenai teks laporan percobaan. Sederhananya adalah teks percobaan itu bagian dari hasil pengamatan. 

Namanya aja percobaan, tentu terdapat hasil yang telah dikerjakan atau dilakukan sebelumnya. Kemudian hasil dari pengamatan tersebut disampaikan atau dilaporkan kepada orang lain.

Sebagai contoh misalnya kita membuat makanan seperti keredok, pecel lele atau membuat jenis makanan lain. Tentu saat akan membuat "karedok" pasti harus mengetahui cara membuatnya dari mengumpulkan alat dan bahan, langkah-langkah serta proses membuatnya dari awal sampai akhir.

Dengan demikian nantinya makanan karedok ketika selesai dibuat, maka akan diketahui rasa yang diinginkan. Apakah pedas, sedang atau yang lain. Setiap langkah membuatnya harus disertakan dengan penjelasan data yang akurat. Jadi seperti inilah gambaran sedikit mengenai contoh teks laporan percobaan.

Baca juga : Unsur-unsur teks laporan percobaan

Teks laporan percobaan dibuat berdasarkan hasil dari pengamatan atau penelitian. Cara yang dilakukan untuk mengidentifikasi informasi pada teks laporan percobaan adalah dengan melakukan sebuah analisa. 

Sebelum melakukan kegiatan identifikasi ada baiknya mengetahui informasi terlebih dahulu. Informasi adalah kumpulan pesan atau pengetahuan. Informasi dapat ditemukan dari sumber buku, namun kita juga dapat menemukan dari sumber yang lain seperti pengalaman pada saat melakukan percobaan atau penelitian. 


Pengertian teks laporan percobaan

Jika kita sudah tahu tentang apa itu teks percobaan, maka dapat kita simpulkan bahwa teks laporan percobaan adalah teks dibuat berdasarkan hasil pengamatan atau penelitian, dimana hasilnya nanti dapat dipertanggungjawabkan kepada orang lain. 

Teks laporan percobaan tentu menjadi alasan jika pengamatan yang telah dibuat benar-benar menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Untuk melakukan percobaan tentu kita harus berfikir kritis dan antusias untuk memperoleh informasi yang akurat. informasi tersebut berupa fakta dan data yang dapat dipertanggung jawabkan. 

Apa yang dimaksud dengan mengidentifikasi informasi teks laporan? Mengidentifikasi teks laporan adalah untuk mendapatkan informasi atau isi yang berkaitan dengan percobaan apa yang dilakukan secara sistematis dan objektif.


Tujuan teks laporan percobaan

Tujuan utama teks laporan percobaan adalah untuk memperoleh informasi berkaitan dengan apa yang dilakukan dalam pengamatan. Informasi apa yang biasanya terdapat dalam teks laporan percobaan?

Ciri-ciri teks laporan percobaan 

  1. Dilakukan berdasarkan hasil pengamatan
  2. Hasilnya berupa laporan 
  3. menjelaskan tentang sebuah laporan
  4. Hasilnya dapat disimpulkan
  5. Terdapat kata istilah yang digunakan untuk penyebutan suatu hal.
  6. Memiliki struktur yang lengkap.

Teks laporan percobaan ideal, antara lain sebagai berikut :

  1. Menggunakan konjungsi atau kata penghubung
  2. Penglompokkan kata yang dilakukan berdasarkan kriteria tertentu


Fungsi teks laporan percobaan

Laporan percobaan merupakan keterangan atau informasi tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan berdasarkan fakta. fakta yang diinformasikan berkaitan dengan tanggung jawab kepada orang lain. 

Adapun fungsi teks laporan percobaan adalah sebagai berikut :

  1. Dapat dipertanggung jawabkan
  2. Sebagai landasan penelitian
  3. Alat untuk melakukan pengawasan
  4. Dokumen sebagai bahan studi


Informasi teks laporan percobaan

Pada sebuah laporan percobaan memiliki informasi yang dapat kita pelajari secara mendalam. cara mengidentifikasi informasi laporan percobaan antara lain sebagai berikut :

  1. Harus mengetahui struktur teks laporan
  2. Memuat berbagai informasi yang faktual
  3. Data atau fakta berdasarkan hasil penelitian atau pengamatan.


Struktur teks laporan percobaan

Terdapat tujuh bagian struktur teks laporan percobaan, yaitu ; bagian judul, tujuan percobaan, alat dan bahan, prosedur atau cara kerja, hasil pengamatan, analisis data dan pembahasan, kesimpulan atau saran


Contoh teks laporan percobaan

Perhatikan contoh dibawah ini tentang teks rekaman percobaan tentang cara membuat donat tabur meises. 

Resep Donat Kampung Tabur Meises

Donat adalah salah satu jenis makanan yang banyak disukai oleh setiap orang. Dari kalangan anak-anak, remaja bahkan orang tua. Donat jenis kue yang berbentuk bulat dengan bagian atas diberi tabur mesis atau gula. Bentuknya yang bulat dan berlubang dibagian tengahnya membuat kita mudah untuk memakannya.

Donat sendiri biasanya dibuat pada saat ada acara tertentu sebagai menu yang akan dihidangkan. Selain rasanya yang enak, ternyata membuat donat sangatlah mudah. Hanya dengan menggunakan bahan yang sederhana kita dapat membuat donat dengan sempurna. 

Apa saja bahannya, yuk! simak sampai selesai.

Alat dan Bahan-Bahan

  • 130 ml air hangat
  • 3 gram ragi instan
  • 3 sdm gula pasir

Bahan Adonan

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 2 butir kuning telur
  • 40 gram margarin
  • 1/4 sdt garam

Bahan Tambahan

  • meises cokelat
  • margarin untuk olesan

Cara kerja atau proses pembuatan donat

Yang pertama adalah dengan mencampur semua bahan biang hingga gula larut. Kemudian diamkan sekitar 10 menit hingga berbuih atau berbusa. Setelah itu masukkan tepung terigu dan kuning telur di wadah. 

Kemudian aduk-akuk sampai benar-benar merata. Setelah itu masukkan bahan biang dan aduk-aduk hingga rata. Selanjutnya masukkan margarin ke adonan dan aduk lagi. 

Setelah itu tutup adonan dengan menggunakan kain atau lap bersih. Jika sudah ditutup, kemudian diamkan adonan kurang lebih sekitar satu jam hingga mengembang.

Setelah itu tekan adonan agar udaranya keluar. Adonan yang dibuat kemudian ditimbang masing-masing kurang lebih sekitar 50 gram. Sekarang tinggal proses untuk membulatkan donat dan melubangi adonan donat. 

Jika sudah, langkah berikutnya adalah menggoreng donat dengan minyak panas dengan api kecil. Cukup sekali balik. Angkat dan tiriskan.

Langkah yang terakhir adalah memberi olesan margarin pada donat bagian atas dan juga menambahkan mesis cokelat. Dengan begitu cara membuat donat telah selesai, dan donat siap di hidangkan. Selamat mencoba!