-->

Contoh Teks Pidato Persuasif

Teks Pidato Persuasif

Contoh pidato teks persuasif

Teks pidato persuasif merupakan sebuah teks yang berisi tentang ajakan atau bujukan untuk mengikuti keinginan secara sukarela. Teks pidato persuasif di lakukan oleh seorang diri di depan khalayak ramai. Ia mencoba untuk meyakinkan orang lain dari apa yang di sampaikan melalui pidato. Jadi pidato merupakan sebuah proses penyampaian idea tau gagasan dari pembicara kepada orang lain.

Dalam sebuah teks pidato terdapat struktur pembangun, yaitu bagian pembukaan, isi dan penutup. Pada bagian-bagian ini harus ada dalam pidato persuasif. Namun lebih jelasnya sebelum ke contoh teks pidato, coba kita lihat dulu bagian dari ketiga strukturnya. 

Bagian pembukaan terdapat salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan rasa syukur. Bagian isi pidato terdapat penjelasan yang akan di sampaikan oleh pembicara dengan urutan yang jelas. Bagian ini di sebut juga dengan bagian inti tentang apa yang di sampaikan. Orang yang melakukan pidato di sebut orator.
Bagian penutup berisi tentang kesimpulan, permintamaafan dan di akhiri dengan salam penutup.



Contoh teks pidato persuasif
Lestarikan Bumi Ku

Bagian pembukaan

Assalamu’alaikum warohmatullahiwabarokatuh

Salam sejahtera untuk kita semua
Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air yang saya cintai. Melalui sebuah momen yang sangat tepat ini, perkenankan saya menyampaikan pidato dalam rangka hari lingkungan hidup untuk dijadikan renungan bagi saudara-saudara. Sebelumnya, marilah kita panjatkan rasa syukur kepada tahun yang maha esa atas segala limpahan rahmatnya kita dapat di karuniai kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul di tempat ini.

Bagian isi

Saudara-saudaraku,
Hampir setiap hari kita mendengar berita tentang adanya penebangan liar yang membabi buta yang di lakukan oleh oknum orang yang tidak mempunyai rasa tanggung jawab terhadap kelestarian alam. Sungguh hati ini merasa sangat prihatin atas kebiasaan buruk yang dilakukan oleh orang hanya sekedar untuk kepentingannya sendiri sebagai bisnis belaka. Berapa ribu pohon yang telah di tebang olehnya untuk kepentingannya sendiri yang sesaat, sedangkan anak cucu kita nanti harus bersusah payah mengembalikan kelestarian lingkungan ini. sudah berapa meter kubik yang mereka tebang, mereka jarah sendiri tanpa memperhatikan dampak di tahun yang akan datang. Bila ini terus terjadi, maka alam lingkungan ini akan berubah menjadi gersang dan siap mengancam kita. 

Saudara-saudaraku, 
Dengan kejadian ini, maka sadarlah bahwa lingkungan hidup merupakan sebuah ekosistem yang harus kita jaga dan kita lestarikan. Kita sebagai manusia yang sepantasnya menjadikan lingkungan hidup ini lebih indah lagi, bukan menebangi pohon secara liar. Apabila ini terus terjadi, maka dalam waktu yang tak terduga kita akan merasakan akibatnya.

Bagian penutup

Saudara-saudaraku
Oleh karena itu, sadarlah..! sudahlah untuk kegiatan merusak hutan, penebangan pohon secara liar. Mari mulai dari sekarang kita jaga kelestarian ini menjadi lebih indah lagi, lebih bagus lagi yang sebelumnya. Melestarikan hidup sebagai wujud syukur kita kepada maha pencipta. Berikan hak-hak anak cucu kita berupa alam yang lestari untuk kelangsungan hidup segenap komponen alam. Apabila kita sadar mulai dari sekarang untuk menjaga lingkungan alam sekitar, itu bagian yang sangat luar biasa sekali. Mari kita sama-sama saling mengingatkan antara satu sama yang lain untuk menjaga kelestarian alam. Saya merasa cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga kita dapat menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, terimakasih atas perhatian yang hadirin berikan. Apabila ada salah kata atau pun hal-hal yang kurang berkenan saya mohon maaf. 

Wassalamu’alaikum warahmatullahniwabarakatuh.



Demikian contoh teks pidato persuasif. Semoga bermanfaat. Terimakasih!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel