Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Struktur Teks Berita Beserta Contohnya

Struktur Teks Berita dan Contohnya


Memahami Struktur Teks Berita dan Contoh Berita

Ruangbelajarlc – Pada postingan artikel kali ini, kami akan memberitakan cakupan ulasan tentang struktur teks berita. Apa saja strukturnya? Nanti kita pahami bersama. Namun, sebelum kita bahas tentang struktur teks berita. Lebih baik kita pahami dulu pengertian berita. 

Berita adalah laporan peristiwa atau kejadian yang disampaikan secara langsung kepada orang lain. Berita bersifat umum dan aktual, artinya berita disampaikan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. 

Tidak ada yang diragukan lagi akan kebenarannya. Bukan hanya sebagai opini belaka, berita harus meyakinkan orang lain. Karena memuat informasi penting.

Nah buat kalian yang pernah membaca atau melihat berita secara langsung. Apakah kalian tahu bagaimana susunan  dari berita? Bagaimana strukturnya? 

Struktur Teks Berita dan Contohnya


Untuk mengetahui apa saja strukturnya, silahkan perhatikan penjelasan dibawah ini.


Struktur teks berita

Pada dasarnya berita dibuat berdasarkan struktur. Struktur berfungsi sebagai urutan dari informasi penting yang didalamnya terdapat unsur berita. Adapun struktur berita dengan model pola piramida terbalik adalah sebagai berikut :

1. Kepala berita

Bagian kepala berita atau disebut juga dengan bagian lead merupakan bagian yang berada pada awal paragraf atau bagian pembuka dalam berita. Bagian ini disebut juga dengan bagian orientasi berita yang berisi kalimat yang biasanya menjelaskan tentang gambaran singkat mengenai informasi yang diberitakan. 

Bagian kepala berita (lead) dalam susunan pola struktur piramida terbalik berada pada posisi paling puncak atau paling atas. Informasi pada bagian kepala berita memuat unsur berita yaitu 5W + 1H (what, who, when, where, why, dan how) atau ADIKSIMBA (apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana).

2. Tubuh berita

Pada bagian tubuh berita atau (body) berisikan tentang informasi mengenai proses kejadian suatu peristiwa dari awal sampai akhir. Bagian tutuh berita sangat diperlukan dalam membuat berita. Karena informasi dalam berita harus sesuai dengan fakta kejadian yang sedang dialami. 

Sebenarnya pada bagian ini juga berisikan penjabaran dari kepala berita. Penjabaran unsur berita dari 5W + 1H yang dibuat secara urut dan jelas. Bagian ini juga diartikan sebagai bagian peristiwa.

3. Ekor berita

Pada bagian yang terakhir adalah bagian ekor berita. struktur bagian ekor berita berisikan tentang informasi yang sebenarnya tidak penting. Namun, sebagai pelengkap dalam berita demi keaktualan informasi yang ada, maka pada bagian ekor berita juga berisikan tentang pendapat-pendapat dari nara sumber berita.

Bagian ekor berita jua sebagai bagian penutup yang memuat informasi simpulan dari berita yang dibuat. 

Dari struktur berita diatas, dimana terdapat tiga bagian penting yaitu kepala berita, tubuh berita dan ekor berita. Semuanya merupakan bagian yang paling utama dalam membuat berita. informasi-informasi penting akan mudah dipahami oleh pembaca apabila struktur beritanya jelas.

Selain daripada struktur berita, juga terdapat judul berita yang fungsinya juga sama-sama penting. Judul berita dibuat sebagai bagian awal utama ketika akan membaca berita. Bagian judul dibuat menarik dan dapat mewakili informasi secara keseluruhan dari berita itu sendiri. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat judul berita agar pembaca merasa yakin dan penasaran dengan informasi yang diberitakan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Memastikan judul berita sesuai dengan isi berita
  2. Judul berita dibuat dengan kalimat yang unik dan menarik
  3. Tidak menimbulkan kesan opini kepada pembaca
  4. Mengandung kalimat yang jelas dan efektif


Contoh teks berita sesuai dengan strukturnya

5 Kecelakaan Mobil Bus Terparah di Indonesia, 30 Orang Tewas

Dakarpost – Pada tanggal 12/7 Telah terjadi kecelakaan mobil bus di jalan tol cilawi 24 KM. Sebanyak 30 orang meninggal dunia dan penumpang yang lain mengalami luka-luka. Kondisi seperti ini adalah kecelakaan terparah di bulan ini di Indonesia.

Penyebab terjadinya kecelakaan di jalan tol Cilawi adalah sopir bus mengalami kelelahan dan mengakibatkan sopir bus hilang kendali dari konsentrasi. Sehingga tepat di KM 24 sudah tidak terhindar lagi, mobil bus menabrak pembatas jalan tol.

Menurut penumpang yang saat ini masih menjalani perawatan di RS. Jaya kusuma memberikan gambaran kronologi kecelakaan bus yang menimpanya saat itu. Menurutnya, “Saat itu mobil melaju dengan kencang dan entah kenapa sang sopir kehilangan kendali yang akhirnya menabrak pembatas jalan. Tuturnya”

Sementara sang sopir dan penumpang lainnya yang berjumlah 30 orang meninggal dunia di tempat kejadian. “Ini menjadi pelajaran dan kewaspadaan saat mengendarai kendaraan bus untuk tetap berhati-hati. Jangan sampai lengah atau pun lelah. Tambah penumpang lainnya. 


Pada contoh teks berita diatas pada bagian yang pertama adalah bagian judul. Sedangkan paragraf yang kedua sampai dengan paragraf adalah bagian kepala berita. Pada paragraf ke tiga adalah bagian tubuh berita, sedangkan pada bagian paragraf akhir yaitu paragraf atau wacana ke empat adalah merupakan bagian ekor berita. 


Demikian ulasan mengenai materi struktur berita beserta contohnya. Mudah-mudahan artikel dari postingan ini bermanfaat. Kami ucapkan terimakasih!