-->

Program guru penggerak

Program guru pengerak


Guru Penggerak

ruangbelajarlc - Setelah di luncurkan program guru penggerak oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan (kemdikbud) dipastikan akan meningkatkan kualitas pendidikan secara nasional meningkat. Mengingat guru penggerak adalah suatu program yang di jalankan di setiap sekolah-sekolah oleh guru yang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas.

Program guru penggerak sampai saat ini masih membuka peluang bagi para pendaftar (guru) yang ingin mengembangkan kompetensi pengetahuan dalam pembelajaran di sekolah. Seorang guru yang kreatif dan inovasi merancang tentang segala pengelolaan keadaan sekolah dan siswa.

Baca Juga : Informasi Penting Guru Penggerak

Dari administrasi sekolah, program pembelajaran sekolah sampai bagian pengenalan karakter kemampuan setiap siswa di sekolah. Semua ini, harus tercipta oleh guru-guru penggerak yang telah terpilih menjadi bagian dari program guru penggerak.

Tugas guru penggerak dalam mengembangkan pendidikan yang berkualitas tentu tidak semudah yang dibayangkan.Menjalankan program guru penggerak harus di dasari dengan ketulusan, kesabaran dan ke ikhlasan. 

Jangan sampai terjadi, saat mendaftarkan diri sebagai guru penggerak hanya sebatas iseng belaka. Tentu ini masalah besar!. Seorang guru penggerak di ibaratkan sebagai penghubung untuk memunculkan kemampuan siswa yang dimiliki. Baik secara pengetahuan maupun secara keterampilan. 

Menjadi seorang pengajar atau pendidik bagi siswa harus di sertakan dengan keahlian menerapkan keahlian khusus untuk terus berupaya memunculkan hal-hal baru dalam pembelajaran. 

Termasuk dalam hal penggunaan metode belajar atau penerapan sistem pembelajaran luar kelas yang edukatif. 


Harapan guru penggerak

Melalui program guru penggerak, diharapkan setiap sekolah dapat mempercepat peningkatan kualitas pendidikan antara lain :

  • Membuka forum belajar antara guru dengan siswa
  • Menumbuhkan semangat baru dalam belajar didalam maupun di luar kelas
  • Menjadi bagian dari kemajuan sekolah
  • Mendorong peningkatan dalam kegiatan belajar di sekolah
  • Menjadi pengajar yang bisa di jadikan contoh baik bagi setiap siswa
  • Dapat menjadi pemimpin dan pengarah bagi siswa dan guru lain di sekolah
  • Mengejar pengembangan dan kreatifitas siswa terhadap kemampuan yang di miliknya

Fokus utama guru penggerak di lingkungan sekolah adalah melakukan pembelajaran yang berpusat pada hasil belajar siswa. Guru penggerak sebagai mentor pembelajaran siswa di sekolah. Hasil belajar siswa sebagai capaian atas kemampuan yang dimilikinya. 

Fokus utama dalam program guru penggerak adalah memunculkan bibit-bibit baru bagi pendidik yang berpengetahuan luas dan berjiwa kepemimpinan, sehingga dapat menjadi contoh bagi guru-guru yang lain.

Beberapa kegiatan guru penggerak selama pelatihan adalah melalui pelatihan secara daring dan online, melalui lokakarya, forum, konferensi dan program pendampingan.

Pelatihan program guru penggerak dilaksanakan dalam waktu kurang lebih sembilan bulan yang buat dengan bentuk tahapan. Masing-masing tahap, berbeda antara satu dengan yang lainnya. 





Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel