Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah - Langkah Menyimpulkan Teks Berita

Langkah - Langkah Menyimpulkan Teks Berita


Menyimpulkan Berita

Ruangbelajarlc – Pernahkah kalian melihat atau membaca berita? Baik di media cetak atau di media elektronik? Berita merupakan sebuah informasi yang disampaikan dengan cara menggunakan media cetak dan media elektronik. Berita berisikan informasi yang sangat penting untuk diketahui oleh pembaca atau pendengar. 

Sebagai contoh media cetak adalah koran, majalah sedangkan media elektronik seperti TV, Radio, internet dan lain sebagainya. 

Pada saat kita membaca berita tentu kita harus memahami betul isi yang ada pada berita tersebut. Namun, apabila berita yang disajikan tidak dibuat secara runtut akan peristiwa atau kejadian tentu seorang pembaca atau pendengar akan kesulitan dalam memahami berita. Sehingga apa yang menjadi isi dalam berita akan sulit untuk disimpulkan.

Nah! Pada postingan kali ini admin akan memberikan langkah-langkah yang paling mudah digunakan untuk menyimpulkan sebuah berita. Buat teman-teman pembaca yang ingin mengetahui tentang langkah-langkah apa saja dalam menyimpulkan berita, mari baca artikel ini sampai selesai.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam menyimpulkan berita adalah sebagai berikut

  • Mendengarkan berita dengan seksama
  • Mencatat informasi penting
  • Mencatat pokok-pokok berita
  • Menyajikan berita menjadi pokok kalimat
  • Menyimpulkan berita
  • Menyampaikan berita secara lisan 


1. Mendengarkan berita dengan seksama

Langkah yang paling utama dilakukan untuk menyimpulkan berita adalah mendengarkan berita dengan seksama. Seksama maksudnya adalah mendengarkan dengan penuh perhatian pada topik atau isi berita. Kenapa hal ini dilakukan? Karena agar informasi yang ada dalam berita dapat mudah dipahami dengan memusatkan perhatian atau fokus pada isi bacaan.


2. Mencatat informasi penting

Langkah yang kedua adalah mencatat informasi penting atau point penting yang ada dalam berita. Informasi penting yang dimaksudkan adalah informasi yang dapat mewakili secara keseluruhan isi berita. Hal ini dapat dilakukan dengan memastikan unsur-unsur berita yaitu (5W + H). 


3. Membuat pokok-pokok berita

Langkah yang ketiga adalah membuat pokok-pokok berita yang lebih dikenal dengan istilah 5W + 1H (What, who, Where, when, why, how) . 

Contoh : 

  • What (apa) : Apa yang sedang terjadi?
  • Who (Siapa) : Siapa yang melakukannya?
  • Where (Dimana) : Dimana tempat terjadinya peristiwa itu?
  • When (Kapan) : Kapan waktu terjadinya peristiwa itu?
  • Why (Why) : Mengapa bisa terjadi?
  • How (Bagaimana) : Bagaimana kronologi kejadian peristiwa itu?


4. Menyajikan pokok berita menjadi kalimat

Langkah yang ke empat adalah menyajikan pokok berita menjadi kalimat. Maksudnya adalah 

Setelah mengetahui unsur berita 5W + 1H (What, Who, When,Where,  Why dan How) susunlah secara runtut unsur berita tersebut tersebut dengan membuat kalimat yang sesuai dengan isi berita. Maka dengan begitu, akan memudahkan proses penyajian berita untuk disimpulkan.


5. Menyimpulkan isi berita berdasarkan pokok-pokok berita

Langkah yang kelima adalah menyimpulkan berita berdasarkan pokok-pokok berita. Berita harus memuat informasi penting dan bersifat aktual. Peristiwa atau kejadian harus dijelaskan secara lengkap dan utuh apa adanya. Hal ini agar isi dalam berita tetap aktual dan mengandung informasi penting. 

Setelah menyajikan pokok berita menjadi kalimat, cobalah untuk disimpulkan lagi menjadi lebih ringkas. Tetapi jangan sampai menghilangkan informasi penting yang ada dalam berita. 


6. Menyampaikan isi berita secara lisan dan tulisan

Langkah yang terakhir adalah menyampaikan berita secara lisan dan tulisan. Berita disampaikan melalui media cetak dan elektronik. Sudah tentu ketika saat mendengarkan berita yang harus terpusat dalam pikiran kita adalah mengetahui informasi penting. 

Dari unsur berita (5W + 1 H) jangan sampai ditinggalkan. Sampaikan dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh orang lain. Menyampaikan berita secara lisan dan tulisan berdasarkan unsur berita yang ada akan memudahkan pembaca atau orang lain memahami isi berita tersebut. 


Demikian artikel yang dapat admin buat, mengenai langkah-langkah dalam menyimpulkan berita. Semoga bermanfaat. Terimakasih!