Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Meringkas Berita

Cara mudah meringkas berita

Ruangbelajarlc  - Pernahkah kalian ketika sedang mendengarkan berita kemudian kalian tanggapi berita tersebut? Jika pernah berita apakah yang kalian dengar? Tentu menanggapi sebuah berita sangatlah mudah, apabila kita tahu caranya. 

Namun, sebelum menanggapi berita yang didengar tentu hal yang dilakukan sebelumnya adalah membuat catatan penting  atau sebuah ringkasan. 

Untuk kali ini, admin akan memberikan cakupan tentang petunjuk cara yang paling mudah dan sederhana untuk meringkas.  Tetapi sebelumnya, kita pahami dulu tentang pengertian berita. 

Berita adalah informasi yang berkaitan dengan peristiwa a, kejadian atau informasi lain yang isinya bersifat aktual. Seiring kemajuan zaman, sekarang ini kemajuan teknologi berkembang begitu pesat. Penyampaian berita sangat mudah didapatkan dengan waktu yang sangat relatif cepat. Seperti halnya penyampaian berita melalui media elektronik yang berbasis internet.

Baca juga : Langkah cepat menyimpulkan berita


Meringkas berita

Ringkasan adalah hasil dari meringkas. Ringkasan merupakan penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk singkat dan efektif. Sedangkan meringkas yaitu membuat berita yang awalnya berita berbentuk panjang kemudian dibuat yang lebih singkat. Meringkas harus sesuai dengan isi berita yang memuat pokok-pokok berita (5W + 1 H) . 

Pokok-pokok berita

  • What : apa
  • Who : siapa
  • When : kapan
  • Where : dimana
  • Why : dimana
  • How : bagaimana

Dalam meringkas, selain mengetahui pokok – pokok berita juga harus memiliki bekal pengetahuan dan pemahaman yang luas mengenai berita yang disampaikan. Karena dengan bekal ini akan memudahkan proses dalam membuat ringkasan. 

Sebenarnya, meringkas sama halnya dengan membuat kesimpulan dalam berita. Informasi dalam berita dibuat pendek, tetapi dapat mewakili secara keseluruhan isi berita. Cara yang paling mudah untuk meringkas adalah mengetahui langkah-langkahnya terlebih dahulu. Seperti :


Langkah – langkah meringkas

  • Mendengarkan berita dengan seksama
  • Mencatat pokok-pokok berita
  • Membuat ringkasan 


Untuk penjelasan mengenai langkah-langkah meringkas, coba kita lihat contoh berita dibawah ini 

Lampung Catat Penambahan Kasus Harian Corona Tertinggi

Lampung, CNN Indonesia - Kasus harian penyebaran covid-19 di Provinsi Lampung terus mengalami kenaikan. Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung pada Minggu (18/7) kemarin menunjukkan jumlah kasus baru sebanyak 677.

Ini menjadi kasus harian tertinggi di Lampung sejak masa pandemi Covid-19. Penambahan jumlah kasus itu berasal dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

"Kasus harian pasien terinfeksi covid-19 di Provinsi Lampung terus mengalami penambahan. Minggu lalu, memang terbanyak kasus harian selama pandemi covid-19, yakni sebanyak 677 kasus. Dengan itu, total kasus covid menjadi 28.009 kasus," demikian dikutip dari data Dinkes Provinsi Lampung, Selasa (20/7).

(Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210721015653-20-670045/lampung-catat-penambahan-kasus-harian-corona-tertinggi)


Berdasarkan contoh berita diatas tentang  Lampung Catat Penambahan Kasus Harian Corona Tertinggi maka untuk memudahkan proses meringkas, kita ikuti langkah-langkahnya. 


1. Mendengarkan berita dengan seksama

untuk meringkas langkah yang pertama adalah mendengarkan berita dengan seksama atau membaca berita dengan penuh perhatian. Informasi yang ada pada bacaan memuat informasi penting yang nantinya akan dibuat sebuah ringkasan. Baca berita tersebut beberapa kali dengan memperhatikan pokok-pokok berita.


2. Mencatat pokok-pokok berita

Mencatat pokok-pokok berita sama halnya dengan mencari unsur berita yaitu mencari 5W + 1H (apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana) Contoh 5W + 1H dari berita diatas adalah 

What : apa yang terjadi : Lampung Catat Penambahan Kasus Harian Corona Tertinggi

Who : siapa korbannya : warga masyarakat Lampung yang terjangkit covid

When : kapan terjadi penambahan kasus covid di Lampung : Minggu (18/7) kemarin menunjukkan jumlah kasus baru sebanyak 677 dengan jumlah total kasus covid menjadi 28.009 kasus.

Where : dimana : di Lampung 

Why : mengapa : karena penyebaran virus covid yang sangat cepat

How : bagaimana : Upaya yang dilakukan untuk memutus penyebaran virus covid adalah dengan menjaga kebersihan dan melakukan penerapan sesuai dengan anjuran protokol kesehatan.


3. Membuat ringkasan

Setelah menemukan pokok-pokok berita langkah berikutnya adalah membuat ringkasan. Membuat ringkasan harus sesuai dengan iformasi yang ada dalam berita. Yang menjadi perbedaan adalah bentuk berita yang panjang dibuat menjadi berita yang singkat dan efektif. Tanpa menghilangkan informasi yang lainnya. 

Jika di baca berita tentang Lampung Catat Penambahan Kasus Harian Corona Tertinggi yang diterbitkan melalui media online www.cnnindonesia.com maka sebagai hasil ringkasanya yaitu :

Lampung Catat Penambahan Kasus Harian Corona Tertinggi

Lampung, CNN Indonesia - Kasus harian penyebaran covid-19 di Provinsi Lampung terus mengalami kenaikan. Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung pada Minggu (18/7) kemarin menunjukkan jumlah kasus baru sebanyak 677.

"Kasus harian pasien terinfeksi covid-19 di Provinsi Lampung terus mengalami penambahan. Minggu lalu, memang terbanyak kasus harian selama pandemi covid-19, yakni sebanyak 677 kasus. Dengan itu, total kasus covid menjadi 28.009 kasus.


Demikian cakupan materi tentang cara mudah untuk meringkas atau membuat ringkasan. Semoga bermanfaat. Terimakasih!