Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencegah Penyakit Peredaran Darah

Jenis Penyakit Pada Peredaran Darah dan Cara Mencegahnya


Materi IPA : Jenis Penyakit Pada Sistem Gangguan Peredaran Darah dan Cara Pencegahan Yang Paling Sederhana


Penyakit atau kelainan atau gangguan  pada sistem peredaran darah dan cara untuk mencegahnya atau menanggulanginya. Adapun jenis penyakit yang ditimbulkan karena peredaran darah yaitu :

  1. Anemia 
  2. Hipertensi
  3. Jantung Koroner
  4. Stroke
  5. Leukimia
  6. Varises

Ruangbelajarlc - Banyak hal yang dapat menjadi pemicu gangguan pada sistem peredaran manusia apabila kita kurang menjaga pola hidup sehat dan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Sistem peredaran darah pada manusia itu sangatlah kompleks.

Mengapa bisa demikian? Karena sistem peredaran darah memiliki fungsi sebagai alat transportasi oksigen, vitamin, energi, hormon, sari-sari makanan dan lainnya. Disini kami akan membahas materi singkat mengenai berbagai penyakit yang ditimbulkan akibat gangguan sistem peredaran darah dan cara yang dilakukan untuk pencegahan pada penyakit tersebut.


Jenis - Jenis Penyakit

1. Anemia 

Anemia dapat terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah (hemoglobin) yang mengakibatkan terganggunya produksi eritrosit sehingga memungkinkan tubuh mengalami kekurangan eritrosit. Anemia rentan terjadi pada wanita yang sedang mengalami haid atau menstruasi, ketika terjadi pendarahan hebat, ataupun kurangnya pasokan oksigen yang dihirup. 

Cara Pencegahan

Cara untuk mencegahnya yaitu dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau, buah-buahan yang kering, roti, ikan, ayam, dan makanan yang mengandung banyak zat besi lainnya.

Cara untuk menanggulanginya yaitu dengan cara mengonsumsi suplemen zat besi  dan vitamin C, serta diimbangi dengan tetap menjaga pola hidup sehat.


2. Hipertensi

Hipertensi atau biasa dikenal dengan tekanan darah tinggi akibatnya jantung bekerja lebih cepat dan dapat memecahkan pembuluh darah, dimana kondisi tekanan darahnya mengalami kenaikan yang abnormal atau diatas kadar normal darah.

Banyak hal yang memicu terjadinya hipertensi, misalnya obesitas, diabetes, kurang tidur, kurang olahraga, konsumsi garam berlebih, dan faktor keturunan. 

Cara Pencegahan

Cara untuk mencegahnya yaitu dengan beristirahat yang cukup, rajin olahraga, mengonsumsi makanan kaya serat, buah-buahan,sayuran, serta daging rendah lemak.

Cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu dengan konsumsi daun kemangi, konsumsi sayuran hijau yang tinggi serat dan kalium, serta beberapa jenis obat kimia yang diresepkan oleh dokter.


3. Jantung Koroner

Penyakit ini disebabkan karena penumpukan plak akibatnya arteri koroner mengalami penyempitan, sehingga dapat membatasi pasokan oksigen pada aliran darah menuju jantung. Penumpukan plak terjadi karena penumpukan kolesterol dan bebagai zat sisa hasil metabolisme dalam tubuh yang mengendap di arteri koroner.

Beberapa aktivitas yang biasanya dapat memicu terjadinya jantung koroner antara lain konsumsi makanan yang kaya lemak dan karbohidrat, sering merokok, serta gaya hidup tidak sehat lainnya.

Cara Pencegahan

Cara untuk mencegahnya yaitu dengan menerapkan pola gaya hidup sehat, rajin olahraga, mengurangi konsumsi makanan yang berlemak tinggi, tidak merokok, tidak minum alkohol, dan lainnya. Dengan cara ini, kita semua dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner pada dasarnya tidak dapat disembuhkan melalui medis karena otot jantung yang telah rusak tidak memungkinkan untuk dapat tumbuh kembali. Menurut para peneliti, hal inilah yang mengakibatkan seorang penderita penyakit jantung koroner harus mengonsumsi obat-obatan seumur hidup untuk memperlama angka harapan hidupnya. Semoga kita semua dijauhkan dari berbagai jenis penyakit ini.


4. Stroke

Penyakit stroke dapat terjadi karena kematian di dalam jaringan otak yang disebabkan karena pasokan oksigen di otak berkurang. Penyebab sakit stroke sama dengan penyebab yang dialami pada sakit jantung.

Dikarenakan pembuluh darah pada otak mengalami penyumbatan oleh kolesterol, lemak, ataupun pecahnya salah satu pembuluh darah pada otak. 

Cara Pencegahan

Begitu pula dengan cara pencegahannya pun sama dengan penyakit pada jantung koroner, yaitu dengan menerapkan pola gaya hidup sehat, sering olahraga, tidak merokok, tidak minum alkohol, serta mengurangi mengonsumsi jenis-jenis makanan yang tinggi lemak dan kolesterol. 


5. Leukimia

Leukimia sering kita sebut sebagai kanker darah dimana hal ini terjadi karena sel kanker menyerang sel-sel darah putih di dalam tubuh manusia. 

Apabila tubuh manusia dalam keadaan normal, tentu pada sel darah putih akan bekarja dan berkembang melalui cara yang sederhana dan teratur. Hal ini terjadi karena pada tubuh manusia sangat memerlukan sel darah putih yang berguan untuk mengobati berbagai inffeksi yang muncul.

Sementara pada seseorang yang terkena penyakit kanker darah, sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih secara berlebihan ataupun mengalami abnormal. Bagaimana bila terjadi hal demikian? 

Maka akan mengakibatkan penumpukan pada sumsum tulang sehingga sel darah yang sehat akan mengalami pengurangan akibat jumlah sel darah putih yang jumlahnya berlebuhan tersebut. 

Kondisi ini juga menyebabkan sel yang abnormal akan menyebar ke organ-organ yang lainnya, yaitu limfa, hati, ginjal, paru-paru, tulang belakang, dan juga otak.

Hingga saat ini, ilmu medis belum dapat menyembuhkan penyakit leukimia secara total. Melalui berbagai rangkaian pengobatan medis ataupun kemoterapi hanya bisa memperpanjang angka harapan hidup sekitar beberapa tahun ke depan. Maka dari itu, kita yang masih diberi kesehatan harus banyak-banyak bersyukur pada Allah SWT. 


6. Varises

Penyakit varises yaitu penyakit yang terjadi karena pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena di dalam tubuh yang biasanya dialami pada bagian kaki atau betis akibat penumpukan darah. Pada orang yang terkena penyakit varises, biasanya pembuluh darah vena akan menonjol dan berwarna biru. 

Memiliki bentuk yang hampir mirip dengan simpul atau juga tali berpilin. Penyakit ini umumnya banyak dialami oleh wanita karena tekanan yang besar saat berdiri dan berjalan.

Untuk itu sebisa mungkin kita menjaga vitalitas dan daya imunitas tubuh kita agar terhindar dari resiko penyakit-penyakit di atas serta tak lupa untuk selalu bersyukur atas semua nikmat kesehatan yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua.



Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai berbagai penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia. Semoga bermanfaat. Terimakasih