Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Gerak Pada Manusia

Sistem Gerak Pada Manusia


Bagian - Bagian Dari Sistem Gerak Pada Manusia

Tahukah kalian tentang sistem gerak pada manusia? Mengapa manusia dapat bergerak beraktivitas mengerjakan tugas atau pekerjaan dengan beberapa gaya? Tanpa kita sadari semua yang kita lakukan dalam aktivitas adalah sehari - hari tentu berkaitan dengan gerak.

Setelah mempelajari materi sebelumnya tentang Konsep Gerak yang berkaitan dengan pengertian sistem gerak pada benda, maka pada materi kali ini kami akan menambah cakupan materi singkat tentang Sistem Gerak Pada Manusia. Pada materi ini akan dibahas tentang bagian sistem gerak pada manusia yaitu :

  1. Gerak
  2. Sendi
  3. Tulang
  4. Otot 


Ruangbelajarlc – Sistem gerak manusia adalah merupakan bentuk kerja sama pada bagian rangka, otot dan sendi. Pada bagian ini, semua tulang akan tersusun sesuai dengan sistem yang ada didalam rangka. Sistem gerak adalah bagian terpenting dalam manusia. Sebagai contoh antara rangka, otot dan sendi memiliki bentuk kerja yang berbeda-beda, tetapi saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.


Pada saat kita berjalan atau berlari, maka seluruh otot, rangka dan sendi akan bekerja. Hubungan antara tulang akan membentuk persendian dimana pada persendiannya diatur oleh kontraksi otot. Pada saat berjalan atau berlarI semua sistem gerak akan bekerja secara bersama-sama. 


Untuk lebih jelasnya mengenai sistem gerak pada manusia akan dibagi dalam pembagian lebih khusus lagi. Adapun bagiannya antara lain :


1. Rangka 

Pada sistem rangka berkaitan dengan postur tubuh yang didalamnya terdapat bagian-bagian tulang-tulang yang tersusun dan memiliki berbagai macam-macam fungsi. Adapun fungsi rangka dalam tubuh  dapat dibedakan menjadi empat bagian, antara lain :

  1. Fungsi rangka
  2. Struktur tulang 
  3. Perkembangan tulang 
  4. Jenis-jenis tulang


Pada fungsi rangka terdapat empat macam fungsi utama yaitu :

  • Untuk menopang tubuh dan membentuk bagian tubuh
  • Sebagai pelindung organ dalam, misal paru-paru, tengkorak dan otak
  • Untuk menempelnya otot rangka
  • Sebagai tempat untuk pembentukan sel darah melalui sumsum tulang 


Kemudian untuk bagian struktur tulang secara umum terdiri atas dari bagian 

  • Periosteum yaitu bagian membran tulang yang menutupi permukaan tulang secara kuat. 
  • Tulang kompak yaitu lapisan tulang yang kuat dan keras. 
  • Tulang spons yaitu bagian yang terdiri dari ruang kecil yang akan membentuk tulang ringan
  • Sumsum tulang yaitu bagian jaringan berlemak yang menghasilkan sel darah merah dan sel darah putih.
  • Tulang kartilago yaitu suatu lapisan jaringan yang berbentuk tebal yang sangat lunak atau lentur.


Sedangkan untuk perkembangan tulang pada rangka manusia yang paling utama dibentuk adalah bagian tulang rawan yang berasal dari jaringan mesenkim. Pada tulang rawan sudah terbentuk pada masa paling awal yaitu pada saat masih janin. Kemudian akan berbentuk osteolas atau sel yang berbentuk tulang 


Untuk jenis-jenis tulang memiliki jenis tulang yang menyusun pada sistem rangka pada manusia. Pada jenis tulang sendiri dibedakan berdasarkan bentuk dan ukuran tulang. Perbedaannya antara lain :

  • Tulang panjang 
  • Tulang pipih
  • Tulang pendek
  • Tulang tidak beraturan


Namun, dalam jenis tulang berdasarkan perkembangan dan sifatnya dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu bagian tulang rawan atau kartilago dan tulang sejati atau ostegon.

Tulang rawan atau kartilago adalah bagian yang tersusun atas sel-sel tulang rawan (kondrosit) dan matriks. Pada penysunan selnya disebut dengan kondrablas.

Tulanag sejati yaitu bagain yang tersusun atas osteoblas yang dikelilingi oleh zat kapur yang membentuk osteosit.


2. Sendi 

Tahukah kalian pengertian dari sendi? Sendi adalah salah satu bagian atau tempa bertemunya antara dua tulang atau lebih. Yang disebut dengan amfiarosis adalah bagian sendi yang dapat di gerakkan, namun gerakannya sangat terbatas. Selain amfiarosis juga terdapat diartrosis yaitu bagian sendi yang dapat digerakkan secara bebas.

Pada bagian sendi diartrosis terdapat empat bagian yaitu 

  • Sendiri peluru adalah bagian yang menghubungkan  tulang ujung  bulat masuk ke tulang lain.
  • Sendi engsel adalah gerakan satu arah, yang ke depan dan ke belakang seperti esel pintu atau sendi liku dan lutut.
  • Sendi putar adalah sebagai poros dan bagian dari ujung tulang yang berbentuk sebuah cincin yang berputar sesuai dengan porosnya. Sebagai contoh pada tulang tengkorak dan tulang leher
  • Sendi pelana adalah bagian pertemuan antara dua buah tulang yang bentuknya seperti pelana. Pada sendi ini bekerja menggerakkan dua arah yaitu ke belakang dan kearah samping. Sebagai contohnya adalah pergerakan pada ibu jari.
  • Sendi geser adalah bagian sendir yang dapat menghubungkan dua buah tulang yang memiliki permukaan yang datar. Pada bagian sendi geser contohnya adalah pergerakan tulang pada pergerakan tangan dan kaki.


3. Otot

Apakah yang dimaksud dengan otot? Apa saja fungsi dari otot? Otot adalah salah sistem yang memiliki fungsi untuk menggerakkan sistem rangka. Gerak rangka melalui otot disebabkan karena adanya kontraksi. Jadi otot merupakan sebuah penggerak pada bagian-bagian tubuh. 


Proses kontraksi pada otot akan mengakibatkan gerakan tubuh sesuai dengan apa yang sedang digerakkan. Misalnya dalam beraktivitas tentu kita sering kali menggerakkan organ tubuh. Pada saat kontaksi pada otot akan berbentuk besar dan semakin kuat. Ada tiga jenis bagian otot yang perlu diketahui.


Adapun ketiga jenis tersebut adalah sebagai berikut 

Otot rangka 

Otot rangka merupakan bagian yang menempel pada sistem rangka. Misalnya otot rangka yang terlihat pada tubuh berbentuk garis-garis melintang, lurus dan melekat pada tulang. Pada otot rangka bekerja  dengan cara sadar, berkontraksi dan mudah lelah.

Otot polos

Pada otot polos bagian yang berbentuk gelondong, memiliki satu inti yaitu ditengah sel. Bagian otot polos banyak ditemukan pada bagian sel dinding lambung, usus halus, kantung empedu dan pembuluh darah.

Otot jantung

Otot jantung adalah merupakan bagian otot yang terdapat pada jantung. Pada otot jantung terdapat garis melintang, mirip dengan otot rangka.



Demikian penjelasan mengenai sistem gerak pada manusia, dimana penjelasan materi singkat ini tentang gerak, sendi, tulang dan otot. Semoga bermanfaat. Terimakasih!