-->

Contoh Teks Eksposisi Kelas 8 Pelajaran Bahasa Indonesia Semester Ganjil Tingkat SMP/MTs

Hai, teman-teman semua.. terimakasih sudah setia mampir ke blog kami Belajar Lagi. Kali ini admin akan memberikan  contoh teks eksposisi materi bahasa Indonesia kelas 8. Silahkan di pahami ya?. Tapi sebelum membuat contoh contoh teks eksposisi, sebaiknya kita pelajari dahulu tentang pengertian dan cara atau langkah untuk membuatnya.

Teks eksposisi adalah teks yang dibuat oleh seorang penulis untuk mengungkapkan sebuah permasalahan yang terjadi. Teks eksposisi dibuat dengan bentuk tulisan yang sederhana, singkat, padat dan jelas sesuai dengan objek yang di jadikan bahan untuk membuat teks eksposisi itu sendiri.

Nah..!! bukan hanya itu saja teman-teman penjelasan tentang teks eksposisi, masih ada hal lain yang perlu di ketahui yaitu tentang struktur pembangun teks eksposisi yaitu seperti terletak pada bagian tesis, bagian argumen, bagian penegasan ulang. 

Ketika tema-teman ingin membuat teks eksposisi, silahkan pahami terlebih dahulu struktur tersebut. Selain itu, penggunaan bahasa juga di perlukan seperti penggunaan kata hubung (konjungsi), kata kerja (verba) kata benda (nomina), kata keterangan, kata istilah, dan lain sebaginya. Untuk itu, silahkan teman-teman baca contoh teks eksposisi di bawah ini.


contoh teks eksposisi manfaat daun teh hijau


Manfaat Teh Hijau  Bagi Kesehatan



Bagian tesis

Siapa yang tidak tahu dengan istilah daun teh, daun yang sering kali kita gunakan untuk campuran bahan membuat mimuman. Daun teh yang tumbuh di daerah pegunungan dataran tinggi bersuhu dingin membuat para petani untuk menanam daun teh tersebut. Namun, jarang orang tahu tentang manfaat yang ada dalam daun teh hijau. Padahal daun teh sudah lama kita kenal dan kita konsumsi, tetapi kurang tahu akan manfaatnya. 

Bagian deskripsi


Manfaat daun teh hijau sangat banyak sekali. Sebagai obat untuk tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan yang ada dalam daun teh memiliki bahan anti oksidan yang lebih tinggi, sehingga dapat untuk di manfaatkan oleh manusia dalam menjaga kesehatannya. Hasil penelitian yang di lakukan bahwa daun teh hijau dapat di bekerja dalam tubuh sebagai bahan untuk pencegahan transportasi obat pada saluran pencernaan tubuh manusia. Meskipun pada prosesnya di perlukan beberapa tahap yang di lakukan untuk mencapai tujuan setiap sel-sel yang ada dalam tubuh. 

Bagian penegasan ulang


Dalam petunjuk lain, bahwa daun teh hijau juga bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi (hipertensi), khususnya pada nadolol. Manfaat nadodol sebagai obat untuk menurunkan tekanan pada darah yang akan menurun secara signifikan. Jadi kita sebagai pengguna yang selalu mengonsumsi daun teh hijau, sudah pasti bahwa manfaatnya sangat banyak untuk menjaga kesehatan pada tubuh kita. 

contoh teks manfaat buah alpukat


Manfaat Buah Alpukat


Bagian tesis

Apa kalian tahu apa itu buah alpukat? Ya!!! buah alpukat yang bentuknya bulat, lonjong dan berwarna hijau gelap. Buah alpukat selalu tumbuh berkembang pada batang dan berbuah tanpa mengenal musim. Buah alpokat kalau yang sudah matang pasti rasanya sangat enak dan khas untuk di kenali. Namun di sisi lain, banyak orang yang kurang tahu akan manfaat pada buah alpukat. 


Bagian deskripsi


Beberapa manfaat yang ada dalam buah alpukat adalah sebagai berikut:
  1. Untuk menjaga kesehatan dan kekebalan pada jantung. 
  2. Untuk menjaga kesehatan pada kulit karena mengandung vitamin E dan vitamin C dan kolegen. 
  3. Untuk menjaga daya tahan tubuh dan membuat program diet secara alami.
  4. Untuk mengantisipasi terjadinya diabetes pada tubuh.
  5. Untuk mencegah terjadinya stroke. 


Bagian penegasan ulang

Jadi manfaat buah alpukat sangat banyak sekali bagi tubuh manusia. Untuk sekarang bagi yang belum tahu tentang manfaat buah alpukat, segera konsumsi buah alpukat secara teratur. Hal ini di lakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan oleh kita seperti sakit secara dini. Maka lebih baik mencegah mulai sekarang.


Demikian ulasan singkat mengenai contoh teks cerita eksposisi. Mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel