-->

Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Gratis Madrasah

Cara mendapatkan bantuan kuota gratis


Bantuan Kuota Internet Gratis

ruangbelajarlc.com - Masih dalam suasana masa pandemi covid -19 sekarang ini, lagi-lagi pemerintah kementerian agama (kemanag) memberikan paket data internet secara gratis untuk sekolah yang berada di bawah nauangan kementerian agama (kemenag), baik dari tingkat RA, MTS dan MA akan menerima paket data internet. Selain itu dari Kementerian Pendidiakan dan Kebudayaan (kemdikbud) juga memberikan Bantuan Kuota Gratis bagi semua jenjang tingkat sekolah. 

Sementara dari Kementerian agama (kemenag) sesuai dengan surat yang dikeluarkan kementerian agama pada tanggal 23 Oktober 2020 Nomor : B-2391.2/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/10/2020 Tentang Bantuan Data Internet Untuk Siswa Madrasah.

Melalui Direktorat Kurikulum, Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian agama terus mendorong dan berupaya melakukan pendampingan terhadap sekolah-sekolah yang berbasis madrasah. Pemberian kuota data internet secara gratis dari pemeritah kementerian agama (kemenag) sekiranya dapat mendukung program pendidikan di Indonesia sekarang ini. Apalagi selama masa pandemi covid-19 sistem pembelajaran di Indonesia telah berubah dari yang sebelumnya dilukukan secara tatap muka, sekarang dilakukan secara daring di rumah masing-masing.

Program bantuan jarak jauh (PBJJ) berupa kuota data internet sebagai penunjang pembelajaran siswa selama masa pandemic covid-19 diharapkan dapat memberikan manfaat pada setiap sekolah-sekolah terutama pada masing-masing siswa. Untuk siswa madrasah yang masuk dalam pembagian kuota internternet gratis akan dibekalai pengarahan terkaid penggunaan bantuan kuota data internet.

Cara mendapatkan bantuan kuota


Cara mendapatkan kuota data interternet

Adapun cara untuk mendapatkan bantuan kuota gratis dan alur pendaftaran yang dilakukan oleh sekolah  madrasah adalah sebagai berikut :
  • Menggunjungi situs https://appmadrarasah.kemenag.go.id/e-ponsel/ 
  • Mendownload file excel pada link yang sudah disediakan
  • Masing-masing tingkat madrasah medata siswa dengan mamusukkan nomor ponsel yang masih aktif pada file excel yang sudah didownload sebelumnya.
  • Setelah pengisian nomor ponsel siswa selesai, file excel tersebut di upload kembali pada link yang sama
  • Namun apa bila siswa belum memiliki nomor ponsel baru, diharapkan operator madrasah menuliskan tentang penggunaan sim card yang berkualitas baik seperti simpati, indosat, xl, smartfreen, tri dan lain sebagainya.
  • Masing – masing kartu akan di distribusikan oleh pengelola operator sim card baik simpati, indosat, xl, smartfreen maupun tri.
  • Kartu sim card yang baru, wajib dilakukan pengisian registrasi awal dengan pengisian nomor NIK/NOK agar aktivasi kartu ponsel dapat di verval agar berstatus aktif.
  • Masa pendataan dan pengisian nomor ponsel siwa sampai dengan tanggal 31 Oktober 2020.

Kemudian penggunaan kuota internet gratis bagi siswa madrasah pun berbeda-beda. Mekanisme yang diberikan oleh Kementerian Agama (kemenag) dengan rincian sebagai berikut :
  1. Madrasah yang mengajukan nomor ponsel siswa dengan jumlah data yang di ajukan, akan diverifikasi oleh tim Derektorat KSKK Pusat dengan menetapkan jumlah dana yang nantinya akan di berikan kemasing-masing madrasah. Untuk siswa tingkat Ruadlatul Athfal sendiri sebesar Rp. 20.000 dengan jumlah kuota sebanyak 20 GB dan untuk siswa madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah akan mendapatkan jumlah sebesar Rp. 35.000 untuk 35 GB.
  2. Penyaluran kuota data internet gratis akan diberikan kepada siswa madrasah yang memang memeliki nomor ponsel yang vailid.
  3. Apabila terdapat nomor ponsel siswa yang tidak valid, maka madrasah akan memberikan surat permohonan tentang pengisian kuota data (pemerintah injeksi) kepada masing-masing operator seluler.

Penggunaan program bantuan kuota data internet gratis bagi siswa madrasah yang nomor ponselnya tidak aktif akan diberlakukan ketentuan sebagai berikut :
  • Kuota data yang telah terinjeksi, namun tidak terpakai oleh siswa maka tidak ditagihkan
  • Kuota data yang pemakaiannya kurang dari 1 GB maka nomor ponsel tersebut tidak boleh diberikan bantuan kuota data di bulan selanjutnya.

Program yang diberikan oleh pemerintah tentang bantuan kuota data internet gratis di saat pendemi covid-19 sangat bermanfaat bagi siswa dan madrasah. Mudah-mudahan penggunaan kuota data internet gratis dapat dijalankan dengan baik dan maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimkasih !

Baca juga : 

Bantuan Kuota Gratis Untuk Sekolah SD, SMP dan SMA

Bantuan BLT Guru Honorer Sebesar 2,4 Juta




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel