Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KD 3.2 dan 4.2 RPP Teks Berita Bahasa Indonesia

KD 3.2 dan 4.2 RPP Teks Berita Bahasa Indonesia K 13 Semester 1 atau semester ganjil revisi terbaru


KD 3.2 dan 4.2 RPP Teks Berita Kelas 8 Bahasa Indonesia


Ruangbelajarlc - Sekarang ini ketika mendekati tahun ajaran baru, tentu Bapak/Ibu guru mata pelajaran khususnya guru Bahasa Indonesia tentu akan mempersiapkan segala sesuatu yang di perlukan saat mengajar. Salah satu yang paling utama dan penting adalah mempersiapkan perangkat pembelajaran.


Perangkat pembelajaran atau yang lebih di kenal dengan sebuatan RPP menjadi kebutuhan pokok bagi seorang guru. Karena di dalam RPP yang di susun itu sendiri mencakup bagian yang yang penting. Setiap bagian dalam RPP menjadi poin-poin yang saling berhubungan satu sama lain. 


Nah untuk kali ini, kami akan memberikan contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 yaitu tentang Teks Berita KD 3.2 dan 4.2


RPP memiliki fungsi yang penting, selain dari perangkat pembelajaran yang lain. Karena RPP membuat berbagai cakupan ketentuan yang dibutuhkan untuk mengajar di kelas. 


Nah, untuk artikel kali ini kami akan memberikan contoh RPP dalam bentuk doc atau dokumen word mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMP/MTs kelas 8. 


Contoh RPP ini nantinya, dapat Bapak/Ibu download dengan unduhan pada link yang kami letakkan pada akhir artikel. 


Adapun RPP yang kami berikan adalah tentang Teks Berita Kelas 8 semester 1. Meski sebelumnya kami sudah berikan untuk contoh RPP yang lain, yang berkaitan denan RPP Teks Berita Online. Namun, kali ini adalah contoh RPP yang kedua yaitu pada Kompetensi Dasar (KD) 3.2 dan 4.2 lengkap dengan lampiran pendukung lainnya.


Untuk contoh teks Berita yang nanti akan kami berikan,  tentu dapat Bapak/Ibu guru gunakan di dalam kelas dengan memperhatikan RPP yang sesuai Bapak/Ibu inginkan.


Adapun, untuk cakupan dari RPP tersebut antara lain memuat :


  • Nama sekolah
  • Kelas
  • Mata pelajaran
  • Materi pokok
  • Alokasi waktu
  • Kompetensi inti
  • Indikator
  • Metode pembelajaran
  • Tujuan pembelajaran
  • Media pembelajaran
  • Kegiatan inti
  • Penilaian
  • Pengayaan


Berdasarkan unsur pembentuk pada bagian RPP diatas, tentu menjadi sangat penting dan diperlukan oleh Bapak/Ibu guru.

Namun, untuk contoh RPP tentang Teks Berita KD 3.2 dan 4.2  yang nantinya akan Bapak/Ibu gunakan pada link dibawah ini. Tentu Bapak/Ibu guru harus memperbaiki dan menyesuaikan dengan keadaan siswa atau sekolah masing-masing. 

Untuk itu, silahkan bapak ibu download contoh RPP dibawah ini.


RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 KD 3.3 dan 4.4 Tentang Teks Berita : Unduh


Jika kita perhatikan, tentunya dalam pembelajaran harus di sesuaikan dengan materi yang ada. Jangan sampai pada saat memberikan materi pelajaran tentang Teks Berita  tidak sesuai. Maka ini menjadi problem tersendiri. 


Baca juga contoh RPP yang lainnya


RPP Bahasa Indonesia Teks Berita Kelas 8

RPP Bahasa Indonesia Teks Iklan, Slogan dan Poster

RPP Bahasa Indonesia Teks Eksposisi

RPP Bahasa Indonesia Teks Eksposisi Ilmiah

RPP Bahasa Indonesia Teks Puisi

RPP Bahasa Indonesia Unsur Pembangun Puisi

RPP Bahasa Indonesia Teks Eksplanasi

RPP Bahasa Indonesia Teks Eksplanasi ilmiah


Demikian, contoh RPP yang dapat kami berikan untuk Bapak/Ibu Guru semua. Semoga RPP tentang Teks Berita dapat bermanfaat. Kami ucapkan terimakasih!