Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Unsur Berita Beserta Contohnya

6 unsur berita beserta contohnya

Menemukan unsur berita dengan cepat

Ruangbelajarlc – Buat kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan teks berita. Apa sih itu teks berita? Pasti yang ada dalam pikiran kita mengenai berita adalah berkaitan dengan koran, televisi, radio dan juga internet. 

Sekarang ini, berita sangat mudah didapatkan. Seiring dengan kemajuan zaman yang sangat pesat diimbangi dengan teknologi modern. Keberadaan berita menjadi sangat mudah untuk diakses. Seperti contoh berita yang didapatkan dari media online yang berbasis internet. Hanya hitungan detik berita dapat mudah kita dapatkan sesuai dengan keinginan yang kita cari.

Mengapa berita itu sangat penting? Dengan adanya berita kita akan mudah memperoleh informasi yang nantinya akan menambah pengetahuan, wawasan dan juga ilmu-ilmu baru yang belum kita ketahui sebelumnya. Berita menjadi media yang sangat efektif untuk menyampaikan informasi. 

Nah! Pada postingan kali ini, saya akan memberikan cakupan materi tentang unsur apa sajakah yang terdapat dalam berita. Mungkin dari teman-teman kita ada yang belum mengetahui unsur-unsurnya. Untuk lebih lengkapnya, mari kita mulai membaca materi dengan penuh perhatian.


Unsur-unsur berita

Setiap berita tentu harus mengandung unsur-unsur berita. Karena unsur berita sangatlah penting yang nantinya memuat informasi. Sebuah berita dikatakan aktual apabila lengkap akan informasinya. Setiap unsur yang ada didalamnya harus tertulis secara utuh berdasarkan fakta.

Adapun unsur-unsur berita yaitu 5W + 1 H (What, who, when, where, why, dan how) atau dalam istilah lain disebut dengan ADIKSIMBA (Apa, dimana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana). Unsur-unsur inilah yang nantinya harus terdapat dalam berita. 

Namun, ada pertanyaan yang sering ditanyakan. Lalu bagaimana jika didalam berita tidak terdapat  dari salah satu unsur tersebut? Misalnya unsur why (mengapa) tidak ada dalam teks berita. Apakah berita tersebut dikatakan aktual?

Pada dasarnya berita dibuat harus benar-benar aktual, tidak ada lagi keraguan yang ditulis dalam berita. Apabila dari salah satu unsur berita tersebut tidak ada, maka informasi yang disampaikan dalam berita tidaklah lengkap. 

Agar lebih mudahnya memahami informasi dalam berita, mari kita pelajari lagi unsur-unsur berita beserta dengan contoh berita.

1. What (apa)

Unsur berita yang pertama adalah what (apa) yang merupakan bagian penting yang harus dipenuhi. Unsur ini menjelaskan tentang apa yang sedang dibicarakan, peristiwa  atau kejadian apa yang terjadi. 

2. Who (siapa)

Unsur yang kedua adalah who yang artinya adalah siapa. Pada unsur ini sebagai bentuk penunjuk keterangan orang-orang yang terlibat dalam peristiwa atau dalam kejadian tersebut. 

3. When (kapan)

Unsur berita yang ketiga adalah when yang artinya kapan. Dalam unsur ini akan menjelaskan tentang waktu kejadian atau peristiwa yang sebenarnya. 

4. Where (dimana)

Unsur yang ke empat adalah where yang berarti dimana, yaitu berita harus berisikan tentang informasi lengkap tentang tempat kejadian. When menunjukkan dimana tempat terjadinya peristiwa atau kejadian itu.

5. Why (mengapa)

Unsur yang kelima adlaah why yang artinya adalah mengapa. Suatu berita yang baik tentu harus memenuhi unsure why. Karena unsur ini sebagai alasan atau penyebab mengapa peristiwa itu bisa terjadi. Alasan lain yang berbeda tergantung pada topik berita yang di buat.

6. How (bagaimana)

Unsur yang ke enam adalah how yang berarti bagaimana. Pada unsur ini, isi berita harus memnuat informasi yang menjelaskan proses kejadian suatu peristiwa serta akibat yang ditimbulkan. 

Setelah mengetahui unsur-unsur berita diatas, mari kita lihat contoh teks berita yang sudah memuat unsur berita.


Kecelakaan kendaraan bermotor mengakibatkan 2 orang meninggal dunia

Terjadi kecelakaan di jalan Amd Banjar Negara yang mengakibatkan 2 orang pengendara meninggal dunia. Satu diantara adalah seorang anak. Menurut warga yang melihat langsung kejadianitu mengatakan jika pengendara menabrak pembatas jalan hingga mengakibatkan benturan keras. Kecelakaan terjadi pada hari Kemarin pukul 14.00.

Dari contoh berita diatas merupakan bagian penting dalam berita. Unsur  5W + 1 H atau ADIKSIMBA terdapat pada bagian awal. Untuk memudahkan dalam menentukan atau mencari unsur berita, buatlah sebuah pertanyaan yang sesuai degan jawaban pada teks berita.  Contoh :

  1. Apa yang terjadi?
  2. Siapa yang menjadi korban?
  3. Kapan terjadinya peristiwa itu?
  4. Dimana tempat terjadinya peristiwa itu?
  5. Mengapa bisa terjadi?
  6. Bagaimana kronologi kejadiannya?

Dari contoh pertanyaan tersebut, maka akan sangat mudah dalam menentukan unsur berita. Jika unsur-unsur berita tersebut lengkap, maka informasinya sudah berdasarkan fakta. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan unsur berita, yaitu sebagai berikut:

  1. Membaca berita dengan seksama
  2. Mencari pokok berita atau unsur 5W + 1H
  3. Menyusun unsur berita secara lengkap dan sesuai dengan isi berita
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.


Demikian penjelasan artikel tentang menentukan unsur teks berita dengan tepat. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih!