Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Kelas 8 : Jenis - Jenis Pesawat Sederhana dan Contohnya

Materi ipa kelas 8 tentang jenis - jenis pesawat sederhana


Jenis - jenis pesawat sederhana yang sering digunakan dalam kehidupan sehari - hari


Ruangbelajarlc – Pesawat sederhana. Pada materi pembelajaran kali ini, kami akan memberikan penjelasan singkat mengenai materi IPA Kelas 8 Bab 2 yaitu tentang  Usaha dan Pesawat Sederhana Dalam Kehidupan Sehari – hari. Setelah mempelajarai materi yang kemarin tentang pengertian usaha, energi dan daya lengkap beserta rumusnya akan menambah wawasan pengetahuan kita.

Mengenal pesawat sederhana. Dalam kehidupan sehari – hati tentu kita membutuhkan alat pada saat beraktivitas. Misalnya pada saat memamsak, kita membutuhkan pisau. Pada saat menulis, kita membutuhkan pena, pada saat mencangkul kita membutuhkan cangkul. 

Ketika ban motor kempes, kita membutuhkan pomba. Dari contoh tersebut adalah bagian dari pesawat sederhana dalam kehidupan sehari – hari. Lalu apa pengertian dari pesawat sederhana. Jelaskan apa yang dimakasud dengan pesewat sederhana? 

Jadi pesawat sederhana merupakan  sebuh alat yang digunakan untuk merubah arah, besaran dari suatu gaya. Berbagai jenis mengenai pesawat sederhana dapat ketahui berdasarkan alat yang digunakan menurut fungsinya. 

Pesawat sederhana dibedakan menjadi empat yaitu katrol, roda berporos, tuas atau pengungkit, serta bidang miring.


Jenis pesawat sederhana dan contohnya


1. Katrol

Katrol biasanya digunakan untuk menimba air di sumur. Sumur timba memanfaatkan katrol sebagai sistem yang digunakan untuk mengambil air. Sekarang ini, masih banyak yang memiliki sumur timba sistem katrol. Meski sudah bukan zamannya lagi, sumur pakai timba. Tetapi sistem katrol sumur timba menjadi ciri khas tersendiri.

Cara kerja dari katrol pada sumur timba adalah, jika tali yang terhubung pada katrol ditarik ke bawah berulang kali, maka air yang ada dalam ember secara otomatis akan terangkat ke atas. Sehingga gaya kuasa pada katrol timba air yang digunakan untuk menarik beban sama dengan gaya beban tersebut.

Pada jenis katrol terdapat katrol yang bersifat majemuk. Katrol majemuk dapat mempekecil gaya kuasa pada benda. Jenis katrol ini terdiri dari katrol bebas dan katrol tetap. Sebagai contoh pada katrol majemuk terdapat pada alat yang digunakan untuk mengangkat atau menarik alat berat. 

Dengan katrol majemuk memiliki keuntungan yang sama dengan jumlah tali kuasa, maka keuntungan mekanismenya adalah mengangkat benda yang ukurannya lebih berat.


Jenis pesawat sederhana katrol


Dalam keuntungan katrol dirumuskan dengan rumus yaitu :


Rumus katrol



2. Bidang miring

Bidang miring adalah salah satu jenis pesawat sederhana yang berupa bidang datar, kemudian dibuat di posisi tempat yang miring sehingga akan membentuk posisi sudut yang miring sehingga akan memperkecil gaya kuasa.

Adaupun alat yang digunakan untuk membuat posisi bidang miring adalah alat yang berkaitan dengan kapak, sekrup, paku, pisau, tangga, kayu atau papan dan juga alat lain. Keuntungan yang didapat dari menggunakan posisi bidang miring adalah akan mempermudah mengangkat suatu benda yang berat. 

Rumus yang digunakan dalam bidang miring yaitu :


rumus menghitung bidang miring



3. Pengungkit atau tuas

Pengungkit atau tuas adalah jenis pesawat sederhana yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Alat pengungkit atau tuas yaitu berupa gunting, alat pembuka botol, pemotong kuku, pinset dan lain sebagainya. 

Jenis pengungkit sangat berguna sekali untuk memudahkan sebuah usaha dengan cara kerja menggandakan gaya kuasa dan mengubah arah gaya. 

Untuk menentukan keuntungan dari penggunaan pengungkit atau tuas adalah dengan membagi panjang lengan dengan panjang lengan beban.  Panjang lengan kuasa adalah salah satu jarak antara tumpuan pada lengan sampai dengan titik ujung bekerjanya gaya kuasa.

Sedangkan panjang lengan bebak merupakan sebuah jarak dari tumpuan samapi pada titik bekerjanya gaya beban. 

Adapun rumus yang digunakan dalam pengungkit atau tuas yaitu:


rumus menghitung pengungkit atau tuas


Pada titik tumpu tuas atau pengungkit, terdapat beberapa perbedaan yaitu berupa tuas I , tuas II, dan tuas III yakni berupa :

Untuk jenis tuas yang pertama, tuas titik tumpu terletak pada titik beban dan titik kuasa. Pada tuas pertama akan bekerja dengan cara memperbesar gaya yang diberikan.

Kemudian untuk jenis tuas yang kedua yaitu, tuas bekerja dengan cara memperbesar sebuah gaya. Titik beban yang terletak pada titik tumpu dan titik kuasa.

Sedangkan untuk tuas yang ketiga adalah titik kuasa berada pada titik tumpu dan titik beban. Pada tuas jenis ini bekerja melalui cara yang sederhana yaitu memperperbesar sebuah gerakan.


4. Roda berporos

Roda gigi merupakan salah satu contoh bentuk roda berporos. Jenis roda gigi sangat mudah kita temui, misalnya pada roda sepeda,atau roda sepeda motor, mesin pemotong kayu dan lain sebagainya. Pada roda gigi akan berfungsi sebagai pusat untuk mengatur sebuah gerak roda.  


Prinsip kerja pada pesawat sederhana dalam sistem gerak manusia

Pada rangka manusia terdapat sistem pesawat sederhana. Sebagai contoh pada pesawat sederhana dalam tubuh manusia adalah pada saat kita sedang melakukan olahraga yaitu saat mengankat sebuah barbel. 

Dimana sebuah barbel akan kerangkat dengan jari tanggan menggenggam tuas, kemudian mengangkatnya kedarah dada hingga posisi lengan membentuk sebuah siku. Maka gaya beban berada pada lengan.  Maka dari itu, posisi lengan dikatakan sebagai jenis  pengungkit beban (barbel). 


Demikian penjelasan singkat mengenai jenis - jenis pesawat sederhana yang dilengkapi dengan contoh dan rumusnya. Semoga bermanfaat. Terimakasih!