-->

Penjelasan Lengkap Struktur Teks Ulasan

penjelasan struktur teks ulasan


Bagian Struktur Teks Ulasan Lengkap 


Ruangbelajarlc –  Tahukah kalian apa saja struktur yang ada dalam teks ulasan? Teks ulasan merupakan hasil dari ulasan suatu karya. Baik itu karya sastra berupa (cerpen, novel, puisi, drama) atau karya seni lainnya.

Untuk mengulas cerita pendek atau novel, tentu yang paling utama di ketahui adalah strukturnya. 

Lalu apa saja struktur teks ulasan?

Jawabannya adalah, struktur teks ulasan meliputi

  • Orientasi
  • Tafsiran
  • Evaluasi
  • Rangkuman

Apa itu struktur teks ulasan? Jadi struktur teks ulasan adalah bagian yang terdapat dalam teks ulasan yang meliputi identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi dan rangkuman.

Keutuhan dalam membuat teks ulasan, tentu harus mengandung bagian struktur yang lengkap. Jangan sampai ketika membuat teks ulasan, meninjau karya sastra tetapi tidak memperhatikan struktur yang di gunakan.

Contoh-contoh teks ulasan yang sudah saya berikan pada materi sebelumnya, juga menjadi alternatif dalam memilih teks ulasan. Apakah kita akan mengulas buku fiksi atau buku non fiksi.

Kita tahu bahwa dalam teks ulasan memiliki perbedaan dan jenis ulasan masing-masing. Jenis teks ulasan terbagi menjadi tiga jenis ulasan  yaitu teks ulasan informatif, deskriptif, dan teks ulasan kritis. 

Baca juga : Materi Teks Pidato Persuasif

Nah! Buat kalian yang sekarang ini sedang mengerjakan tugas bahasa Indonesia mencari struktur teks ulasan, saya akan menjelaskan bagian struktur tersebut secara lengkap beserta dengan contohnya.

Seperti yang sudah saya sampaikan pada kalimat di atas, bahwa teks ulasan terdiri dari bagian orientasi, bagian tafsiran, bagian evaluasi dan bagian rangkuman. 


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI kemdikbud) Persamaan pada masing-masing struktur teks ulasan memiliki arti sebagai berikut:

Orientasi : ori.en.ta.si/orentasi/ n peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dan sebagainya) yang tepat dan benar

n pandangan yang mendasari pikiran, perhatian atau kecenderungan.

Tafsiran : taf.sir.an/ n penjelasan atau pendapat (tentang suatu kata, kalimat, cerita, dan sebagainya); interpretasi; hasil menafsirkan

Evaluasi : eva.lu.a.si /èvaluasi/ n penilaian: hasil -- itu hingga saat ini belum diperoleh

n Komp proses untuk menemukan nilai layanan informasi atau produk sesuai dengan kebutuhan konsumen atau pengguna

n pengumpulan dan pengamatan dari berbagai macam bukti untuk mengukur dampak dan efektivitas dari suatu objek, program, atau proses berkaitan dengan spesifikasi dan persyaratan pengguna yang telah ditetapkan sebelumnya.

Rangkuman : rang.kum.an / n kl pelukan

n kl ringkasan; ikhtisar (dari uraian) dan sebagainya

Jadi buat teman-teman yang ingin mengetahui struktur teks ulasan lengkap dengan penjelasannya dapat di lihat pada keterangan di bawah ini :

Contoh Teks Pidato

Struktur Teks Ulasan

1. Orientasi

Struktur pada bagian awal adalah orientasi. Bagian ini berisi tentang pengenalan suatu karya yang dijadikan sebagai objek untuk di ulas. 

Misalnya kita akan mengulas karya sastra cerpen berjudul  “Haruskah Aku Mengeluh” karya penulis pena Laa carita tentu bagian awal dalam orientasinya adalah pengenalan umum tentang tokoh, latar tempat, waktu, suasana dan permasalahan-permasalahan cerita yang di kemas kedalam “Latar Belakang”

Orientasi adalah bagian yang menjelaskan secara umum tentang bagaimana cerita itu di sampaikan, bisa juga penjelasan mengenai riwayat kepenulisan pengarang dalam cerita. Gambaran singkat pengarang yang di sajikan dalam cerita. Kalau dalam cerpen Haruskah Aku Mengeluh, tentu gambaran yang di sajikan secara singkat adalah tokoh utama yang sedang berjuang di luar daerah demi menyelesaikan sekolah.  

2. Tafsiran

Selain orientasi, bagian struktur yang kedua adalah tafsiran. Dalam struktur teks ulasan tafsiran adalah bagian yang berisi tentang gambaran isi cerita yang dibuat secara detail. Misalnya yang menjadi objek ulasan adalah karya berbentuk drama, maka gambaran singkat drama harus di buat secara urut layaknya sebuah sinopsis. 

Selain itu, pada struktur kedua ini bagian tafsiran juga dapat berisi tentang kelebihan-kelebihan yang ada dalam cerita/film. Kelebihan yang dimaksud adalah kelebihan yang dapat membawa nilai baik bagi pembaca, memiliki pesan moral yang positif bagi pembaca. Sehingga apa yang ada dalam cerita/film tersebut kualitas dan keunikan yang baik pula.

3. Evaluasi

Apa yang dimaksud dengan evaluasi? Struktur bagian evaluasi dalam teks ulasan berisikan tentang pendapat dari seorang yang mengulas karya tersebut. Jadi orang yang mengulas memberikan penilaian, saran, kritik sebagai masukan tentang apa yang sudah di tinjau pada karya sebelumnya.

Bagian ini bisa juga di kenal dengan sebutan apresiasi dari pengulas. Apabila cerita yang nilai memiliki nilai baik, maka layak bagi pengulas untuk memberikan nilai yang baik pula terkait cerita atau film yang sudah dijadikan bahan untuk analisa. 

Di sisi lain, pengulas memberikan tambahan berupa gambaran singkat penilaiannya mengenai keunggulan serta kelemahan secara objektif.


4. Rangkuman

Bagian yang terakhir dalam struktur teks ulasan adalah rangkuman. Tahukah kalian apa itu rangkuman? Rangkuman dalam teks ulasan adalah merupakan bagian simpulan yang dibuat secara singkat yang isinya mewakili keseluruhan dalam cerita.

Simpulan yang dibuat sekiranya dapat juga berisi tentang keunggulan karya, apakah karya tersebut menarik atau tidak menarik, apakah karya tersebut baik atau tidak serta di berikan pertimbangan secara objektif. 

Sehingga bagian rangkuman ini, pembaca atau penonton nantinya dapat mengetahui kualitas pada karya yang di ulas.

Setelah mengetahui struktur bagian pada teks ulasan, tentu kita akan mudah dalam mencari dan membuat teks ulasan dari berbagai jenisnya.


Bagian-Bagian Dalam Teks Ulasan

Mengetahui bagian dalam teks ulasan, tentu kita harus benar-benar membaca atau meninjau teks ulasan secara utuh. Karena mengetahui bagian teks ulasan sama halnya dengan mengidentifikasi teks ulasan. 

Dibawah ini adalah cara mengetahui bagian yang paling penting dalam menyusun teks ulasan yang sesuai dengan strukturnya.

Ada juga yang menyebutkan pada bagian ini sebagai unsur pokok komponen dalam teks ulasan. Dimana unsur komponennya meliputi bagian data karya, latar belakang, sinopsis cerita, keunggulan dan kekurangan karya, serta rekomendasi.

Untuk menyusun teks ulasan, tentu kita harus tahu cara yang tepat dalam menyusun teks ulasan yang benar. Langkah-langkah menyusun teks ulasan.


Mengidentifikasi Teks Ulasan


Ketika akan mengulas suatu karya, maka hal terpenting adalah melakukan identifikasi terhadap objek yang nantinya akan di ulas. Baik objek yang berkaitan dengan buku fiksi mapun buku non fiksi

Dalam hal ini, untuk memudahkan identifikasi ada beberapa bagian yang penting untuk diketahui. Di antaranya adalah bagian identitas karya, keunggulan karya dan bagian kelemahan karya :

1. Identitas karya

Bagian identitas karya mencakup jenis-jenis objek yang akan dibuat teks ulasan. Bagian identitas karya juga termasuk ke dalam bagian struktur teks ulasan yang paling awal yaitu bagian orientasi. 

Identitas karya menunjukkan ciri dan jenis objek yang akan di buat. Namun, pada bagian ini memiliki perbedaan pada jenis karya yang di jadikan objek. Misalnya :

Jenis karya berupa puisi maka identitas yang perlu di cantumkan seperti : 

  • Judul buku
  • Nama pengarang
  • Tahun terbit
  • Penerbit
  • Jumlah halaman
  • Kategori

Jenis karya berupa film, maka identitas yang perlu dicantumkan seperti : 

  • Judul film
  • Durasi
  • Produksi
  • Sutradara
  • Editing film
  • Pemeran/pemain

2. Keunggulan karya

Bagian ini terdapat pada struktur teks ulasan yaitu tafsiran. Bagian yang memuat penjelasan secara singkat tentang gambaran secara singkat dan detail mengenai karya yang di ulas. Keunggulan suatu karya memuat kelebihan-kelebihan karya tersebut. 

3. Kelemahan karya

Untuk bagian ini, kelemahan karya memuat penjelasan tentang penolakan terhadap karya. Penolakan tersebut, berisi tentang kelemahan dan kekurangan pada karya yang di ulas. Bagian yang biasa di ulas biasanya berupa hal pendukung yang ada dalam karya. 


Demikian penjelasan mengenai bagian dan struktur teks ulasan, lengkap dengan penjelasannya. Semoga bermanfaat. Terimakasih!

 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel