Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi dan Manfaat Diskusi

Fungsi dan manfaat diskusi


Mengenal fungsi dan manfaat diskusi

Ruangbelajarlc – Pernahkah kalian melakukan diskusi? Dengan siapa saja kalian berdiskusi? Bagaimana cara berdiskusi? Apa tujuan teks diskusi?

Diskusi adalah cara bertukar pendapat melalui hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih melalui forum kelompok tertentu atau kelompok organisasi. 

Materi teks diskusi sering juga digunakan oleh para siswa sebagai sarana belajar untuk melatih kecakapan dalam berbicara, dan juga sebagai bentuk bertukar pendapat.

Hampir setiap hari kita sering melakukan diskusi dengan orang lain, berbicara dengan orang lain membahas masalah tertentu. 

Karena diskusi adalah saling bertukar pendapat dengan orang lain. Maka hal yang harus diperhatikan dalam diskusi adalah menjaga etika kesopanan. Baik dalam hal berbicara mengemukakan pendapat atau etika dalam bersikap.

Diskusi merupakan kegiatan saling bertukar pendapat, ide serta gagasan yang dilakukan secara langsung antara dua orang atau lebih dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah dan mencari kesepakatan bersama. 

Baca : Penjelasan lengkap struktur teks ulasan

Dalam kehidupan sehari-hari pada saat bersama dengan teman lain tentu kalian kerap melakukan diskusi. Apalagi yang menjadi pembahasan dalam diskusi berkaitan dengan topik yang menarik untuk di bahas. Misalnya topik dalam diskusi yang berkaitan dengan pendidikan, sosial, bencana alam, infotaimen dan lain sebagainya.

Bahkan bukan hanya itu saja, permasalahan yang menyangkut dalam hal kehidupan pribadi pun kerap kali kita diskusikan. Dengan cara melakukan diskusi, maka setiap permasalahan akan mendapat solusi sesuai dengan yang diharapkan. Solusi tersebut sebagai ulasan mengenai permasalahan yang sedang dibahas.

Seseorang akan memberikan tanggapan kritis apabila dalam diskusi membahas masalah-masalah yang sangat menarik. Tanggapan kritis tersebut bukan diartikan sebagai tanggapan yang menyudutkan seseorang dalam mengungkapkan pendapat. Melainkan tanggapan yang sekiranya membantu tentang apa yang menjadi persoalan dalam pembahasan diskusi.

Baca juga : Materi Teks Pidato Persuasi

Setiap peserta diskusi mengungkapkan pendapat dan contoh tanggapan yang dibilang sangat kritis sebagai bentuk kepedulian agar diskusi lebih dalam suasana yang hidup.

Di sisi lain, diskusi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui diskusi verbal dan non verbal. Diskusi verbal maksudnya adalah saling bertukar pikiran secara langsung tanpa melalui perantara lain. Artinya adalah diskusi dilakukan karena sudah di rencanakan oleh organisasi tertentu dengan melibatkan anggota atau peserta lain untuk ikut andil dalam diskusi tersebut.

Namun, sebelum diskusi di laksanakan setiap peserta akan mendapat pemberitahuan berupa surat undangan  baik secara lisan, tertulis atau melalui pesan masuk pada handphone. Apalagi organisasi tersebut adalah organisasi yang legalitasnya resmi. Maka pemberitahuan undangan dalam bentuk surat harus dibuat.

Contoh teks pidato persuasif

Sedangkan diskusi non verbal justru sebaliknya, yaitu diskusi yang di lakukan melalui perantara lain atau dengan menggunakan media elektronik seperti radio, telefon, telegram, televisi dan lain sebagainya. Diskusi non verbal sekarang ini sering di gunakan sebagai alternatif bagi peserta diskusi yang berhalangan hadir karena ada kepentingan lain.

Sekarang ini, diskusi tidak hanya dilakukan secara verbal saja, melainkan dengan cara non verbal juga sering dilakukan. Apalagi di zaman sekarang ini perkembangan teknologi yang berkembang begitu pesat. 

Penggunaan alat elektronik seperti smartphone, laptop, televisi menjadi alternatif untuk melakukan diskusi secara langsung. Hanya dengan jaringan internet yang mendukung dan memadai, maka diskusi dapat dilakukan secara online. 

Fungsi Diskusi

Adapun fungsi dalam melakukan diskusi adalah sebagai berikut :

  1. Untuk menambah wawasan atau pengetahuan secara luas
  2. Belajar mengungkapkan ide, pendapat atau gagasan
  3. Untuk saling menghargai perbedaan pendapat orang lain
  4. Untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap organisasi
  5. Sebagai ajang sarana pertemuan dengan orang lain, golongan atau organisasi tertentu

Manfaat diskusi

Mengenai manfaat diskusi, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan fungsi diskusi. Kadua hal ini memiliki tujuan sama dalam membicarakan suatu hal untuk menyelesaikan permasalahan. Namun, sebagai penambah pengetahuan akan manfaat dalam diskusi adalah sebagai pengembangan diri dan pemecahan masalah.

Pengembangan Diri

Diskusi sebagai wadah dalam pengembangan diri untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mengungkapkan pendapat. Setiap tentu memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Dalam hal kecapakan berbicara, tentu akan memudahkan seseorang untuk mengembangkan kemampuan diri. 

Selain mengembangkan diri pribadi, juga dapat saling menghormati antar sesama. Berani mengatakan pendapat dan mendalami pengertian tentang persoalan. 

Dalam diskusi seseorang dituntut untuk percaya diri dan berani berbicara mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran. Gagasan yang muncul dalam benak pikiran dicurahkan untuk mencari solusi menyelesaikan masalah.

Selain meningkatkan pengembangan diri, manfaat dari diskusi yang dilakukan dengan dua orang atau lebih dapat menumbuhkan rasa percaya diri seseorang. 

Baca juga

Pemecahan Masalah

Dalam diskusi memiliki sebuah permasalahan atau topik yang sedang di angkat untuk dibicarakan secara kelompok atau organisasi. Permasalahan tersebut di selesaikan dengan cara musyawarah dan mufakat untuk mencari solusi dan kesepakatan bersama. Setiap akan melakukan diskusi dalam forum tertentu maka peserta diskusi akan mendapat pemberitahuan berupa surat resmi atau surat undangan terkait acara yang akan diselenggarakan oleh panitia.

Setiap permasalahan pada diskusi selalu ada solusi, selalu ada pemecahan dan penyelesaian. Apalagi permasalahan tersebut diselesaikan secara bersama di organisasi tersebut. Permasalahan dalam diskusi merupakan hal yang sangat mutlak dan wajar jika masing-masing orang dalam forum diskusi memiliki perbedaan pendapat satu sama lain.

Kalau di lihat dari sisi perbedaan pendapat pada diskusi menandakan bahwa diskusi tersebut aktif atau diskusi tersebut benar-benar hidup.  Berbagai pertanyaan, ide bahkan masukan dari masing-masing peserta diskusi akan di ungkapkan di forum diskusi tersebut. Dengan begitu, permasalahan yang menjadi topik pembahasan akan mendapat jalan keluar sesuai dengan kesepakatan bersama.

Etika dalam diskusi

Tujuan utama dalam diskusi adalah membicarakan suatu hal permasalahan dan mencari penyelesaian. Diskusi dilakukan atas dasar kepentingan bersama melalui organisasi tertentu. Pelaksanaan diskusi harus mementingkan keutamaan bersama, yaitu saling menghargai atas perbedaan pendapat serta memberi tanggapan. Teks tanggapan kritis yang ada dalam diskusi selalu diberikan sebagai masukan saat berdiskusi. Hal ini sesuai dengan etika dalam diskusi.

Adapun etika dalam diskusi dapat di contohkan sebagai berikut :

  1. Saling menghargai perbedaan pendapat pada masing-masing peserta diskusi
  2. Tidak menunjukkan sikap egois dengan pendapatnya sendiri
  3. Selalu bersikap sopan dan santun saat memberikan pendapat
  4. Pada saat mengungkapkan pendapat dilakukan dengan bahasa yang halus
  5. Memberi kesempatan kepada peserta lain untuk berpendapat
  6. Menghargai waktu orang lain yang sedang memberi pendapat
  7. Mengikuti aturan atau teknis pelaksanaan diskusi dengan baik

Pelaksanaan diskusi akan berlangsung dengan baik dan lancar apabila dalam diskusi tersebut mengedepankan etika yang baik. Ini menjadi dasar utama pelaksanaan diskusi. Namun, apabila diskusi dilakukan kemauannya saja, tanpa memperhatikan etika yang baik, maka apa yang menjadi tujuan utama akan sulit di dapatkan.

Baca : Materi buku fiksi dan non fiksi

Demikian penjelasan singkat tentang mengenal fungsi, etika dan manfaat dalam diskusi. Semoga bermanfaat. Terimakasih!