Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Fokus Belajar

Tips agar fokus belajar

Cara Mudah Belajar Fokus 
Menghadapi Ujian Nasional

Ruangbelajarlc – Pernahkah kalian merasa susah fokus pada saat belajar? Keberhasilan mendapatkan nilai yang baik adalah keinginan setiap orang. Terutama teman-teman yang akan menghadapi ujian sekolah. Cara paling mudah agar lulus ujian UNBK maupun USBN tingkat SMP/MTs selalu menjadi perhatian bagi setiap sekolah.

Tentu nilai yang diinginkan setiap sekolah ketika pelaksanaan ujian dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala sedikitpun. Namun, apa jadinya kalau kalau siswa yang akan mengikuti ujian justru semangatnya menurun akibat kurangnya motivasi dan dorongan dari diri sendiri. 

Salah satu alternatif yang harus dilakukan bagi setiap siswa adalah melakukan kejujuran dalam mengerjakan soal ujian. Karena kejujuran itu penting.

Tetapi apa jadinya, jika hasil pencapaian belajar justru menurun drastis dan mendapatkan nilai yang kurang baik. 

Hal ini terjadi dikarenakan hal yang sepele, yaitu “SUSAH FOKUS SAAT BELAJAR” ya tentu ini hal yang wajar dan sudah pasti terjadi. 

Banyak orang yang menyayangkan jika kegagalan dalam mencapai nilai yang baik tidak disertakan dengan usaha yang maksimal. Untuk kali ini, admin ruangbelajarlc akan memberikan beberapa tips yang akan membantu teman-teman semua untuk fokus dalam belajar.

Selain itu, pentingnya Tips Belajar Di Rumah Saat Pandemi juga penting diberikan kepada siswa. Pasalnya sekarang ini sistem pembelajaran di setiap sekolah masih terkendala dengan keadaan pandemi covid – 19. 

Sebelum admin memberikan Tips agar fokus dalam belajar. Admin ingin menunjukkan contoh penyebab  orang yang sulit belajar fokus. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kurangnya motivasi belajar
  • Waktu istirahat yang kurang
  • Jarang berolahraga
  • Terlalu banyak kegiatan luar
  • Pola makan yang tidak teratur
  • Kurangnya bersosial dengan teman
  • Pengaruh penggunaan handphone
  • Kondisi tubuh yang tidak stabil 
  • Banyaknya tugas yang menumpuk
  • Karena pengaruh pemakaian obat
  • Banyaknya beban pikiran 
  • Kurangnya minat disiplin

Baca juga : Tips Agar Lulus AKG, AKP, AKK

Dari contoh diatas yang menjadikan susah untuk belajar fokus, tentu masih banyak lagi contoh yang lain. Admin hanya memberi gambaran contoh singkatnya saja. Paling tidak, dari contoh tersebut anda akan merasa sendiri bagian mana yang memang benar-benar ada dalam diri anda sendiri.

Jika di tinjau kembali, silahkan anda mencari tahu sendiri secara spesifik tentang diri anda mengenai permasalahan yang membuat diri anda susah fokus dalam belajar.

Untuk itu, satu hal yang admin berikan sebagai bentuk motivasi pada diri anda sendiri adalah anda harus “BERUBAH”. Berubah dalam hal mengubah diri anda untuk lebih baik lagi dalam belajar. Jangan merasa bosan atau malas untuk merubah diri anda sendiri. 

Jika anda menginginkan suatu impian yang di cita-citakan, maka berubahlah dari sekarang dengan cara yang sederhana. Marilah kita ketahui bersama bagaimana tips cara mengatasi susah untuk fokus saat belajar menghadapi ujian.


1. Buatlah jadwal belajar

Membuat jadwal belajar adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan membuat jadwal kita akan terlatih dengan sendirinya. Buatlah jadwal belajar yang paling sederhana dengan mengerjakan soal latihan atau hanya sebatas membaca buku-buku materi pembelajaran. 

Lakukan hal tersebut sesuai dengan waktu belajar yang sesuai. Contohnya seperti dalam waktu sehari kalian harus belajar selama tiga puluh menit atau satu jam lamanya. 

Dengan membiasakan belajar sesuai dengan jadwal yang dibuat, maka anda akan lebih terbiasa lagi. Jika hal ini terus dilakukan oleh anda, tentu adanya jadwal juga dapat mendorong kemampuan seseorang lebih maju. 

Untuk membiasakan hal ini, lakukanlah belajar dari tahap yang mudah dan sederhana misalnya dengan mengerjakan soal latihan yang kalian anggap mudah atau hanya sekedar membaca ulasan materi singkat. 

Waktu yang digunakan untuk belajar pada tahap ini, tidak perlu lama. Melainkan waktu yang digunakan harus singkat atau sebentar juga tidak masalah. 

Tujuan utama membuat jadwal belajar adalah untuk melatih diri anda agar menanamkan sikap kebiasaan dalam belajar. Dengan begitu, kesulitan susah fokus belajar akan mudah teratasi dan kalian akan lebih fokus lagi saat mengerjakan soal – soal pembelajaran.


2. Kondisi badan kurang fit

Apa maksudnya? Pernah ngak sih! Kalian mengalami pada saat ujian berlangsung kalian susah untuk fokus mengerjakan soal karena alasan yang simpel yaitu kondisi badan yang kurang fit. Hal ini di sebabkan karena pengaruh pergantian cuaca, kecapaian atau lain sebagainya.

Kondisi badan yang kurang fit tentu sangat mempengaruhi belajar anda. Jangan sampai hal ini sebagai penghalang disaat anda sedang melakukan ujian.

Penanganan utama yang mesti dilakukan adalah mencari obat terlebih dahulu, kemudian memimumnya sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Apa bila kondisi badan sudah kembali normal, maka lakukan kegiatan belajar seperti biasanya.


3. Mengenal gangguan yang muncul di sekitar 

Maksud dari mengenal gangguan yang muncul di area sekitar jenis gangguan yang disebabkan oleh orang lain atau benda lain. Misalnya gangguan akibat teman di ruang ujian yang terlalu berisik, akibat bunya dering suara handphone atau dari gangguan teman sendiri yang duduk di sebelah kita. 

Entah sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh teman sebangku atau hanya sekedar ngeledek belaka. Namun, jika hal ini selalu dibiarkan begitu saja tanpa adanya teguran dari anda maka anda sendiri yang akan mendapat akibatnya. Konsentrasi untuk fokus belajar sama sekali tidak kalian rasakan. Justru semakin lama semakin anda merasa tidak nyaman. 

Salah satu cara yang paling simpel untuk mengatasi hal ini adalah anda lebih baik menghindar untuk sementara waktu, dengan cara mencari posisi tempat ujian yang jauh dari gangguan suara bising.


4. Membatasi penggunaan barang yang kemungkinan mengganggu

Apa maksudnya? Jadi dalam membatasi penggunaan barang yang kemungkinan mengganggu saat ujian berlangsung contohnya adalah penggunaan handphone pada saat akan menghadapi ujian. Apa bila anda akan menghadapi ujian beberapa menit kedepan, tentu fokuslah dengan materi yang anda pelajari sebelumnya. 

Jangan anda justru sibuk bermain handphone sendiri atau bercengkrama dengan teman yang lain di mana obrolan tersebut kurang penting atau kurang bermanfaat. Tentu yang lebih baik anda lakukan adalah menyingkirkan benda – benda tersebut ke tempat yang paling aman anda simpan. 

Dari kasus ini, banyak orang yang mengalami hal yang sama yaitu selalu menyibukkan diri dengan bermain handphone saat ujian berlangsung. Padahal itu adalah hal yang salah. Jika kebiasaan anda ketiak akan menghadapi ujian dengan cara membatasi penggunaan barang komunikasi atau yang lain sebagainya. Maka fokus belajar akan anda rasakan lebih nyaman lagi, dan anda tidak akan mengalami kesusahan dalam memahami materi pembelajaran.


5. Mencari posisi tempat duduk yang nyaman

Mencari tempat duduk yang nyaman perlu dilakukan. Karena posisi tempat duduk yang strategis akan membuat belajar anda lebih tenang. Apa lagi belajar di tempat duduk yang ditempati memiliki jumlah yang sedikit atau tidak terlalu banyak. Maka akan membuat suasana lebih nyaman lagi tidak ada gangguan apapun.

Selain mencari tempat duduk yang nyaman, tentu saja kita juga harus memastikan bahwa ruangan tersebut benar-benar yang bersih dari kotoran. Karena ruangan yang kotor juga dapat menganggu konsentrasi belajar. Rapikan tempat duduk dibuat lebih nyaman.


6. Jangan lupa makan sebelum mengikuti ujian

Ketika hendak mengikuti ujian, alangkah baiknya makan terlebih dahulu. Makan sekedarnya, agar tidak kekenyangan. Jangan sampai tidak makan. Kenapa? Mungkin kalian pernah merasakan ketika sedang bekerja malah perut terasa perih dan sakit. Pastinya sangat di sesalkan bukan? Apalagi jika sedang mengkuti ujian. Coba bayangkan sendiri. Tentu akan sangat mengganggu konsentrasi anda saat membaca soal – soal ujian.

Hal yang paling utama adalah makan dengan secukupnya, jangan sampai kekenyangan. Dengan begitu ketika sedang ujian, maka konsentrasi megerjakan soal akan lebih fokus. 

Sangat disayangkan jika sedang mengikuti ujian justru terganggu akibat perut lapar. Tentu sangat mengganggu sekali. 


7. Melakukan istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup akan membuat kalian lebih rileks saat mengerjakan soal ujian. Istirahat yang cukup lebih utama dilakukan. Pola istirahat yang teratur tentu memberikan banyak manfaat bagi kita yang akan menghadapi ujian. 

Buatlah jadwal istirahat dalam sehari semalam. Meski dilakukan dengan waktu yang singkat, tetapi akan lebih baik jika dibuat teratur. Hal ini dilakukan seagai bentuk persiapan agar tidak gugup dan akan lebih mudah untuk konsentrasi.

Selain melakukan waktu istirahat yang cukup, tentu buat juga waktu untuk belajar. Silahkan tentukan masing-masing waktu belajar yang dianggap sangat nyaman untuk belajar. Baik itu waktu belajar malam hari atau siang hari, atau misalnya pada waktu pagi setelah sholat subuh. 

Jika kondisi badan yang lebih baik, lebih konsentrasi akan meningkat dan rasa fokus dalam membaca soal ujian akan mudah untuk dipahami.


Demikian cara belajar ketiaka akan menghadapi ujian agar lebih fokus mengerjakan soal-soal yang telah disediakan. Mudah – mudahan informasi yang admin berikan dapat menambah pengetahuan dan wawasan secara berkala. 

Silahkan buat teman-teman semua dari tips diatas, buatlah tambahan tips lain sesuai dengan diri anda sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih!