Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Gerak Pada Tumbuhan

Sistem dan jenis gerak pada tumbuhan

Jenis  gerak pada tumbuhan dan contohnya

Ruangbelajarlc – Tahukah kalian apakah tumbuhan melakukan gerak layaknya seperti hewan dan manusia. Tentu jawabannya adalah tumbuhan juga melakukan gerak seperti hewan dan manusia. Tumbuhan memiliki sistem gerak  yang bersifat pasif. Meskipun tumbuhan tidak memiliki alat gerak, tetapi yang menjadi tumbuhan dapat bergera karena adanya faktor rangsangan dari luar atau dari dalam yang mempengaruhinya.

Sistem gerak pada hewan tentu berbeda dengan gerak pada tumbuhan karena pada hewan memiliki alat atau bagian dalam tubuh yang berfungi sebagai alat gerak. Sedangkan untuk tumbuhan tidak memiliki alat gerak.  Sama halnya dengan sistem gerak pada manusia yang juga memiliki alat gerak. 

Tetapi dalam sistem gerak pada tumbuhan, hewan dan manusia memiliki kesamaan dalam gerak. Hanya saja jenis gerak dari hal tersebut berbeda satu sama lain. Jenis kelainan dalam pada sistem gerak dapat menjadikan hubungan saling membutuhkan antara tumbuhan, hewan dan manusia. 

Jenis gerak pada tumbuhan terjadi apabila mendapat sentuhan dari luar. Misalnya pada tumbuhan putri malu yang akan bergerak apa bila kita sentuh daunnya. Selain itu, terdapat tumbuhan lain yang dapat bergerak  karena faktor cahaya sinar matahari atau pada saat malam hari. Misalnya pada tanaman yang akan berbunga.

Pada materi kali ini, ruangbelajarlc akan memberikan materi singkat tentang jenis gerak pada tumbuhan. Adapun jenis gerak yang ada pada tumbuhan adalah sebagai berikut :


1. Gerak endonom

Yang pertama adalah Jenis gerak endonom merupakan salah satu gerak yang terjadi pada tumbuhan akibat rangasangan yang berasal dari sel atau tubuh tumbuhan. Misalnya gerak pada tumbuhan air Hyirilla verticilata atau Kloloplas. Didalam sitoplaplasma terdapat sebuah butiran yang berwarna hijau yang disebut kloroplas. Kloroplas akan bergerak berkeliling didalam sel yang disebut dengan gerak siklosis. Gerakan tersebut akan terjadi akibat dari pengaruh cahaya.


2. Gerak higroskopis

Yang kedua adalah gerak higroskopis merupakan gerak pada bagian tubuh tumbuhan yang disebabkan karena adanya perngaruh dari kadar air di dalam sel, sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata. Gerak pada tumbuhan ini terjadi pada tanaman polong. Ketika buah polong yang sudah tua maka, biji buah tersebut akan terlepas dan jatuh kebawah. 


3. Gerak esionom

Yang ketiga adalah gerak esionom merupakan yang yang terjadi pada tumbuhan karena disebabkan oleh adanya rangsangan dari tubuh tumbuhan. Di dalam gerak esionom terdapat tiga jenis, yaitu gerak tropisme, gerak taktis dan gerak nasti.

a. Gerak tropisme

Untuk gerak tropisme adalah suatu tumbuhan yang bergerak disebabkan karena adanya rangsangan. Didalam gerak tropisme terdapat gerak tropisme positif dan tropisme negatif. Tropisme positif adalah tumbuhan yang bergerak jika mendekati arah, sedangkan untuk tropisme negatif adalah jika rangsangan yang datangya dari arah yang jauh. Jenis gerak tropisme antara lain :

1) Fototropisme

Fototropisme merupakan jenis gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi adanya rangasangan dari cahaya. Didalam gerak fototropisme terdapat juga terdapat yang positif dan negatif. 


2) Geotropisme 

Geotropisme merupakan jenis gerak pada tumbuhan yang terjadi karena adanya pengaruh rangsangan dari gaya gravitasi bumi. Pada gerak geotroposme juga dibedakan menjadi dua yaitu geotropisme positif dan geotropisme negatif.


3) Tigmotropisme

Tigmotropisme merupakan jenis gerak pada tumbuhan yang terjadi karena akibat dari persinggungan atau sentuhan dari hewan, manusia atau benda lain. Pada gerak tigmotropisme biasanya terjadi pada tumbuhan yang batangnya melilit pada batang lain. Misalnya pada tahaman sayur, seperti kacang panjang, gambas, semangka dan lain sebagainya.


4) Hidrotropisme

Hidrotropisme merupakan jenis gerak pada tumbuhan yang disebabkan oleh adanya air. Contohnya adalah akar pada tanaman yang selalu bercabang mengarah pada tanah. Akan akan mencari sumber makanan, sumber air atau zat hara.



b. Gerak Taktis

Gerak taktis merupakan suatu gerak pindah tempat yang terjadi pada tumbuhan yang disebabkan karena adanya rangsangan. Sebagai contoh tumbuhan yang dapat bergerak taktis adalah Euglena viridis yaitu jenis spesies yang memiliki klorofil yang dapat digunakan untuk proses fotosintesis. Tumbuhan jenis ini akan bergerak mencari sumber cahaya.


c. Gerak Nasti

Gerak nasti merupakan suatu gerak pada tumbuhan yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Pada gerak nasti terjadi karena disebabkan oleh sebuah perubahan tekanan turgor pada jaringan tulang daun. Pada gerak nasti dibedakan menjadi empat yaitu :

  • Gerak ternonasti
  • Gerak fotonasti
  • Gerak seismonasti
  • Gerak nikitinasti



Demikian materi singkat tentang jenis gerak pada tumbuhan. Semoga bermanfaat. Terimakasih!