Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Kerja Ekstrakurikuler Futsal Sepak bola

Contoh Program Ekstrakurikuler Futsal Sepak Bola


Ruangbelajarlc - Contoh program ekstrakurikuler futsal sepak bola yang ada pada tingkat sekolah SMP/MTS akan membuat sekolah lebih maju dan berkembang. Ekstrakurikuler menjadi bagian dari sekolah yang didalamnya terdapat kegiatan seperti pramuka, futsal, tari, tilawah, hadroh dan lain-lain. Nah untuk kegiatan ekstrakurikuler futsal dapat dibaca-baca pada artikel ini dan untuk filenya dapat di download pada link di bagian bawah artikel.

Program Kerja Ekstrakurikuler Futsal Sepak bola

Sekolah merupakan lembaga formal pendidikan yang memfasilitasi proses kegiatan belajar mengajar (KBM) antara guru dan siswa. Untuk itu sekolah memiliki peranan yang besar dalam membentuk kepribadian siswa. Hal ini sangat signifikat dengan posisi sekolah bagi siswa, karena sekolah merupakan tempat bagi siswa untuk mengembangkan kreatifitas, Intelektualitas, moralitas, selain karena intensitas keberadaan siswa tersebut. 

Sekolah juga berperan penting dalam pembentukan kemajuan IPTEK, kekuatan IMTAQ, dan keseragaman jasmani.

Untuk itu, guna meminimalisir berbagai dampak negatif bagi pergaulan siswa, maka ekskul Futsal mencoba untuk memberikan solusi dengan diadakannya bimbingan yang intensif dan terarah melalui program-program yang aplikatif.

Futsal saat ini salah satu olahraga paling populer di kalangan anak muda. Olahraga ini adalah turunan dari sepak bola tapi dengan jumlah pemain yang lebih sedikit dan luas lapangan yang lebih kecil. Di sekolah  ekstrakurikuler futsal cukup digemari, bahkan diantara siswa mempunyai kelompok gabungan Futsal tersendiri. 

Latihan dilaksanakan dengan jadwal tertentu, Ekstrakurikuler futsal diadakan dengan tujuan sebagai wadah untuk siswa menyalurkan hobinya dan membangun kebersamaan dalam sebuah tim, sehingga diharapkan siswa memilik sifat-sifat sportifitas serta mencetak bibit-bibit baru olahragawan yang berprestasi di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Dengan aktivitas Futsal, diharapkan siswa mempunyai kondisi jasmani yang sehat, kuat dan tidak mudah sakit.

Tujuan kegiatan ekstrakurikuler

  1. Menumbuhkembangkan berbagai nilai kepribadian bangsa,
  2. terbentuk siswa yang berwatak baik, beriman, dan berakhlak mulia
  3. Membina dan mengembangkan bakat, minat, serta kreativitas siswa, sehingga diharapkan membentuk siswa yang terampil, percaya diri, dan mandiri.
  4. Memperluas dan mempertajam pengetahuan siswa yang telah diperolah dalam kegiatan belajar-mengajar.
  5. Membangun budaya sekolah (School Culture).
  6. Diharapkan tumbuh bibit-bibit unggul dalam bidang keilmuan dan keolahragaan untuk diikutsertakan dalam kegiatan lomba tingkat lokal, nasional maupun internasional yang mewakili MTs Roudlatul huda. 
  7. Menumbuh kembangkan ilmu yang bermanfaat sesuai bakat dan minat siswa sehingga dapat menggapai prestasi yang tinggi.


B. TUJUAN

  • Mengembangkan bakat, minat dan prestasi siswa dalam bidang olah raga sepak bola dan meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental serta mempraktekan teknik dasar sepakbola.
  • Mengumpan, menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki.
  • Melaksanakan variasi teknik
  • Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
  • Shooting
  • Heading
  • Controlling


C. PROGRAM

Metode Pelaksanaan Program

Mengingat peminat ekskul Futsal yang cukup banyak maka perlu penanganan yang professional, sistematis, dan terarah sebagai metode sebagai berikut :

  • Siswa di kelompokkan (Putra-Putri) agar dapat terpantau dengan baik
  • Setiap pertemuan di berikan materi yang bervariasi dan beragam


D. PELAKSANAAN PROGRAM

Untuk pelaksanaan program ekskul Futsal, maka Pembina Futsal beserta pengurus Futsal berusaha meningkatkan loyalitas dari setiap siswa.

Time Schedule Program Futsal Terlampir. Untuk mendownload dokumen klik di sini