Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Evaluasi Pendidikan Sekolah

Evaluasi Pendidikan Sekolah

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Evaluasi Pendidikan di Sekolah


Ruangbelajarlc - Tahukah anda apa itu evaluasi? Apa tujuan dari evaluasi? Apakah manfaat melakukan evaluasi? 

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut tentang evaluasi, tentu yang perlu diketahui lebih awal adalah mengetahui pengertian dari evaluasi. evaluasi adalah sebuah sebuah penilaian untuk mencari dan menemukan hasil yang diinginkan. 

Sekarang ini, evaluasi pendidikan harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan belajar siswa. Terlebih evaluasi yang sudah mengacu pada kurikulum K13.

Misalnya dalam lingkungan sekolah, adanya evaluasi sangat dibutuhkan untuk mengetahui hasil capaian, baik dari segi pembelajaran, sosial dan karakter siswa.

Pengertian evaluasi

Pengertian evaluasi pendidikan merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru kepada siswa guna mengetahui sejauh mana perubahan yang dimiliki oleh siswa tersebut. Evaluasi ini dibuat secara sistematis dan terencana dari awal sampai akhir hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Apabila hasil evaluasi terhadap siswa kurang mencapai batas ketentuan, maka perlu adanya perbaikan yang mesti harus dibenahi. Namun, apabila hasil evaluasi mencapai hasil maksimal, maka tindak lanjut dari evaluasi adalah melakukan pengembangan pada pengetahuan siswa. 

Hal ini, agar evaluasi bagi siswa dapat bermanfaat dan memajukan siswa menjadi lebih baik lagi. Terutama pada penilaian sikap spiritual yang lebih melibatkan siswa saat belajar.

Evaluasi dapat dilakukan pada saat guru mengajarkan materi pelajaran di kelas. Baik secara langsung maupun bertahap. Kegiatan evaluasi pendidikan sebenarnya lebih mengarah pada pencarian bukti-bukti atau fakta mengenai kebiasaan dan perubahan pada siswa. 

Dengan demikian evaluasi pendidikan berfungsi sebagai acuan untuk mengetahui gambaran karakter, pengetahuan dan wawasan pada siswa. Maka adanya evaluasi pendidikan dilingkungan sekolah sangat bermanfaat sekali. Terutama bagi guru mata pelajaran.

Kegiatan evaluasi pendidikan adalah upaya untuk mengukur serangkaian pengetahuan yang dimiliki oleh siswa. Dibuat secara utuh dan sistematis tanpa melakukan penyimpangan mencari data atau fakta.  Serangkaian kegiatan perencanaan tersebut, dibuat dengan ketentuan yang telah disepakati oleh guru, kepala sekolah serta pengawas sekolah. 

Dalam kegiatan evaluasi harus dilakukan secara serius, jangan dibuat asal-asalan atau sekedar melaksanakan evaluasi saja tanpa memperhatikan akan pentingnya evaluasi. Justru seorang guru, dalam melakukan evaluasi setidaknya melakukan dengan penuh keseriusan, terarah antara objek evaluasi dengan subjek yang akan dievaluasi. Karena ini penting dilakukan oleh seorang guru. 

Maka dengan begitu, upaya untuk mengetahui hasil perubahan pada siswa akan mudah untuk dilakukan tindak lanjut. Pelaksanaan evaluasi nantinya bisa membentuk karakter siswa yang lebih baik lagi. Baik dari segi akademik maupun non akademik. 

Pada saat pembelajaran di kelas, guru membuat susunan instrumen evaluasi yang dijadikan arah bagi siswa untuk melakukan kegiatan belajar. Instrumen tersebut harus sesuai dengan materi atau bahan yang sedang diajarkan. 

Adapun contoh instrumen evaluasi yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Tes Objektif 
  2. Tes Non objektif

Untuk tes objektif seperti 

  • Pilihan ganda
  • Pilihan benar - salah
  • Menjodohkan
  • Isian singkat

Sedangkan tes non objektif seperti

  • Uraian terbatas
  • Uraian bebas

Selain dari kedua bentuk tes tersebut, juga terdapat bentuk instrumen non tes yaitu sebagai berikut :

  1. Tes skala sikap
  2. Tes minat belajar
  3. Tes motivasi berprestasi
  4. Tes kreativitas
  5. Tes lisan


Tujuan evaluasi

Setelah mengetahui pengertian evaluasi, maka dapat diketahui gambaran mengenai tujuan evaluasi. Tujuan yang paling utama dalam pelaksanaan evaluasi pendidikan adalah untuk memperoleh bergai data berkaitan hasil belajar siswa, apakah sudah mencapai ketentuan yang diharapkan. Informasi tentang data yang akurat tentu menjadi pedoman bagi seorang guru. Upaya tindak lanjut diberikan apabila hasil evaluasi belum mencapai batas yang diharapkan. 


Gambaran singkat mengenai tujuan evaluasi adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan informasi tentang hasil belajar siswa
  • Untuk melakukan perbaikan, perubahan dalam belajar
  • Mencari kelemahan atau kekurangan dalam pembelajaran
  • Sebagai kegiatan dalam memperoleh penilaian belajar siswa


Dari beberapa tujuan evaluasi tersebut, apabila semua terpenuhi maka sekolah akan mudah berkembang dan siswa akan bertambah pula pengetahuan yang dimiliki. Karena dengan adanya evaluasi, maka segala ketentuan tujuan pendidikan akan mudah didapatkan.

Namun, semua itu tidaklah mudah. Mencapai tujuan evaluasi harus disesuaikan dengan instrumen yang baik. Harus ditetapkan dengan standar pendidikan yang tidak asal-asalan. Sebagai bentuk atribut dari evaluasi harus mencakup :

  1. Kesahihan data
  2. Ketatapan evaluasi
  3. Sistematis dan praktis


Manfaat evaluasi pendidikan

Jika setiap sekolah secara rutin melakukan evaluasi, baik terhadap guru, siswa dan hasil belajar siswa tentu manfaat evaluasi akan mudah didapatkan. Manfaat evaluasi ibaratkan sesuatu yang ingin dicapai oleh sekolah. Sebagai contoh manfaat adanya evaluasi adalah sebagai berikut :

Evaluasi memberi kemudahan untuk mengetahui proses belajar, baik dari materi pelajaran maupun penugasan penugasan

  • Mendapatkan gambaran yang singkat, akurat mengenai data yang dibutuhkan oleh guru
  • Memudahkan seorang guru melakukan tindak lanjut bagi siswa yang lemah akademik
  • Menciptakan suasana belajar yang terkonsep pada tujuan belajar


Demikian, penjelasan singkat mengenai pengertian, tujuan dan manfaat evaluasi pendidikan. Semoga bermanfaat. Terimakasih!