Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menulis Berita

Cara mudah menulis berita


Menulis Berita

Ruangbelajarlc - Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan cara untuk menulis berita dengan baik dan menarik. Berita yang baik dan menarik artinya berita yang dibuat mengandung informasi yang jelas dan memiliki daya tarik bagi pembaca berita. Kesan pertama ketika pembaca merasa tertarik dengan berita yang akan dibaca tentu melihat dari judul berita, gambar berita dan beberapa tulisan dalam berita. Hal ini terlihat pada struktur teks berita yang dibuat dengan susunan yang tepat.

Apa lagi di zaman sekarang ini, model daya tarik dalam berita sangat menentukan bagi minat pembaca. Salah satunya adalah berita yang berbasis online yang dapat dibaca diakses kapan saja. Bagi para pembaca berita tentu akan mencari alternatif lain dalam mencari berita. Bukan hanya dari media cetak seperti koran, tetapi dengan media elektronik yang berbasis internet.

Untuk memenuhi kebutuhan pembaca dalam mengakses berita setiap hari, setiap waktu. Tentu seorang penulis berita harus ekstra dalam mencari dan membuat berita secara langsung. Berita sebagai wacana bahan bacaan setiap hari yang dicari informasinya. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya berita yang diinginkan oleh pembaca berita adalah berita yang masih baru, berita hangat atau berita yang masih segar. Bukan berita yang terjadi pada masa lampau.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara menulis berita dengan baik dan menarik minat pembaca? Apakah anda pernah mencoba bagaimana membuat berita? Tentu bagi orang-orang yang belum pernah membuat berita atau masih pemula dalam membuat berita akan terasa amat sulit untuk membuat berita. Kok bisa ya? Iya, karena menulis berita bukan seperti menulis cerita fiksi, tetapi harus sesuai dengan fakta yang sebenarnya. 

Selain mengetahui tentang informasi yang ada dalam berita, tentu tidak terlepas dari unsur - unsur berita yang didalamnya terdapat 5W + 1H. Ketentuan ini, sebagai dasar untuk membuat dan menulis berita dengan baik. 

Faktor pendukung lainnya adalah tentang kaidah kebahasaan yang digunakan dalam membuat teks berita. 


Langkah-langkah membuat berita

Adapun langkah – langkah yang harus dilakukan dalam membuat berita yang benar dan menarik  adalah sebagai berikut :

1. Mencari sumber berita

Mencari sumber berita harus dilakukan berdasarkan informasi yang akurat. Peristiwa atau kejadian yang sifatnya adalah aktual. Sumber berita memuat informasi yang akan dijadikan dasar pokok dalam pembuatan berita. Sebagai contoh sumber berita berkaitan dengan kejadian kebakaran, kebanjiran,perampokan atau peristiwa lain yang baru sedang terjadi.

2. Melakukan wawancara dan observasi

Untuk mencari berita yang akurat dan aktual harus dilakukan dengan cara menggali informasi pada nara sumber. Nara sumber sebagai sumber berita yang mengetahui secara penuh informasi-informasi yang berkaitan dengan topik yang beritakan. 

Sebagai contoh, misal berita berkaitan dengan perampokan.Tentu yang dijadikan sebagai sumber berita adalah warga yang sebagai korban, pelaku atau tersangka, dari kepolisian dan masyarakat yang bisa dijadikan sebagai saksi.

3. Menulis teks berita 

Menulis teks berita tentu dibuat berdasarkan fakta yang sebenarnya terjadi. Teks berita dibuat menarik agar pembaca berita merasa penasaran ingin membaca isi berita tersebut. Dalam menulis berita jangan sampai melupakan unsur pokok yaitu 5W +1H (what, who, where, when, why dan how).

  • Peristiwa apa yang terjadi?
  • Siapa yang menjadi korban?
  • Dimana kejadiannya?
  • Kapan waktu terjadinya peristiwa itu?
  • Mengapa bisa terjadi?
  • Bagaimana kronologinya?

Dari unsur berita tersebut sangat penting untuk menyusun berita. Selain itu, dalam menulis berita setidaknya dibuat yang menarik. Agar pembaca berita dapat memperoleh Informasi yang sebenarnya. 

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis berita adalah

  • Membuat kerangka berita
  • Membuat judul berita
  • Membuat teras berita
  • Membuat tubuh berita
  • Menentukan tanda baca yang digunakan
  • Melakukan penyuntingan berita
  • Menentukan kosakata dan kalimat yang jelas
  • Menyimpulkan isi dalam berita menjadi berita yang lengkap


4. Melakukan dokumentasi

Selain menulis berita, tentu yang harus dilakukan oleh seorang wartawan atau jurnalis adalah melakukan dokumentasi. Dokumentasi sebagai pendukung mengenai berita yang dibuat memang benari-benar terjadi. Selain itu, juga sebagai penjelas akan kejadian peristiwa yang berlangsung. 

Contoh yang berkaitan dengan dokumentasi  adalah pengambilan gambar dalam bentuk video, rekaman suara dan kumpulan foto-foto yang berkaitan dengan topik berita. Dengan adanya dokumentasi tentu akan memudahkan pembaca berita dalam mengetahui informasi yang disampaikan. 

Apalagi sekarang ini keberadaan berita yang sangat mudah diakses dengan media sosial berbasis internet. Berita online yang di liput secara langsung oleh jurnalis dapat langsung di akses oleh pembaca berita. 


Contoh berita singkat 

Untuk contoh berita tentu banyak topik yang bisa dijadikan sebagai berita utama. Seperti sekarang ini, berita yang masih hangat dibicarakan adalah berkaitan dengan covid-19 atau peristiwa lain seperti banjir, kebakaran, kecelakaan dan lain sebagainya.

Rampok Bobol Gerai Handphone

Tanjung jaya. Rampok berhasil membobol gerai handphone di jalan indah kusuma, Jumat (8-7) 03.30 dini hari. Sebanyak 800 berbagai jenis merek dan uang 50 juta di gondol.

Kepala gerai handphone di tanjung jaya, Warsito mengatakan  peristiwa pencurian di gerai miliknya terjadi pada dini hari pukul 03.30 WIB. Saat pemilik gerai masih terlelap tidur. Pagi itu, dia mengaku terkejut melihat gerai handphone miliknya raib dan uang senilai 50 juta juga lenyap dibawa kabur perampok. 

Bobol tembok

Setelah melihat hasil rekaman sisi TV yang tertelak di sudut atas, perampok berhasil memasuki gerai handphone dengan cara membobol tembok dengan alat yang mereka bawa. Dalam rekaman video tersebut, terlihat perampok sangat mahir dalam melakukan aksinya. 

Durasi video kurang lebih 15 menit, perampok dapat membobol tembok dan mengambil semua isi sekaligus uang yang ada di lemari etalase. “Kebetulan, waktu itu etalase tidak saya kunci, tambahnya. 

Diperkirakan jumlah orang yang merampok gerai handphone berjumlah 5 orang memakai penutup wajah. Selain itu, sang pemilik toko yang ada disamping gerai juga mengatakan kalau pintu toko miliknya juga berhasil di bobol. Tetapi karena mengetahui tidak ada barang penting, akhirnya perampok mengurungkan untuk mengambil di toko miliknya.

Saat dimintai keterangan oleh polsek setempat, kasus ini akan segera dilakukan penyelidikan dan polisi akan memberikan kesimpulan yang jelas apabila semua bukti pendukung sudah terkumpul. “Kita lihat hasilnya mendatang, “Kata Kapolsek Tanjung jaya.