Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Seminar, Tujuan dan Contohnya

Pengertian seminar tujuan dan contohnya


Pengertian Seminar, Ciri, Fungsi, Tujuan Serta Contohnya

Ruangbelajarlc – Apa yang kalian ketahui tentang seminar? Pernahkah kalian melakukan seminar? Apa fungsi dan tujuan dari seminar? Syarat apa sajakah yang dilakukan dalam seminar? Siapa saja yang orang yang terlibat dalam seminar dan berikan contoh seminar? 

Pengertian seminar

Seminar adalah merupakan salah satu bentuk diskusi yang dilakukan oleh sekelompok orang pada forum tentu yang didalamnya sedang membahas suatu masalah. Permasalahan yang dimaksudkan adalah permasalahan yang berkaitan dengan persoalan yang menyangkut topik yang dipilih sebelumnya. 

Seminar juga diartikan sebagai diskusi ilmiah antara pembicara dan peserta seminar. Dimana dalam diskusi tersebut melibatkan orang-orang yang ahli menguasai topik yang akan dibahas kemudian di buat ulasan. Teks ulasan dicatat oleh setiap peserta seminar untuk di jadikan sebagai bahan pertanyaan yang nantinya akan ajukan.

Jika kita perhatian dari beberapa pengertian seminar diatas menunjukkan bahwa pada dasarnya seminar dilakukan karena adanya persoalan yang harus dibahas, kemudian di cari solusi penyelesaiannya. Dalam hal ini, bahan atau topik yang digunakan dalam diskusi seminar berupa makalah akademik. 

Karena pelaksanaan diskusi seminar berkaitan dengan kegiatan akademik, maka instansi yang sering melakukan seminar adalah sebagai berikut :

  • Lembaga pendidikan sekolah
  • Lembaga pendidikan kampus
  • Instansi pemerintahan
  • Organisasi masyarakat

Baca : Kumpulan contoh teks ulasan


Karakteristik pelaksanaan seminar

Diskusi seminar memiliki ciri dan karakteristik diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Materi yang akan di paparkan bersifat ilmiah 
  • Petugas yang terlibat dalam diskusi seminar adalah orang-orang akademik
  • Berupa penyajian makalah yang didalamnya membahas tentang isu ilmiah analisis
  • Peran serta orang yang terlibat dalam diskusi mencakup; pemateri, moderator, audiens dan pembawa acara.
  • Pelaksanaannya dibatasi oleh waktu yang sudah ditentukan sebelumnya
  • Adanya diskusi berupa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh audiens

Makalah yang dibuat sebelumnya oleh pembicara dengan susunan topik yang lengkap dan dilengkapi dengan data-data yang ada. Data tersebut di jadikan sebagai pembuktian akan analisis yang dilakukan sebelumnya. 

Sebagai contoh jenis topik yang di seminarkan adalah seperti :

  • Seminar tentang usaha dan bisnis
  • Seminar tentang pendidikan
  • Seminar tentang penelitian 
  • Seminar tentang kesehatan
  • Seminar tentang teknologi
  • Seminar tentang bahaya narkoba

Pengertian dalam arti luas, bahwa seminar adalah jenis diskusi yang dilakukan oleh sekelompok orang yang sedang membahas suatu persoalan berkaitan dengan topik yang telah di tentukan, dimana pelaksanaannya bersifat ilmiah. 

Ada beberapa ketentuan yang di lakukan pada saat diskusi seminar, yaitu sebagai berikut

  1. Bersifat resmi dan ilmiah
  2. Pembicara menyiapkan bahan atau topik yang telah di tentukan
  3. Dilakukan berdasarkan ketentuan dari lembaga tertentu
  4. Memaparkan topik yang akan di bahas

Pelaksanaan diskusi seminar diatur dan di batasi oleh waktu. Jadi pada saat pembicara menyampaian isi mengenai topik yang dibahas harus benar-benar memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Karena bisa jadi, waktu untuk presentasi tentang materi yang diseminarkan tidak selesai karena batas waktu sudah berakhir. Pemberian tanggapan yang kritis juga harus sesuai dengan topik yang dibahas dalam seminar.


Tujuan dan fungsi seminar

Mengenai tujuan dan fungsi dalam seminar tentu tidak jauh berbeda dengan diskusi lain. Fungsi dan manfaat diskusi sebagai pemecahan masalah. Hanya saja dalam seminar lebih mengacu pada kegiatan akademik dan bersifat ilmiah. Layaknya hasil makalah yang sudah selesai siap untuk di seminarkan di depan para penguji dan peserta.

Tujuan dan fungsi dalam seminar adalah sebagai berikut :

  1. Untuk menyampaikan informasi mengenai topik yang akan di bahas
  2. Untuk mengetahui isi materi yang berkaitan dengan topik yang dibahas
  3. Untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang di alami
  4. Sebagai sarana untuk melakukan pengujian tentang hasil penelitian
  5. Untuk memberi umpan balik kepada setiap peserta atau audiens

Baca juga : Materi buku fiksi dan non fiksi

Ada baiknya jika pelaksanaan diskusi seminar memenuhi syarat yang sudah ditentukan, diantaranya adalah penyajian topik materi yang akan disampaikan benar-benar berdasarkan hasil kajian ilmiah, orang yang terlibat dalam diskusi seminar adalah yang ahli dalam bidangnya, pemberian kesempatan untuk mengajukan pertanyaan oleh audiens, serta diskusi dilaksanakan berdasarkan masalah yang sudah dirumuskan.

Jika semua syarat tersebut sudah terpenuhi, maka pelaksanaan seminar akan berjalan sesuai dengan ketentuan. Penggunaan kaidah kata baku harus diutamakan selama proses berlangsungnya seminar. Jangan sampai bahasa yang digunakan adalah yang tidak baku atau tidak sesuai dengan etika dalam diskusi.

Dalam pelaksanaan diskusi seminar ada beberapa pihak yang terlibat, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Moderator

Mederator adalah orang yang bertugas mengatur acara dan memiliki tanggung jawab dalam pelaksanaan diskusi. Peran moderator sebagai pemegang penuh dalam mengatur acara pada bagian inti.

2. Pembawa acara

Pembawa acara sebagai orang yang bertugas membuka dan mengakhiri acara dari awal sampai akhir. Pembawa acara juga bertugas memperkenalkan secara keseluruhan tentang apa yang akan dilaksanakan dalam seminar. Misalnya tentang topik materi yang dibahas, peserta, pemateri dan lain sebagainya.

3. Pemateri atau pembicara

Pemateri atau pembicara adalah orang yang akan memaparkan materi tentang topik yang akan di bahas. Karena seminar berkaitan dengan ilmiah akademis maka orang yang bertugas sebagai materi adalah yang memang benar-benar ahli dan menguasai materi yang akan disampaikan. 

4. Notulen 

Notulen adalah orang yang memiliki tugas untuk mencatat poin-poin penting tentang materi yang disampaikan, termasuk mencatat pertanyaan-pertanyaan yang akan di ajukan oleh audiens seminar. Kemudian membuat catatan berupa kesimpulan atau bahan teks laporan yang tepat dan sesuai dengan topik yang sedang dibahas dalam seminar.

5. Audiens

Untuk audiens sendiri bertugas sebagai pendengar dari apa yang sedang dibahas. Audiens atau peserta seminar menerima surat undangan resmi dari panitia untuk menghadiri seminar. Selama seminar berlangsung, kemudian audiens berhak memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan topik pembahasan.

Susunan acara dalam seminar

Susunan acara dalam pelaksanaan seminar tidak jauh berbeda dengan diskusi yang lain. Hanya saja, pada seminar lebih mengacu pada kegiatan ilmiah akademik. Langkah-langkah menyusun acara dalam seminar harus sesuai dengan topik yang di bahas. Bentuk susunan acara seminar antara lain :

  1. Pembukaan
  2. Sambutan
  3. Penyajian materi
  4. Tanya jawab atau diskusi
  5. Kesimpulan 
  6. Penutup

Demikian penjelasan mengenai pengertian seminar, fungsi dan tujuan seminar, ciri-ciri dan syarat seminar, orang yang terlibat dalam seminar serta contoh-contoh topik materi yang sering digunakan untuk diskusi seminar. Semoga informasinya bermanfaat. Terimakasih! 

Daftar bacaan :