Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Teks Laporan Percobaan dan Teks Prosedur

Perbedaan teks prosedur dan teks laporan percobaan. Pengertian, struktur dan kaidah kebahasaan yang digunakan, Serta langkah-langkahnya.


Perbedaan Pada Teks Laporan Percobaan dan Teks Prosedur


Ruangbelajarlc - Perbedaan antara teks laporan percobaan dan teks prosedur sering kali ditanyakan oleh teman-teman kita. Mungkin dari mereka ada yang belum tahu apa sih perbedaannya? 

Meskipun sama sama dalam keduanya melakukan proses atau tahapan. Dan juga terdapat objek tertentu yang akan dibuat.

Nah! untuk mengetahui perbedaan dari teks prosedur dan teks laporan percobaan. Mari kita simak uraian dibawah ini. Cara menyimpulkan unsur teks laporan percobaan dengan mudah.

Teks prosedur adalah jenis teks yang isinya tentang langkah-langkah atau hapan dalam melakukan sesuatu. Misalnya "cara mematikan komputer" atau "cara menghidupkan televisi" atau contoh yang lain yang berkaitan dengan tahapan.

Teks laporan percobaan merupakan teks yang berisi tentang hasil dari penelitian atau pengamatan yang dilakukan oleh penulis. 

Teks laporan percobaan memuat informasi penting berkaitan dengan pengujian mengenai objek tertentu. 

Kemudian hasilnya dapat disampaikan kepada orang lain sesuai dengan fakta yang ada. Contoh teks laporan percobaan adalah tentang "Cara membuat kincir air" atau "cara membuat lampu hias" dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara menyajikan teks laporan percobaan

Berdasarkan gambaran pengertian diatas mengenai perbedaan antara teks prosedur dan teks laporan percobaan dapat kita simpulkan bahwa teks prosedur menjelaskan tahapan dalam melakukan sesuatu dan teks laporan percobaan berkaitan dengan sesudah pengamatan atau penelitian.

Lihat penjelasan tentang Cara mengidentifikasi teks laporan percobaan

Selain itu, terdapat struktur yang berbeda antara keduanya. Jika dilihat dari struktur teks prosedur memiliki struktur yang terdiri atas empat bagian, yaitu

  1. Bagian judul
  2. Bagian tujuan
  3. Bagian alat dan bahan
  4. Bagian langkah-langkah

Kalau struktur teks laporan percobaan memiliki struktur seperti:

  1. Judul
  2. Tujuan percobaan
  3. Alat dan bahan
  4. Prosedur atau cara kerja
  5. Hasil pengamatan
  6. Analisis data dan pembahasan
  7. Kesimpulan dan saran

Baca : Struktur dan kebahasaan teks laporan percobaan

Teks prosedur dan teks laporan percobaan memang sama-sama menggunakan objek yang saling berkaitan. 

Perbedaan lain dalam kedua teks tersebut adalah dari kaidah kebahasaan yang digunakan. 

Kalau teks prosedur kaidah kebahasaannya lebih menekankan pada langkah-langkah melakukan aktivitas tertentu (teknis) yang didalamnya terdapat kata atau kalimat perintah. 

Menggunakan kata keterangan "cara" keterangan "alat" keterangan "tujuan". Selain itu isinya berupa kalimat ajakan atau persuasif.

Sedangkan pada kaidah kebahasaan teks laporan percobaan berisi tujuan penelitian atau pengamatan yang, dimana kalimat yang digunakan tentu berkaitan dengan kalimat ilmiah. 

Selain itu juga terdapat kata berimbuhan, konjungsi, kata bilangan, kalimat perintah, kata keterangan dan lain sebagainya.